Wisata Keluarga Terlengkap, Jawa timur Park - Yurmawita's Blog Wisata Keluarga Terlengkap, Jawa timur Park | Yurmawita's Blog
Sunday, December 18, 2016

Wisata Keluarga Terlengkap, Jawa timur Park

Traveling

Brosur Jawa Timur Park
Traveling kita kali ini mengunjungi Provinsi Jawa Timur. Tepatnya di Kota Batu Malang. Perjalanan kami mulai dari Kota Surabaya dengan rute melewati gerbang tol Sidoarjo. Kami berangkat pukul 7.00 WIB menggunakan bus pariwisata dalam rangka study tour. Rombongan berangkat dari hotel dengan bus pariwisata yang disediakan pihak travel. Kebetulan kami menggunakan jasa travel untuk mengunjungi salah satu objek wisata favorit di Provinsi paling ujung pulau Jawa ini.


Udara hari ini cukup fresh dengan intensitas cahaya matahari yang tidak terlalu menyengat. Awan putih masih menyelimuti sebagian langit biru provinsi yang memiliki penduduk terbesar setelah Ibukota Jakarta. Geliat kota Surabaya mulai menampakkan diri di berbagai sudut kota. Tampak, kendaraan mulai memadati ruas jalan di Kota Surabaya. Beberapa bus pariwisata terlihat di antara berbagai jenis kendaraan pribadi lainnya. Kebetulan kami berangkat di hari Long Weekend, jadi jalanan cukup dipadati oleh pengunjung dari berbagai kota di sekitar Jawa Timur. Yuk, simak perjalanan kami menuju Wisata Keluarga Terlengkap, Jawa Timur Park.

Sampai di gerbang tol Sidoarjo pukul 7.45 menit. Kendaraan cukup banyak memadati jalan utama, meskipun begitu suasana tetap lengang dan bus yang membawa kami masih bisa melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Ini berdasarkan info dari pak sopir lho...

Sebenarnya perjalanan kali ini dalam rangka tour yang diadakan oleh kampus. Setelah kemarin mengikuti kegiatan seminar di Surabaya.

Wah, ternyata di perjalanan di daerah Padaan terjadi kemacetan panjang, dari dalam bus terlihat masyarakat setempat berusaha melakukan pengaturan arus kendaraan dengan mengarahkan sebagian kendaraan bermotor roda dua untuk memutar arah, namun karena tujuan yng sama maka kemacetan pun tak bisa dihindari.

Pukul 9.00 kami melewati Sukorejo, jalan cukup lengang arus kendaraan lancar. Rombongan masih semangat bercerita ngalor-ngidul di dalam bus, sementara beberapa lainnya sibuk dengan hape, sebagian lagi tertidur pulas.


Tiba di Purwosari, bis beristirahat sejenak, kesempatan itu digunakan teman-teman untuk buang hajat kecil, maupun belanja camilan ringan untuk bekal diperjalanan. Di pinggir jalan beberapa spot cantik cukup menarik perhatian seperti kerajinan taman, ukiran kayu dan keramik. Beberapa jenis Usaha Kecil Menengah dan Mikro terlihat cukup intens mempromosikan hasil kerajinan daerah setempat. Kerajinan rotan sintetis cukup mendominasi di pinggir jalan protokol. Hiasan Lampu yang terbuat dari rotan sintetis terlihat sangat indah apalagi apabila Anda melewati daerah ini ketika malam tiba. Cahaya yang berasal dari lampu gantung kerajinan rotan memiliki pedar warna-warni cerah. 

Pukul 10.51 WIB kami sampai ke Singosari. Arus kendaraan masih melambat seperti diperjalanan sebelumnya. Lalu lintas kendaraan cukup terlihat padat, beberapa bus pariwisata dari berbagai daerah menjadi pemandangan yang cukup mendominasi di ruas jalan utama. 

Wisata Keren, Jawa Timur Park

Sampai di Jawa Timur Park waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Rombongan segera diarahkan oleh pemandu travel menuju warung lesehan di pintu masuk Jawa Timur Park. Beberapa pilihan makanan bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Aku dan teman-teman memilih nasi rawon beserta jus jambu biji. Ada juga yang memilih Bakso Malang, Soto dan Nasi Pecel. 

