Kenali Manfaat Teh bagi Kesehatan dan Kecantikan - Yurmawita's Blog Kenali Manfaat Teh bagi Kesehatan dan Kecantikan | Yurmawita's Blog
Thursday, August 31, 2017

Kenali Manfaat Teh bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sudahkan Anda minum teh hari ini? 


Sejak zaman dahulu kebiasaan minum teh adalah suatu tradisi yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat di beberapa belahan dunia. Jepang, Indonesia, China adalah negara yang  masyarakatnya terbiasa meminum teh dalam tradisi mereka. Hal ini disebabkan teh dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Saat ini telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang manfaat teh untuk kesehatan. Bahkan beberapa penelitan tersebut sungguh mencengangkan tentang manfaat teh bagi kesehatan. Diantara penelitian itu yakni apa yang diungkapkan oleh Jurnal Penelitian dari Institut Pertanian Bogor aktivitas antioksidan dan polifenol yang terkandung pada teh hijau bermanfaat untuk kesehatan.

Kebiasaan minum teh ini, juga sering kita temukan turun temurun sejak zaman dahulu.  Teh memiliki daya rekat bagi masyarakat ketika melakukan perjamuan dalam tradisi sehari-hari

Beberapa kandungan zat penting yang ada pada teh yaitu

ORAC

Teh memiliki kandungan ORAC (Oxygen radical absorbance capacity) yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas akan cepat merusak sel-sel kulit terutama kulit wajah yang terpapar langsung zat radikal bebas yang banyak di udara. Dampak yang ditimbulkan dari radikal bebas ini akan mempercepat penuaan dan kerutan pada kulit.

Polifenol

Polifenol adalah senyawa aktif yang terdapat pada bagian tumbuhan. Senyawa ini berperan dalam menghambat radikal aktif yang dapat merusak jaringan.

Antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu. Memiliki kemampuan untuk  untuk melakukan penangkalan terhadap oksidasi yang dapat menyebabkan  terjadinya kerusakan sel. 

Teh hijau dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut. Kandungan Pathenol dalam teh hijau membantu mengurangi rambut rontok, kusam dan bercabang.

Manfaat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan antara lain:

 Merawat wajah

Sebagai antioksidan, teh dapat digunakan untuk membantu merawat wajah. Caranya dengan menggunakan teh sebagai masker dan kompres. Salah satu kegunaan antioksidan adalah penangkal radikal bebas yang dapat membantu menghilangkan kerutan pada wajah dan kulit.

Kesehatan gigi
Teh dapat meningkatkan kesehatan gigi. kandungan teh yang terdapat Polifenol efektif untuk membunuh bakteri akibat flak yang menempel di gigi. Gigi yang menempel flak lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan karena bakteri. Dengan meminum teh, bakteri yang menempel pada flak gigi akan berkurang
Mengatasi kegemukan

Teh bermanfaat bagi tubuh yang gemuk. Hal ini disebabkan kandungan Polifenol yang terkandung dalam teh dapat bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi yang dihasilkan oleh tubuh. Pada tubuh yang gemuk kandungan lemak  akan dikeluarkan akibat pembakaran energi akibtnya dapat mengurangi berat badan berlebih pada tubuh. Lemak akan cepat teroksidasi sehingga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Mencegah Penyakit
Sebuah penelitian dari Tohoku University Graduate School of medicine terhadap 40 ribu orang Jepang membuktikan bahwa minum teh dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit Jantung hingga 26% dan penyakit stroke hingga 16 %. Senyawa aktif yang terkandung di dalam teh juga mengatasi berbagai jenis penyakit seperti kanker.

Mengatasi gangguan pencernaan
Teh dipercaya dapat meredakan gangguan pencernaan secara alami. Bila Anda diare disarankan  mengkonsumsi teh tanpa pemanis. Teh dapat meredakan diare dan mengihilangkan rasa mual.

Nah, karena banyak sekali bukan manfaat yang dimiliki oleh teh, sebaiknya konsumsilah teh secara teratur, namun jangan berlebihan karena teh juga mengandung kafein. Kafein jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan terpacunya jantung secara berlebihan.

Memilih teh yang baik untuk kesehatan juga penting agar manfaat teh dapat langsung di rasakan. Hindari meminum teh yang tidak terjamin proses pengolahannya. Seperti kandungan yang dimiliki oleh teh Sariwangi.
Teh ini biasa menemani hari-hari kami sekeluarga. Kandungan Teh Sariwangi sangat baik utnuk kesehatan karena karena pengolahannya diawasi oleh para ahli.

Yuk, minum teh di pagi hari agar mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita.

14 comments:

  1. Tadi pagi uda minum teh anget mb wit, perut jd enak

    Klo sisa cem cemannya biasanya kupakai buat masker

    ReplyDelete
  2. Iya setuju mbak, teh pait itu membantu membersihkan plak. Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. memang teh abnyak manfaatnya ya terutama green tea ya

    ReplyDelete
  4. Baru tau ya mbak, kalo teh itu bisa menyehatkan gigi juga, ihihhhh info baik lah buat penyuka teh seperti saya, salam kenal #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  5. ternyata teh juga memiliki manfaat di dunia kesehatan dan kecantikan ya, saya mau ngosumsi teh lah, biar sehat.

    ReplyDelete
  6. bisa buat diet mbak hehehehehe
    salam kenal mbak

    ReplyDelete
  7. Saya lebih suka ngeteh ketimbang ngopi. Tp jg tdk sering...

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.