Sejernih Air Pantai laguna, Senikmat Gheite yang Kian Terkenang

Pantai Laguna Kaur


Angin Pantai menyapaku saat kaki menjejak di tepian Laut. Pepohonan kelapa bergoyang-goyang seakan-akan melambaikan tangan selamat datang kepadaku. Sungguh angin yang terasa sejuk mengena kulit, meneriakkan gaung agar aku segera berlari menyapa ombaknya.

Pantai Laguna begitu lah tempat cantik nan elok ini dikenal. Keelokannya sangat terkenal bagi setiap pengendara bus maupun pengunjung yang melewati  daerah bagian selatan dari Provinsi Bengkulu ini. 

Pantai Laguna adalah anugerah tak ternilai untuk Kabupaten Kaur berjarak sekitar 150 km dari Kota Bengkulu atau 7 jam perjalanan dari pusat kota Bengkulu. Memang cukup jauh apabila Anda tinggal di Kota Bengkulu, namun lelah dan letih di perjalanan akan lunas terbayar ketika kaki menjejak di Pantai Laguna.

Dengan mengikuti Jelajah Nusantara bersama Skyscanner kutemukan syurga tersembunyi yang terletak di ujung selatan Provinsi Bengkulu. Jauh memang sangat jauh jika dihitung dengan jarak, namun dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Skyscanner tentunya perjalanan yang terlihat sulit menjadi sangat mudah menjangkaunya. Seperti Keunikan di Pantai Laguna ini. Terbayar sudah segala keletihan dan penat dalam perjalanan. 

Gradasi Warna yang Unik

pantai Laguna Kaur
Gradasi Pantai yang indah memukau


Gradasi warna air laut yang begitu unik adalah pemandangan dominan yang akan memanjakan mata Anda. Biru, hijau dan putih menjadi kekhasan yang tak dapat dilukiskan oleh seniman manapun, karena pelukis Pantai Laguna adalah sang Maha Pemberi Karya terindah yaitu Yang Maha Kuasa. 

Secara teori, keberadaan gradasi warna air laut Pantai Laguna disebabkan oleh kedalaman air laut maupun biota laut yang hidup disana. Semakin ke pinggir maka gradasi akan memudar menjadi warna putih berbaur ombak yang menyapa pantai, bila ke tengah maka perpaduan warna putih, hijau dan biru akan kian menjadi warna yang sangat indah memanjakan mata. 

Ya, kehijauan adalah fenomena air pantai yang sangat jarang terjadi di pantai manapun, dan Pantai Laguna diberikan keistimewaan tersebut. Pengunjung mana yang mau cepat-cepat beranjak dari Pantai Laguna bila telah melihat secara langsung air pantai Laguna. 

Pasir pantai yang khas


Ke Pantai Laguna jangan lewatkan menyentuh secara langsung pasir Pantai yang lembut, namun kaya akan batuan alam. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung batuan alam yang sering dijadikan material untuk taman-taman cantik. Corak batuan yang unik dan simetris menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar batuan alam. Tak heran jika Pantai ini menjadi tempat bagi para penambang batuan alam untuk di perjualbelikan sebagai  bahan utama taman. 

Kaya akan Biota Laut

Gheite, Keite di Kaur
Gheite yang siap dikeringkan 

Satu hewan laut yang sangat fenomena di Pantai Laguna adalah Gheite. Gheite dikenal dengan Gurita yang menjadi sahabat masyarakat sekitar sebagai salah satu sumber bahan pangan yang terkenal kelezatannya. 

Masyarakat sekitar secara turun temurun pandai menolah hasil alam pantai berupa Gheite ini menjadi masakan yang sangat lezat. Rasa Gheite mirip cumi, namun teksturnya lebih kenyal dan padat. Apalagi dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional yang tentunya dijamin akan menggugah selera siapapun yang pernah mencicipinya.

Air pantai yang bersahabat dengan pengunjung

Pantai Laguna Kaur yang indah
ombak dan pasir pantai yang bersahabat yuhuu rasanya gak mau pulang

Satu lagi aktivitas yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah mandi di pantai. Nah, Kebetulan kunjungan kami ke Pantai Laguna di pagi hari, sehingga sangat nyaman mandi di air pantai yang bersahabat. Ombak pantai tidak begitu kencang sehingga kita bisa melihat secara langsung hewan dan tumbuhan laut yang ada di Pantai Laguna.  Apalagi terpaan matahari pagi yang menghangatkan akan menjadi sensasi tersendiri bagi Anda para penikmat air pantai.