Pihak penyelenggara Jawa Timur Park mewajibkan pengunjung memasang gelang tanda masuk yang dilengkapi dengan barkode sesuai dengan pilihan paket yang diambil. Kami memilih paket lengkap dengan biaya Rp 200.000,- untuk semua arena permainan dan fasilitas yang disediakan di Jawa Timur Park kecuali untuk beberapa wahana seperti Go Kart, Flying Tornado, Trampolin, dll.

Dari panduan yang diberikan oleh pihak penyelenggara, ternyata Jawa Timur Park memadukan konsep wisata keluarga, Wisata Hiburan sekaligus Wisata Edukasi. Asyik kaan, jadi konsep terpadu yang ditawarkan oleh JAwa Timur Park oke punya untuk penghematan deh. Pantes deh kalau Jawa Timur Park adalah wisata keluarga terlengkap yang pernah dikunjungi. Yakin deh.. kalau sudah membawa keluarga ke sini semua anggota keluarga bisa sepuasnya bermain sekaligus belajar.

gelang masuk

Wahana Terlengkap

Berbagai jenis wahana disuguhkan di Jawa Timur Park seperti Galeri Etnik yang menyajikan semua etnis khas dari berbagai daerah lengkap dengan berbagai adat istiadat daerah tersebut. Di dalam wahana etnik Jawa Timur sebagai pembuka pengunjung dapat menikmati berbagai suguhan kebudayaan seperti tokoh wewayangan, Tari Topeng, tokoh Bima lengkap dengan patung Bima yang sedang terbang, Berbagai alat musik, seni pertunjukan wayang. selanjutnya miniatur rumah adat lengkap dengan pasangan pengantin daerah maing-masing.

tokoh wewayangan dalam galeri etnik Nusantara

Pengunjung bisa berfoto maupun membuka atau menutup pintu miniatur rumah adat tersebut secara bebas, bangunan miniatur terlihat memang di desain untuk pengunjung. Etnik lainnya yang cukup menonjol adalah Etnik Papua, lengkap dengan rumah adatnya. 

Gambar Mitologi di dinding

Science Stadium 

Selanjutnya pengunjung diarahkan ke laboratorium Science, Matematika, Biologi, Kimia, Taman Fisika lengkap dengan berbagai praktikum yang dapat di coba oleh pengunjung. Berbagai jenis praktikum dapat langsung di ujicobakan dengan dipandu oleh penyelenggara secara langsung. Anda juga bebas memotret berbagai koleksi yang di pajang di dalam laboratorium. 

Taman Buah dan sayur

Keluar dari Science Stadium selanjutnya pengunjung diarahkan menikmati Taman buah dan sayur. Audio yang cukup jelas  terdengar di sepanjang arena Taman Buah dan Sayur ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis tanaman buah dan sayur yang berasal dari berbagai penjuru daerah. Proses pembibitan, penanaman hingga panen tersaji lengkap di sana. 

Convoi Boat

Selanjutnya pengujung dapat menikmati convoi boat yang mengalir disepanjang wahana. Terlihat beberapa pengunjung menggunakan convoi boat yang disajikan secara gratis oleh pihak penyelenggara. 

Taman Sejarah dan Galeri Numismatik

Wahana selanjutnya adalah Taman Sejarah dan Galeri Numismatik. Di sini pengunjung dapat melihat adegan-adegan  sejarah lengkap dengan miniatur kejadian. Adegan Proklamasi, Sumpah pemuda, dll lengkap dengan audio yang cukup jelas.

Papan petunjuk memasuki Galeri Etnik Nusantara

Taman  Bermain Anak Kesayangan


Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, Jatim Park menyediakan wahana permainan anak lengkap dengan berbagai arena permainan seperti Trompolin, kereta api, mobilan, dll. Arena bermain cukup ramah anak, disediakan juga ruangan menyusui dan tempat beristirahat yang nyaman. Arena juga terlihat terawat dan bersih. Hal ini kalau saya perhatikan karena pihak pengelola menempatkan banyak petugas di berbagai sudut arena.

