Mengenal Aquascape untuk Kenyamanan Hunian



Aquascape atau aquarium komplit adalah salah satu hiasan hidup yang sangat apik jika dipasang di dalam ruangan. Saat ini aquascape adalah solusi bagi kenyamanan hunian karena menghadirkan nuansa hijau atau tematik. Berbagai tema yang diusung Aquascape sangat memanjakan mata dan membuat hati terasa sejuk dan damai.


Tema-tema yang dihadirkan aquascape terlihat natural persis aslinya. Memang dalam sejarah penemuan konsep aquascape awalnya adalah menghadirkan ekosistem alam yang asli dalam versi lain yang bisa dinikmati di dalam ruangan. 

Untuk bisa membuat Aquascape tidak sembarang tumbuhan yang dapat ditanam, setidaknya ada kriteria tumbuhan air yang dapat dijadikan properti aquascape sehingga terlihat alami. 



Perbedaan Aquascape dengan aquarium terletak pada konsep atau temanya. Jika Aquarium hanya sebagai wadah untuk memelihara ikan hias, namun Aquascape memiliki konsep lebih kompleks. Ada ekosistem yang unik di dalamnya. Misalnya jika konsepnya persawahan maka seluruh biota persawahan ada di sana. Ada padi, rumput, pematang sawah, pondok-pondok dsb. 

Jika Aquascape memiliki konsep hutan maka di dalamnya menyerupai kehidupan di dalam hutan. Bila aquascape memiliki konsep ekosistem sungai maka di dalamnya ada berbagai unsur pelengkap lingkungan sungai seperti air mengalir, jembatan, bebatuan hingga tumbuhan alam yang seakan-akan memang nyata berada di pinggir sebuah sungai.

artikel terkait : Menciptakan rasa nyaman dan hemat energi di rumah

Saat ini aquascape merupakan properti sebuah hunian yang begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan. Harga yang ditawarkan untuk sebuah tema juga dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat dengan biaya perawatan yang cukup mudah.




Kelebihan Aquascape

Menghadirkan unsur alam di dalam sebuah hunian tentu menjadikan hunian kita semakin indah dan nyaman.  Jika biasanya aplikasi konsep natural ada pada lukisan dan tanaman segar maka dengan aquascape wujud natural itu bisa dijadikan dalam 3 dimensi. Ada air, tanaman, ikan dan bebatuan yang menyatu dalam sebuah karya seni yang sangat indah.

Perawatan mudah

Untuk menghadirkan aquascape di rumah tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya terkait dengan perawatannya. Perawatan Aquascape tidak begitu sulit antara lain:


  • Tumbuhan. Tumbuhan air dalam aquascape memang dirancang untuk kehidupan di dalam air. Perawatan yang dilakukan antara lain dengan memangkas tumbuhan yang telah menganggu, menyemak atau tidak enak dipandang. 
  • Air. Gantilah air secara berkala untuk menghadirkan pemandangan yang jernih, bening dan indah. 
  • Ikan. Merawat ikan dalam aquascape tidak terlalu sulit hal ini karena ikan yang dipiih adalah ikan kecil yang tidak membutuhkan makanan yang terlalu banyak. Jadi cukup mudah untuk merawat ikan-ikan tersebut.


Bahan-bahan mudah didapat

Untuk membuat aquascape memang memerlukan bahan-bahan khusus. Namun tidak perlu khawatir karena bahan-bahan aquascape sudah tersedia di berbagai toko aquarium, toko ikan hias maupun di supermarket.

Untuk membuat aquascape terlebih dahulu kita tentukan tema atau konsep yang ingin dibuat. Konsep ini juga berkaitan dengan bahan-bahan pelengkap yang harus dipersiapkan.