Berbagai jenis ikan menyapa pengunjung, sesekali jika Anda beruntung maka sekelompok Gheite akan muncul dan menyapa. Tapi harus tahu betul tingkah laku dari hewan ini, jika Anda usil dengan keberadaan Gheite dan mereka terganggu maka bersiap-siaplah untuk menerima senjata yang ampuh dari Gheite yaitu belitan dan cengkraman dari tentakel yang sangat kuat. 

Jadi, bila tidak siap menerima benteng pertahanan dari Gheite jangan coba-coba mendekati hewan laut ini. 

Selain mandi pantai ketika pagi hari pengunjung juga bisa mandi Pantai ketika sore hari. Matahari sangat bersahabat dengan pengunjung pantai saat pagi dan sore hari kira-kira sebelum jam 8.00 pagi dan setelah pukul 16.00 WIB. 

Jika pengunjung rela menunggu beberapa saat menjelang matahari tenggelam di Pantai Laguna maka ini adalah fenomena alam yang sangat indah yang sangat sayang jika terlewatkan. Saat-saat matahari memburatkan warna jingga kemerahan terkena pantulan air laut maka akan hadir warna yang sangat indah di alam Pantai Laguna saat dimana langit dan laut seakan-akan tak berbatas berwarna merah merata. 

Kerang warna-warni

Selain kekayaan laut yang telah dipaparkan di atas, jangan Anda lewatkan untuk mencari kerang-kerang yang cantik menawan. Berbagai jenis kerang laut sangat memanjakan mata cangkang kerang yang cantik dapat menjadi cendera mata apabila Anda mau. Kerajinan tangan kerang yang masih minim tentunya akan sangat menguntungkan apabila dijadikan salah-satu kreativitas pemuda setempat, semoga saja di masa-masa mendatang, ada pengrajin yang telah terlatih berani melirik potensi daerah ini.

Pantai indah di kaur
suegernya mandi pagi-pagi di pantai Laguna 


Keberadaan nelayan pantai yang masih menggunakan peralatan tradisional akan menambah deretan keunikan lainnya di pantai Laguna. Nelayan-nelayan ini menambatkan perahu-perahu meraka di tepian pantai secara teratur dan rapi. Apalagi terkena hembusan angin laut yang akan membawa ombak-ombak kecil maka perahu-perahu tersebut akan terombang-ambing berjoget mengikuti irama angin pantai. Berabgai bendera yang dibawa ke tengah-tengah laut sebagai penanda atau petunjuk para nelayan akan menggelitik hati untuk tersenyum melihat kepolosan pak nelayan. 

Berbagai macam warna bendera yang berkibar jelas di atas perahu mereka. Akan lebih menggelikan apabila mendekati musim pemilu, pemilukada maka bendera akan semakin bertambah ragamnya, ada merah, kuning, hijau, hitam bahkan biru menjadi penanda bahwa begitu murahnya hati para nelayan dalam mengkampanyekan secara gratis bendera-bendera itu. Bahkan saking murah hatinya dalam satu perahu terdapat lebih dari satu bendera telah dikibarkan mengikuti panjang tali layar yang terbentang. Hehe..

Inilah keunikan yang tersembunyi yang sayang jika dilewatkan, Sebuah kepolosan yang berbaur dengan harapan dan cita-cita sederhana tentang perjuangan hidup mereka yang tidak akan pernah berubah meskipun musim kampanye telah usai.

Karena letaknya yang menjorok ke bawah pantai Laguna akan semakin indah jika dipandang dari atas jalan yang berbukit. Seakan-akan sebuah danau besar yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Inilah keunikan lainnya yang dapat Anda temukan di Pantai laguna. 

Akses ke lokasi

Untuk menuju Pantai Laguna Anda dapat menggunakan kendaraan umum berupa bus antar kota antar provinsi maupun travel yang dapat membawa Anda ke lokasi. Jika dari Kota Bengkulu sekitar 6-7 jam perjalanan. Pantai Laguna berada persis di pinggir jalan lintas Pesisir Sumatera bagian Barat. Letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia.

Kemudahan akan didapatkan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh agaen tiket perjalanan untuk pengunjung yang berasal dari luar daerah dengan memesan Tiket Pesawat  menuju Bandara Fatmawati Kota Bengkulu. Dari Bandara Anda dapat menuju Kabupaten Kaur dengan berbagai pilihan kendaraan darat yang nyaman dan memuaskan. Tiket pesawat dapat Anda peroleh dengan dengan mudah secara online hanya lewat smartphone Anda.