Taman Bermain Air

Di tengah-tengah Jawa Timur Park I terdapat arena bermain air keluarga yang lengkap, mulai dari air terjun buatan, prosotan, kolam renang yang terdapat sepanjang arena, waterboom, ruang ganti, toilet umum, dll.

Arena Bermain air keluarga
Ini Kolam renang di sepanjang arena Jatim Park I seperti Selokan yang airnya jernih banget
Wahana Permainan menguji Adrenalin

Untuk Anda yang menyukai tantangan, di sini kita bisa  menguji adrenalin seperti wahana Tour Bus, dan Jumping Frog, Jumping Bike, wall Climbing, Gokart, Sky Rider, dll. Aku dan teman-teman cukup dibuat mabok saat mencoba wahana Sky Rider. Tubuh seperti diputar-putar di atas udara. Ingat yaa...untuk mencoba permainan ini Anda harus siap mental dan kesehatan. Siap-siap mabok dan kliyengan haha...

dari kereta layang Anda bisa melihat pemandangan Jatim Park dan Kota Batu 

Perahu terbang

Pasar Buah dan Kerajinan

taman buah dan sayur
Sebelum menuju pintu keluar pengunjung diarahkan melewati pasar buah (Tourism I) dan Tourism II aneka kerajinan tangan khas Jawa Timuran. Di pasar buah banyak dijual buah-buahan khas daerah seperti apel malang, jeruk, salak. Berbagai jenis  olahan buah apel seperti keripik apel, manisan apel, dodol apel maupun sirop apel banyak diburu pengunjung. Selain itu juga bisa ditemukan aneka kerajinan sandal, kaos khas Malang, Jawa Timur, Pengunjung di waktu-waktu weekend sepertinya mesti berhati-hati karena daerah ini cukup rawan. Pengujung yang padat memberikan peluang bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, beruntung pihak pemandu mewanti-wanti dari awal pintu masuk untuk memperhatikan barang bawaan seperti dompet, hp, serta barang-barang berharga lainnya. 

Museum organ Tubuh


Zona Ginjal
Berada di pelataran utama Jatim Park, pengunjung diarahkan di dua pintu utama yaitu Museum organ tubuh dan Galeri Etnik Nusantara. Di dalam Museum organ tubuh yang pintu masuknya terdapat ikon bagong salah satu tokoh wewayangan jawa. Menggunakan lift pengunjung dibawa ke organ pertama yaitu gigi. Di sini diperkenalnya berbagai jenis gigi manusia lengkap dengan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh makanan maupun kuman. bentuk gigi yang hampir menyerupai bentuk sebenarnya membuat pengunjung seperti berada di dalam mulut manusia. selanjutnya menuju organ hidung, mata, otak, lambung, ginjal, pau-paru hingga pembuluh darah. Keluar dari museum organ tubuh pengunjung dihadapkan pada pelataran yang berada di ketinggian lantai 4. view dari pelataran sangat eksotis, landcape kota Batu dengan ciri khas lingkungan alam yang indah begitu memanjakan mata.

Zona Jantung yang bisa berdegung layaknya jantung manusia 

Pasar Rakyat

Sebelum menuju pintu keluar, pengunjung diarahkan menuju pasar rakyat yang terbagi menjadi dua yaitu Pasar Rakyat I yang menyediakan berbagai jenis oleh-oleh khas malang yang berupa makanan kering dan manisan serta Pasar Rakyat II yang menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan asli Malang.

Aneka buah-buahan asli Kota Batu, seperti Apel Malang yang begitu mendominasi

berbagai jenis makanan ringan, manisan dan keripik 

Pasar rakyat I dan II sebenarnya satu bangunan namun dipisahkan oleh tempat istirahat pengunjung. Di Pasar rakyat I Anda dapat membeli oleh-oleh khas Malang seperti kerajinan tangan, kaos-kaos yang bertuliskan Kota Batu maupun sandal dan berbagai jenis peralatan dapur yang dapat dijadikan oleh-oleh. Sedangkan pasar rakyat II Anda bisa memborong buah-buahan dan berbagai makanan kering khas Kota Batu.

Pengunjung di pasar rakyat mengarah ke pintu keluar

33 comments:

  1. Jatim Park selalu jadi target kunjungan tiap kali ke Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap banget ya mba.. rasanya kalau seharian keliling Jatim park ga cukup deh, soalnya luas banget..

