Belajar Menjadi Blogger Bermartabat bersama Mira Sahid



Sebuah status di Facebook yang ditulis oleh blogger kece idolaku muncul di timeline Facebook.

Beliau menuliskan tentang rencana keberangkatan ke Bengkulu. Waah ini yang selalu kutunggu, mba Mira Sahid adalah seorang blogger founder Kumpulan Emak Blogger (KEB), sebuah wadah pertama kali ketika bergabung menjadi blogger.

Kalau idola sudah berkunjung ke kotaku, sayang dong jika aku tidak mengikuti acara tersebut.

Nah, informasi yang pertama aku mencari tau kapan beliau mau ke Bengkulu.

Nah, hari Jumat aku kembali membaca status Mba Mira yang mengatakan bahwa beliau sedang otw ke Bengkulu. Jadi deh aku messenger beliau untuk mencari tau keberadaannya.

Ihh kalau lihat mba Mira upload foto di Facebook, Instagram dan blog rasanya beliau humble banget deh. Buktinya saat aku messenger beliau langsung dibalas deh sama dia. Padahal mungkin mba Mira juga bingung dia sedang bicara sama siapa haha (peace mba Mir).

Nah, hari yang ditunggu - tunggu tiba. Jumat 27 April 2018 akhirnya aku bisa berjumpa dengan mba Mira Sahid.



Karena aku datangnya terlambat, wah kesempatan ber-selfie dengan mba Mira belum kesampaian deh.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka oleh Dinas Kominfo sekaligus mewakili pemerintah provinsi Bengkulu. 

Sudut Istana

Di sesi pertama adalah materi dari pak Andoko seorang juru bicara kepresidenan yang menjelaskan tentang berbagai program pemerintahan Jokowi yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 5 tahun ini mulai dari pedalaman Papua yang telah mendapatkan berbagai bantuan riil berupa program minyak murah hingga kebijakan yang kontroversi.

Semua kebijakan tersebut didasari atas kondisi masyarakat yang ada di daerah tersebut. Termasuk Bengkulu yang mendapatkan program revitalisasi perkampungan nelayan di kampung Melayu.



Beberapa program yang real dilakukan oleh pak Jokowi adalah dengan memberikan keadilan kepada masyarakat Papua dengan program minyak murah. Saat ini minyak untuk bahan bakar di Papua dapat terjangkau oleh masyarakat di tanah Papua.

Kerjanya pak Presiden itu blusukan, jabat tangan dengan masyarakat dan berkunjung ke daerah. Hmm ternyata yang telah disebar dan diberitakan di media sosial itu banyak yang gak bener nya tentang pemerintahan Jokowi ini. 



Yang aku tau dari media sosial katanya pemerintahan saat ini banyak salahnya, ketimpangan di daerah-daerah namun ternyata yang sebenarnya adalah keadilan yang tepat sasaran.

Inilah fungsinya mengapa kita perlu cross cek berita sebenarnya dan harus dengan sumber yang asli dan benar.

Quote dari pak Andoko ini benar adanya "Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia" yah karena Indonesia majemuk dan harus dicintai dengan tulus. 

Staf khusus presiden menyatakan bahwa program pemerintah yang telah dilakukan antara lain: 

  • Kebijakan pemerintah berkeadilan
  • Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat terbawah
  • BBM 1 harga, terutama masyarakat di Kalimantan
  • index pembangunan manusia naik
  • angka kemiskinan menurun

Dalam kesempatan ini Pak Andoko mengungkapkan bahwa para blogger mesti memperoleh pemahaman yang benar dalam menyajikan berita.

Blog Personal

Nah, sesi kedua diisi oleh mba Mira Sahid founder Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang beranggotakan blogger emak dari seluruh penjuru tanah air ini menyampaikan materi tentang blog

Blog itu harus personal karena catatan kita, dia bisa juga diary online, dan juga area promotion.



Dalam sejarahnya blogger mba Mira menerangkan tentang telah beberapa kali mengadakan even pesta blogger, kopdar blogger Nusantara, dll.

Pesan beliau untuk blogger harus menjadi penyebar hal baik di blog. Jangan sampai kita menjadi salah satu penyebar hoax danemberitakan yang tidak benar dengan tulisan kita. 

Seorang blogger dan netizen harus menganut T H I N K yaitu True apakah yang kita tulis itu sudah benar? Hurtful Apakah tulisan kita menyakitkan orang lain? Ilegal, apakah tulisan kita ilegal, Necessary seberapa pentingkah tulisan itu dipublis dan bermanfaat, serta Kind kita harus santun dalam menulis dan memposting.

Manfaat blog diantaranya:

Hobi/passion

Sebagai blogger kita harus menjadikan blog sebagai passion kita, tulisan kita akan mengenalkan kita siapa kepada orang lain. Sampaikan dengan ciri khas kita sehingga orang lain ingat dengan kita.

Rekam jejak

Ketika kita menulis tentang suatu hal tulislah yang baik karena tulisan akan dikenang lama oleh orang lain.

Media informal

Blog adalah media informal yang bisa menyampaikan informasi menurut pendapat pribadi kita.

Personal branding

Blog juga merupakan personal branding diri kita sehingga dikenal oleh banyak orang.

Engagement

Jadikan blog kita interaktif dan ramah pengunjung. Balas komen dan kunjungan balik ke pengunjung.

Peluang

Saat ini peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog sangat mungkin deh, nah blog itu ternyata bisa dong mendapatkan peluang penghasilan bisa benget deh pokoknya. 

Acara break saat solat Jumat dan semua peserta diminta menulis tentang apa yang didapatkan di acara flasblogging ini.

Yah, tak terasa siang sudah beranjak, di dalam otakku banyak sekali ide ide tulisan untuk memerangi berita tidak benar di luar sana. 


Alhamdulillah yeaay akhirnya bisa juga selpih saya Mak blogger Mira Sahid semoga bisa menularkan semangatnya ya mba untuk Indonesia lebih baik.




1 comment

  1. Yg seberang pulau aja uda ketemu mak pon mira huaaaa ijk yg sejabodetabek aja blom pernah jumpa hiks

    Hmmm setuju mua ma pointnya
    Jd blogger yg menjembatani opini ke publik kudu ati2 bgt emang ya mb wit, utamanya yg nyrempet ngrasani arus politik, sosbud, hankam..kebijakan pemerintah en so on

    Klo yg dari sisi personal, yuppp...mg2 aku bisa menerapkannya sebage rambu2 biar ga kebablasan klo dah nulis cerita hihi

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.