Top 100 wonderful Indonesia Festival Bumi Rafflessia Kuliner Bengkulu kian Unjuk gigi



Sebuah stand terlihat dikerubungi pengunjung, stand makanan dan minuman khas Bengkulu yang menampilkan si manis asem Sirup Kalamansi calon primadona dari Bengkulu selain Kopi. Yah sirup Kalamansi adalah salah satu minuman yang digadang-gadang akan mempopulerkan nama Bengkulu di mata pencinta kuliner.



Di sudut lain terlihat pengunjung sedang santai menikmati suguhan kopi Bengkulu dalam berbagai rasa dan bentuk yang unik. Minuman favorit pengunjung ini diramaikan oleh berbagai cafe dan resto yang menghadirkan resep minuman kopi dengan ciri khasnya masing-masing. Pengunjung boleh duduk dan menikmati kopi Bengkulu ditemani alunan lagu oleh berbagai penggiat hiburan di Bengkulu.


Inilah salah satu even yang terdapat dalam Festival Bumi Rafflessia yang diadakan oleh pemerintah daerah Provinsi Bengkulu dalam rangka memperkenalkan budaya, kuliner, dan wisata di provinsi Bengkulu.



Bertempat di lapangan sport center Pantai Panjang Kota Bengkulu, ada banyak stand yang didirikan oleh masing-masing dinas di lingkungan Pemda provinsi Bengkulu dan berbagai UMKM yang ikut menyemarakkan kegiatan ini.

Menghadap ke panggung utama, berbagai sajian dari kopi Bengkulu menjadi favorit pengunjung.

Panggung utama, tampak blogger bengkulu berfoto usai milad


Selain itu juga terdapat pameran lukisan seni budaya dan kuliner Bengkulu yang ikut menjadi perhatian pengunjung. Terlihat lukisan tarian adat Bengkulu, Dll Bengkulu, monumen dan tugu yang ada di Bengkulu serta Batik Bengkulu ikut meramaikan stand.

Festival Bumi Rafflesia Ditargetkan Masuk Top 100 Wonderful Indonesia

Salah satu tujuan dari diadakannya perhelatan Festival Bumi Rafflessia  adalah meningkatkanya tarik promosi pariwisata Bengkulu sebagai daerah tujuan wisata serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat,

Pemda Provinsi Bengkulu kembali menggelar event tahunan, Festival Bumi Rafflesia 2018. Event tahunan yang merupakan rangkaian hari jadi Provinsi Bengkulu ini, juga ditargetkan masuk kedalam Top 100 Wonderful Indonesia.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, Festival Bumi Rafflesia merupakan salah satu agenda tahunan yang masuk kedalam Kalender Of Event Bengkulu, menuju Woderful Bengkulu 2020 ini, diharapkan bisa semakin mengungkit tingkat kunjungan wisata. Selain itu, dengan berbagai kegiatan yang terangkum didalamnya, juga diharapkan sebagai wadah daya tarik para investor untuk berinvestasi.

“Dengan ini pariwisata Bengkulu semakin dikenal baik ditingkat nasional bahkan internasional. Sama halnya dengan Festival Tabut Bengkulu, kita juga meminta kepada dinas teknis terkait khususnya Dinas Pariwisata, juga melakukan berbagai persiapan supaya target kita bisa tercapai, Festival Bumi Rafflesia masuk Top 100 Wonderful Indonesia di tahun ini,” ungkap Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti usai membukan secara resmi Festival Bumi Rafflesia, di Lapangan Sport Centre Kota Bengkulu, Kamis (19/07).

Kursi penonton Area sambil menikmati kopi Bengkuluengkulu

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Januar Jumalinsyah, di tahun 2018 ini Festival Bumi Rafflesia, berlangsung 19 hingga 23 Juli 2018, pengemasannya jauh berbeda pada tahun sebelumya, sehingga diharapkan bisa lebih mengenalkan produk Bumi Rafflesia dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Di tahun 2018 ini Festival Bumi Rafflesia lebih menitik beratkan kepada potensi budaya dan industri kreatif yang diharapkan menjadi kekuatan berbeda dan bisa meningkatkan daya saing destinasi wisata Bengkulu menuju Visit Wonderful Bengkulu 2020,” jelas Januar Jumalinsyah yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana Festival Bumi Rafflesia 2018.

