Taman Kota Keren di Surabaya

Konten [Tampil]
Traveling

Pukul 4.00 wib alarm berbunyi dari hp, udara dingin berasal dari AC cukup menusuk tulang, namun suara azan sayup-sayup terdengar menyeruak dari dalam kamar hotel tempat kami menginap. Ternyata Azan di Kota Surabaya sangat cepat. Jam segini sudah azan Subuh.

Selepas Subuh dan membersihkan diri, kami turun ke lantai dasar untuk sarapan yang telah dipersiapkan oleh pihak hotel. Aku dan teman ku segera berkemas untuk memulai perjalanan hari ini. Kami berangkat tour ke Kota Surabaya pukul 8.30 wib. Kami langsung mengagendakan untuk berkeliling di Kota Surabaya hari ini karena besok akan melanjutkan perjalanan ke Wisata Jawa Timur Park yang terkenal di Indonesia itu lho.. Aihh jadi gak sabaran nih mau ke berkeliling di Provinsi Paling Ujung Pulau Jawa ini

Suasana kota Surabaya mulai padat, di beberapa persimpangan terlihat arus kendaraan memadati jalan utama. Meskipun hari libur geliat warga tetap terlihat. Beberapa persimpangan sempat mengalami kemacetan menuju lampu merah. Beragam kendaraan memadati jalan utama mulai dari bus, mobil pribadi angkutan umum , motor menjadi pemandangan umum di sudut-sudut kota Surabaya.

Menurut ku kota Surabaya memiliki ciri khas antara lain memiliki taman kota yang cukup terawat. Penghijauan di jalur utama yang memisahkan kedua ruas jalan sangat terawat.

Kami segera memasuki gerbang Unesa dalam rangka tour. Suasana asri terlihat disepanjang jalan Kota Surabaya. Setiap pembatas lajur ditanami pepohonan rindang yang membuat udara kian sejuk. Beberapa taman bunga yang kami temui di sepanjang perjalanan menjadikan udara cukup bersih ketika pagi hari. Kebetulan kami melewati jalan protokol saat pagi hari.

kampus Unesa kebaggaan warga Suabaya

Aku pernah mendengan gerakan taman kota yang digagas oleh walikota Surabaya Bu Risma yang menjadi kebanggaan warga Surabaya cukup sukses, tampak beberapa petugas taman yang sedang bekerja merawat tanaman sedang bertugas di sana.

Ada sungai yang cukup panjang membelaj kota Surabaya. Menurut informasi dari guide kami sungai tersebut adalah sungai Kalimas yang merupakan anak sungai Brantas yang membelah Kota Surabaya. Dari pantauan mata sungai ini cukup memegang peranan bagi warga kota. Di pinggir sungai dibuat taman yang berfungsi pelepas penat dan tempat rekreasi bagi warga kota yang sekedar mau melepas kepenatan. Beberapa warga terlihat memancing di sungai. Aku tidak tahu persis apakah sungai tersebut memang sengaja diisi ikan atau memang ikan alami yang hidup di sana. Yang ku sukai dari suasana seperti ini keberadaan sungai-sungai ini membawa energi positif bagi warga di sekitarnya apalagi jika sungai-sunganinya terawat dan bersih.

Beberapa Mall terlihat berdiri kokoh ditengah-tengah kota. Sepanjang perjalanan tidak terhitung ada berapa banyak mall dengan berbagai tema ikut meramaikan Kota Surabaya. Artinya pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya hampir menyaingi pertumbuhan ekonomi kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

pembangunan di Kota Surabaya yang kian pesat

Fungsi taman kota menurutku cukup vital sebagai paru-paru kota yang menjadi central aktivitas warga Surabaya. Apalagi volume kendaraan yang kian banyak menjadikan udara semakin kotor. Keberadaan taman akan menjadi penetralisirnya. Olehkarena itu program taman kota memang sebaiknya menjadi program unggulan di setiap Kota besar seperti di Surabaya.

Setelah seharian mengitari kota Surabaya kamipun kembali ke Hotel tempat kami beristirahat. Perjalanan mengelilingi kota Surabaya kami lanjutkan ke Kota Malang. Nantikan post selanjutnya di Kota Malang ya..

22 comments

1. Aku suka suasana foto yang pertama. Terlihat sejuk gitu. Dan banyak bungaya ya, Teh.. aku ada rencana pengen ke Surabaya, tapi entah kapan. Yang jelas aku pengen :)

Replies
    1. Banyak tamannya tapi yang bagus cuma itu jeje

Delete
  2. Saya belum pernah ke Surabaya... pengen jalan-jalan ke sana jadinya :)

ReplyDelete
  3. nah saya tempo hari gak sempat keliling2 ke tamannya, cuman liwat doank karena buru2 ngejar waktu hehehe

4. aku ke Surabaya lupa lewatin yang ada patung itu apa ga y?soalnya aku lewatin yg patung buaya mba waktu mau ke Gubeng dan ga sempat jalan siy karena tll lelah dg macetnya 🤣

5. sudah lama banget, terakhir tahun 2010 ke sby. penasaran sama perkembangan kota ini.

ReplyDelete
  6. Surabaya emang penghijauannya kece, Mbak. Sekarang suasana taman yang hijau dan nyaman, dapat ditemui di berbagai tempat di SUrabaya. Di ITS, tempat aku sekarang belajarpun, Ijonya luar biasa.Kabar-kabar, Mbak kalau ke Surabaya lagi. AKu 4 hari dalam seminggu ada di SUrabaya, lo.

7. Jadi mampir ke Taman Bungkul enggak? :)

8. Surabaya dulu kesannya panas banget, mba. Tapi sekarang udah banyak taman dan indah indah ya

ReplyDelete
  9. Pernh k Surabaya dulu bngt waktu dpt pnggiln kerja d daerh sudirman blm explore daerah Surabaya yg lain bersih y mba tamanny nyaman

10. Sempet ke surabaya tapi cuma lewat aja..dan sempat lewat taman kotanya yang indah..semoga banyak kota2 di indonesia lainnya meneladani surabaya..apalagi kota yang panas dan gersang bahkan gak ada tumbuhan..duhh ayoo contoh surabaya yang panas namun asri dengan pepohonannya

Replies
    1. semoga semakin banyak kota yang mengikuti dan seger udaranya.

Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.