Mengenal Apa Itu Market Size untuk Bisnis Startup

Konten [Tampil]
Punya bisnis sendiri di zaman digital kudu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Apalagi bisnis yang telah beradaptasi dengan sistem digitalisasi akan terus menerus mengalami perubahan sehingga sebagai pemilik bisnis mesti terus mengupgrade kompetensi dalam pengelolaan bisnis.


Indikator keberhasilan bisnis


Meningkatnya Laba


Laba atau keuntungan yang  meningkat dari suatu bisnis adalah salah satu indikator keberhasilan bisnis. 

Keunggulan Persaingan


Bisnis yang berhasil memiliki keunggulan bersaing dengan bisnis lain yang sejenis. Perusahaan akan menjadi Pioneer dan kiblat bagi perusahaan lainnya. 

Kualitas Barang/Jasa


Memiliki kualitas barang atau jasa yang baik adalah salah satu indikator keberhasilan sebuah bisnis. Pelanggan akan mempercayakan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang terpercaya tentunya.

Inovasi yang Berproses


Perusahaan akan terus menjalankan inovasi untuk keberhasilan masa depan. Inovasi yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pelanggan.

Menggunakan Market Share


Keberhasilan perusahaan atau bisnis dapat menggunakan platform market share. Market share adalah bagian penting perusahaan untuk mengetahui data permintaan. Data meliputi seluruh segmentasi pasar mulai dari umur, jenis kelamin, gender, kelas ekonomi, dll

Apa itu Market size


Apa itu Market size  adalah persentase industri atau total penjualan yang diperoleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Setiap perusahaan memerlukan perangkat analisis yang dapat memberikan gambaran tentang berapa besar penjualan sehingga owner bisa mempertimbangkan bagaimana perkembangan bisnis nya ke depan.

Untuk menghitung market share seorang pelaku usaha harus mengetahui siapa target pasarnya terlebih dahulu. Target pasar ini nantinya menjadi dasar perhitungan seberapa besar ukuran pasar dan seberapa besar pangsa pasar yang berhasil dikuasai oleh perusahaan.

Pentingnya Market share untuk Startup


Kemunculan stratup yang fokus pada digitalisasi bisnis sangat memerlukan data dari market share untuk perkembangan bisnis startup.

Jenis-jenis Market Share


Secara garis besar market share terbagi menjadi dua jenis yaitu market share nilai dan market share volume. Keduanya memiliki tolak ukur masing-masing. Market share volume akan menghasilkan data penjualan sehingga jenis market share ini fokus pada total barang yang terjual di pasar. Sedangkan market share nilai fokus pada capaian harga.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.