      Delete
  2. Anak-anak pasti betah diajak kesini mba. Banyak wahananya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lengkap banget wahananya, mulai dari bermain anak, bermain air, hiburan juga..

      Delete
  3. Waaah aku kemaren malah ke Jatim Park2, ngga ke Jatim Park1 karena udah malem & ngga sempet banget waktunya.. next time insha Allah kesini lagi :D

    ReplyDelete
  4. terimakasih sharingnya mbak, kapan kapan kesana :D

    ReplyDelete
  5. Wuah, kemaren brarti maen ke Batu Malang ya mba.....asik bangeeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...sayang ya mba Dwi kita ga ketemu..memang singkat banget perjalanannya

      Delete
  6. Huah lengkap bangeeet ya mba.. Sampai pasar pun ada ya di dalamnya.. Pinter bgt konsepnya, sebelum pintu keluar diarahkan k pasar dulu ya.. hehe :D Anak2 pasti seneng nih kalo diajak k sana terutama ke taman bermainnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penyelenggaranya pinter, jadi mesti beli yah..disini tercipta mutualisme antara pedagang, penyelenggara dan pengunjung, konsep terpadu begini patut menjadi percontohan deh

      Delete
  7. Duh jadi makin pengen ke Malang deh mbaaa... Uda lama ga ke Surabaya juga sejak hamil...

    ReplyDelete
  8. Keren ya, fasilitasnya lengkap :)
    Dua anakku sudah pernah ke sini, tapi sama rombongan sekolahnya.
    Mereka udah minta ke Jatim Park lagi, yang lebih lama katanya :D
    Ulasan mbak Yurma bikin tambah mupeng ke sana. Moga bisa di liburan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas kemarin kesana banyak banget rombongan anak sekolahan pake seragam, spanduk gitu.. kalao kesini rasanya ga merasa puas sekali haha,

      Delete
  9. Mending ngambil yang 200ribu paket lengkap ya. Museum organ tubuh memang keren banget ini ya kata teman2 yang udah ke sana. Pingin ke sini belum jadi2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba lengkap sampe pegel dan terasa capek hehe

      Delete
  10. Anakku yang pertama pernah backpack sama ayahnya ke Bali - Surabaya - Malang

    Dia suka banget di Jatim Park ini. Ngajakin aku ke sana lagi..katanya belum lengkap kalau ngga ada ibu...xixixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, wisata yang pas buat keluarga.lengkap fasilitasnya hemat juga karena semuanya ada di satu twmpat, cuma jangan sampai kesasar aja.

      Delete
  11. jauhh tapi kayanya seru mbaa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu. Bangettt, kalau mau puas ga cukup sehari kayaknya

      Delete
  12. wahh pasti seru ya mba. dan saya suka dengan konsep park yang lengkap begini, ada edukasi juga. dan terpenting ada taman bermain air..,. soalnya anak2 kalau jalan pasti berasa kurang kalau belum main air..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min air itu harus kalau anak anak mah..Haha..ibunya jagain di pinggir kolam, itu aku banget . Soalnya gak pede mandi rame rame hehe

      Delete
  13. Wah lama gak ke sana, terakhoir pas masih mahasiswa hehe. Skrng makin keren, pengen deh ke sana lg sama anak2 :D

    ReplyDelete
  14. Mudah-mudahan bisa ke Malang bersama keluarga kecil

    ReplyDelete
  15. asyik... lengkap banget.. cocok bawa keluarga pas liburan gini..gak perlu jauh-jauh ya mba..sudah ada semua..

    ReplyDelete
  16. Pingin bgt k jatimpark blm kesampaian hiks aplg hujan trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburnya kan masih panjang, semoga esok esok cerah ya mba..

      Delete
  17. Lengkap banget yak..semua ada..nggak kayak kampung ku di Sumut sana..duuh nggak berkembang ...

    ReplyDelete
  18. pengen bgd ngajak si ken ke sini, tp blm2 jugak, hiks
    btw tengkiu sharenya ya mbk, jd makin mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kesampaian ya mba selamat berlibur di Jatim park mba..

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.