Selain menampilkan pameran berbagai produk andalan Bengkulu, potensi daerah dan potensi investasi dengan mengundang berbagai investor, berbagai kegiatan juga dilaksanakan memeriahkan Festival Bumi Rafflesia 2018 ini, seperti Festival Kopi, Festival Kuliner, Inafact, Kompetisi Seni Lukis, Pagelaran Seni Budaya, Kampung Besurek, Bengkulu Etnic Music Society, Festival Band serta kegiatan menarik lainnya. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).

Milad Blogger Bengkulu

Salah satu penganugerahan dalam rangka Milad blogger Bengkulu

Di lokasi acara, terdapat panggung utama yang juga sekaligus tempat berlangsungnya kegiatan Festival Bumi Raflesia, nah Blogger Bengkulu termasuk salah satu komunitas yang dipercaya mengisi kegiatan tersebut lho. Jadi kebetulan bertepatan dengan Milad Blogger Bengkulu yang ke-2.

Ada 2 kegiatan utama yang digunakan oleh Blogger Bengkulu saat itu yakni perayaan Milad yang diisi dengan penghargaan kepada blogger dengan berbagai kategori antara lain Blogger berprestasi, blogger pendatang baru, admin, mom blogger, dll serta peluncuran buku I'am Bobe I'am Happy yang merupakan buku antologi pertama Bobe.

Acara berlangsung cukup meriah dan dihadiri oleh anggota Bobe baik yang lama maupun yang baru. Dalam kesempatan tersebut hadir juga beberapa tokoh publik yakni, Anggota Dewan kota Ibu Septi Yuslina, bapak Rozian, serta pihak Dinas pariwisata, serta sponsor acara.

Pintu masuk utama stand

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan pengumuman pemenang berbagai lomba antara lain, lomba foto kuliner Bengkulu yang mengambil tema Pendap, Lokan, dan Jeruk Kalamansi yang diikuti oleh berbagai fotografer dan umum.

Sampai ketemu dengan Festival Bumi Rafflessia tahun depan.

"Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog Festival Bumi Rafflesia bersama blogger Bengkulu dan Cari Bengkulu"


14 comments

  1. Dari judulnya Festival Bumi Rafflesia 2018, saya kira ada bunga reflesianya:) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak, di pintunya XD gede sekitar 2 meter nanti masuk lewat situ
      *bantu jawab

      Delete
  2. Seru ya ada festival seperti itu, ada pertemuan para blogger juga :)

    ReplyDelete
  3. Semoga Festival Bumi Rafflesia Masuk Top 100 Wonderful Indonesia ya :D

    ReplyDelete
  4. Keren acaranya mbk, apalagk ditmpat yg luas. Berasa legaahhh...

    ReplyDelete
  5. Dibanding stand inafact aku betah berlama lama di stand kuliner n kopi mbak hehe

    ReplyDelete
  6. Kemarin itu di FBR paling suka sama stand stand kopinya mba. Aduh cakep cakep banget & rasa kopinya juga enak enak. Semoga tahun depan lebih ramai & seru! :)

    ReplyDelete
  7. senangnya yang ikutan acara kemarin.....si dedek ikut pula, ze kemarin ga bisa ikut mbak...si kecil ga ada yang ngasuh

    ReplyDelete
  8. Sukses ya Festival Bumi Rafflesia go Nasional

    ReplyDelete
  9. Suka banget fotonya yang mbak mil lagi di samping para pemenang, lagi megang mikrophone. Candid hihihi

    ReplyDelete
  10. Paling suka fotonya yang mbak mil lagi disamping para pemenang, lagi megang mikrophone, candid hihihi

    ReplyDelete
  11. Keren ih acaranya . Mga Bengkulu makin maju dam terkenal yang baik2nya. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Yeay... ga bisa move on dari acara ini
    Aku kemaren belanja jeruk gerga di stand... hehe

    ReplyDelete
  13. Dan semoga festival seperti inni sering-sering diadakan ya mbaak, kece bgt nihh

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.