Macam-Macam Kunci Gitar yang Perlu diketahui untuk Pemula

Konten [Tampil]
Kunci gitar merupakan hal paling pertama yang harus diketahui oleh pemain gitar. Pemilihan kunci yang tepat akan menghasilkan nada yang tepat dan enak didengar. Postingan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam kunci gitar Chord yang perlu diketahui saat kamu hendak mendalami alat musik gitar.


Macam-Macam Kunci gitar yang Wajib Diketahui Pemula


Kunci C


Macam kunci gitar dasar yang pertama adalah kunci C. Kunci ini dimainkan dengan menekan senar 2 pada fret pertama, senar 4 pada fret kedua, dan senar 5 ada fret ketiga. Di sini, Anda bisa menggunakan jari telunjuk untuk menekan senar 2, jari tengah untuk menekan senar 4, dan jari manis menekan senar 5.

Kunci D


Macam kunci gitar selanjutnya adalah kunci D. Kunci ini dimainkan di dalam fret kedua dan ketiga. Di mana jari telunjuk menekan senar 3 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 1 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga

Kunci E


Berikutnya adalah macam kunci gitar E. Kunci gitar ini dimainkan dalam fret pertama dan kedua. Caranya letakkan jari telunjuk pada senar 3 fret pertama, jari tengah menekan senar 5 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua.

Kunci F


Selanjutnya yaitu macam kunci gitar F. Kunci F dimainkan serupa kunci C, namun dengan letak yang berbeda. Letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret ketiga.

Fungsi Senar


Namun sebelumnya kamu juga wajib mengetahui fungsi dari senar yang ada di gitar. Khusus bagi pemula hal ini sangat penting seperti:

Senar 1 

berada di paling bawah menghasilkan nada E’

Senar 2 

Berada di atas senar 1 menghasilkan nada B

Senar 3 

Berada di atas senar 2 menghasilkan nada G

Senar 4 

Berada di atas senar 3 menghasilkan nada D

Senar 5

Berada di atas senar 4 menghasilkan nada A

Senar 6 

Berada di paling atas menghasilkan nada E

Paling penting dalam bermain gitar adalah kunci dan memahami lerak senat sehingga dapat menghasilkan nada yang tepat. Pemain gitar profesional maupun pemula semuanya harus memahami kunci gitar dengan baik untuk mendapatkan nada dasar yang tepat.

1 comment

  1. Wah bermanfaat banget nih buat yang pengin bisa main gitar, apalagi suka dengar-dengar lagu yang diiringi gitar. Keren banget kalau lihat orang bisa main gitar, pengin belajar juga.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.