Selain tiket pesawat yang bisa diperoleh dengan sangat mudah Anda juga tak perlu khawatir dengan penginapan yang ada di tempat tujuan wisata, karena banyak menyediakan paket lengkap dari tiket pesawat, kendaraan travel hingga penginapan yang dapat dipesan dalam satu paket. 


Nah, bagaimana masih mau melewatkan begitu saja keindahan Pantai Laguna yang indah mempesona? So bila satu kali Anda telah berkunjung ke Pantai Laguna maka suatu saat kerinduan akan tiba-tiba menyeruak menarik-narik keinginan untuk kembali menyapanya. 

Semoga suatu saat nanti diberikan kesempatan lagi untuk menyambangi Pantai Laguna yang kedua, ketiga dan seterusnya. Semoga.

25 comments

  1. Seger ya bisa mandi di sini bakal senang 3 anakku

    ReplyDelete
  2. Ih, cantik dan unik ya pantainya. Baru tahu ttg ini. Terimakasih sdh berbagišŸ˜Š

    ReplyDelete
  3. Good luck ya wita atas lombanya....wah udah sampai aja ke Painan. via jalan darat ya

    ReplyDelete
  4. Aku paling seneng deh kalo liat pantai dg hradasi warna yg cakep gitu. Menyenangkaaan

    ReplyDelete
  5. Ya ampun itu airnya bagus banget warnanya. Bener2 keren gradasinya. Kapan ya pantai di sini bs keceh begini juga. Nunggu 10 thn mngkn haha.

    ReplyDelete
  6. Jadi itu gurita banyak ditemukan langsung di pantai kalau mandi gituya? Seru ya...
    Penasaran jadinya.

    Saya dan suami penyuka sea food. Kalau denger ada cumi, gurita, kerang dan sejenisnya langsung berdiri deh ini telinga hehehe...

    ReplyDelete
  7. Waaaaaaw bagus banget pantai Laguna. Semoga menang ya mba lombanya :)

    ReplyDelete
  8. Wow, baca artikel ini tentang destinasi wisatanya, duh, jadi mupeng juga ingin ke sini. Duh.... kapan yaaaa?

    Good luck untuk lombanya ya, mba, semoga berjaya!

    ReplyDelete
  9. Aku suka pantai, terutama pas senja..
    Btw itu indah banget ya gradasi pantainya, ahh mau ke sinii ..

    ReplyDelete
  10. Yampun udh lama banget pengen ke sini tapi belum kesampaian. Padahal udh tinggal di provinsi Bengkulu ini, duh haha

    ReplyDelete
  11. Wah asik ya, pantai yg indah dan biota laut bikin orang pengin balik lagi kesana sambil ajak keluarga besar dan bakar ikan

    ReplyDelete
  12. Huhuu kangen pantai jadinya, huhuu

    ReplyDelete
  13. Bengkulu banyai pantai ya mbak kayaknya karena banyak laut disana

    ReplyDelete
  14. Guritanya manggil-manggil aku buat berkunjung ke sana. Minta masuk ke perutku katanya. Duhhhh... aku dikepung banyak tulisan traveling. Mupeng mau semua.

    ReplyDelete
  15. Asiik, pantainya landai begitu ...
    Bisa renang-renang aman di tepiannya.
    Ombaknya juga bersahabat ya.

    ReplyDelete
  16. Pantai-pantai di Bengkulu masih banyak yang belum terekspos ya. Saya aja baru dengar nama pantai ini.

    ReplyDelete
  17. Laguna memang sudah terkenal banget ya.. Emang keren pantai nya..

    ReplyDelete
  18. Cantik pantai nya, pengen deh main ke sini..

    ReplyDelete
  19. Oh Gheite itu spesies gurita :D
    Wah penasaran kalau dimasak kyk apa rasanya :D
    Pantainya masih agak2 sepi pengunjung ya mbak, makanya ikan2 masih menampakkan diri #sokteu :D

    ReplyDelete
  20. Bangkulu terkenal dengan pantainya, by the way namanya kok mirip nama luar ya, saya rasa ini bukan nama asli deh, mungkin dirubah belakangan? kalau zaman dulu nggak mungkin orang bikin nama begini

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.