Alat dan bahan 


  • Kaca aquarium.Ukuran kaca aquarium disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan konsep yang diterapkan. Apabila ruangan besar maka ukuran aquascape disesuaikan dengan ruangan. 
  • Batu-batuan alam. Kebaradaan batuan alam dalam aquascape dapat menjadi pelengkap. Beberapa konseptor ada yang memberikan sentuhan warna pada batuan alam ada juga memberikan sentuhan alami artinya tidak dicat. 
  • hewan air. Pilihlah hewan air yang kecil-kecil karena dalam aquascape yang ditonjolkan adalah konsep alaminya, lagi pula jika terdapat hewan yang besar maka kemungkinan akan merusak tumbuhan di dalamnya. 
  • Air. Buatlah sistem penyaringan air untuk menghindari ekosistem terlihat kotor, dan keruh. 
  • pasir. Pasir yang digunakann adalah pasir 
  • pupuk. Pupuk berfungsi untuk menyuburkan tanaman agar telihat segar dan sehat. 
  • filter
  • Diffuser CO2



Urutan Pembuatan Aquascape 

pertama 

Siapkan aquarium besar yang disesuaikan dengan ruangan dan konsep yang akan dibuat
taburkan pasir hingga ketebalan kira-kira 3 cm. Penaburan pasir disesuaikan dengan konsep yang akan dibuat, bisa juga dengan membuat gundukan di beberapa sudut seperti konsep bukit.
masukkan pupuk secara merata. mengikuti kontur pasir yang telah dibuat. Masukkan kembali pasir untuk menutup pupuk tadi.

kedua 

Masukkan batuan dan properti pelengkap seperti batang besar sebagai cikal bakal pohon. selanjutnya rerumputan, tumbuhan air dan properti lainnya. Masukkan air jangan lupa denan filternya untuk menghindari pasir bergerak.




ketiga

Masukkan ikan-ikan yang telah disiapkan. Pilihlah ikan-ikan yang kecil agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman air.

Bagaimana cukup mudah bukan? namun jika ingin aquascape terlihat lebih indah bisa juga menggunakan jasa ahli aquascape. Sedangkan biaya yang diperlukan untuk sebuah aquascape sangat tergantung dari konsep yang ditawarkan dan penggunaan propertinya. Semakin rumit konsep aquascape akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

#ODOPOKT16

11 comments

  1. awalnya aku gak paham aquascape itu gimana, pas liat aquascape punya temanku ternyata "oh seperti itu" ... klo punya aquarium kan kudu rutin bersihin dan merawat ikannya, klo aquascape kudu orang yg memang hobi bukan hanya miara ikan, tapi merawat seisi tema aquascape yg dia pilih ya mak

    ReplyDelete
  2. Hm, menarik tipsnya, Mba. Ingin coba, tapi kok rasanya masih sulit memadu padankannya ya? Ntar baca-baca lagi lah, btw, ide aquaspace ini, bisa banget sebagai alternatif lain dlm menyegarkan ruangan selain lukisan atau hiasan di dinding ya?

    ReplyDelete
  3. Tipsnya berguna banget nih mbak.. Bisa langsung diterapkan di akuarium di rumah... ^^

    ReplyDelete
  4. jadi pengen minta dibikinin ama pak su :-D

    ReplyDelete
  5. Aku suka lihatnya aja Mbaaaa, seger, adem..
    Tapi ga bisa dan ga suka merawatnya *emak malas xixiix

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernah menggarap halaman koran ttg ini. Aduduh, waktu cari referensi di YouTube, terkesima banget. Bagus-bagus. Kalau buat sendiri emang butuh effort lebih sih.

    ReplyDelete
  7. Emang seger yaa kalau ngelihat pemandangan air-air gitu. Nanti deh coba diterapkan kalau udah punya rumah sendiri. Huhuhuhu *curcol

    ReplyDelete
  8. Aquascape bisa jadi pilihan untuk view yang nyaman dan bikin adem di rumah. Cantik :)

    ReplyDelete
  9. Oh aku pernah lihat nih, aquarium tapi lengkap banget. Jadi namanya aquascape ya, hehe

    ReplyDelete
  10. wah ini namanya aquascape ya baru tau, kapan hari pernah lihat liputannya di tipi tapi gak tau istilahnya apa hehe gak sekadar aquarium ternyata

    ReplyDelete
  11. Kalau nggak salah pernah lihat di pameran (atau beda produk, ya?), cantik yaaa. Kepengin, tapi mungkin baru bisa diterapkan kalau sudah menenpati rumah sendiri, hehehe.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.