Cara Merawat AC agar Tetap Sejuk - Yurmawita's Blog Cara Merawat AC agar Tetap Sejuk | Yurmawita's Blog
Friday, August 25, 2017

Cara Merawat AC agar Tetap Sejuk




Meningkatnya suhu bumi akibat pemanasan global mengakibatkan udara cukup gerah, apalagi kita yang tinggal di perumahan padat penduduk. Ketika malam tiba, suhu bukannya menurun justru meningkat seiring dengan penghuni rumah yang kembali beraktivitas. 

Di perumahan biasanya jarang ada pohon rindang yang dapat membuat udara sejuk. Jangankan pohon-pohon rindang penetral udara kotor dan sirkulasi oksigen yang baik, tanaman bunga dan perdu saja hanya satu dan dua pohon itupun jika pemilik rumah termasuk orang yang rajin. Namun jika malas seperti aku (hihi..) yang menyiram tanaman saja kalau sempat seminggu sekali jangan ditiru ya!). Sungguh terlalu!

Ketika malam tiba, gerah, panas dan pengap mulai menjadi hantu. Kalau begini mau tidak mau deh kalau tidur mesti ada pendingin ruangan agar tidur dapat senyaman mungkin. Namun masalahnya lain lagi nih. 

Kamar yang biasa digunakan penghuni keluargaku untuk tidur ada dua. Jadi mesti mikir jika harus memasang pendingin udara. Kalau di kamar utama dipasang pendingin udara bagaimana dengan anak-anak, kalau hanya dipasang pada kamar anak-anak yah sama saja aku dan suami tidak bisa tidur, nah kalau dipasang dua-duanya waduh, kayaknya bakal bengkak deh tagihan listrik haha.

Akhirnya, setelah melewati pertimbangan dan pemikiran nih, akhirnya cuma pasang satu aja dulu di kamar utama. Di kamar anak-anak, belum dipasang pelapon jadi tidak terlalu pengap dan panas, masih banyak lubang udara yang dapat masuk sehingga udara tidak terlalu panas.

Sudah dua tahun nih ternyata, 

Akhir-akhir ini AC kok tidak dingin lagi. Ternyata masalahnya ada pada perawatan AC yang kurang diperhatikan. Aku akui kami hanya bisa menggunakan tanpa mengerti cara merawat AC yang benar sehingga dapat awet. 

Untunglah ada teman menyarankan untuk berkonsultasi kepada ahlinya yaitu Central Elektro di Central Elektronik selain melayani servis AC ternyata juga bisa dijadikan tempat berkonsultasi.

Menurut cerita petugas service AC bahwa ada cara agar AC tetap awet dan sejuk setidaknya tidak mudah rusak. Caranya:

Menyesuaikan ruangan dengan kapasitas AC

Ruangan yang terlalu besar sebaiknya tidak menggunakan AC dengan kapasistas kecil, akibatnya ruangan menjadi tidak sejuk, sia-sia kan!

Memasang Timer

Timer berfungsi untuk menjaga agar penggunaan AC tidak melebihi lama mesin AC bekerja. Mesin akan bekerja maksimal selama 5 jam setelah itu mesin membutuhkan waktu beristirahat untuk proses pendinginan. Jika kita tidak memasang Timer kemungkinan lama kerja mesin tidak bisa dibatasi sehingga mesin akan mengalami kerusakan.

Membersihkan AC

Mesin AC memiliki bagian-bagian tertentu yang vital, ada bagian yang berhubungan langsung dengan udara luar, penyaring dan pendingin. Karena setiap saat mesin AC berhubungan dengan udara luar yang kotor maka perlu dibersihkan dalam merawat mesin agar tetap mengeluarkan udara bersih.

Mengecek Freon secara berkala

Freon AC perlu di cek apakah masih berfungsi atau tidak, jika freon mengalami kebocoran maka udara yang dihasilkan tidak sejuk lagi.

Nah, untuk urusan perawatan AC serahkan sepenuhnya kepada Central Elektro ahlinya peralatan elektronik.

Central Elektro

Central Elektro berdiri pada tanggal 1 April 2015 di Bengkulu. Berawal dengan membuka Bengkel Service AC dan alat elektronik rumah tangga.  Lokasi Central Elektro terletak di pusat Kota Bengkulu yaitu di Jalan Mangga No 37.

Pada awal berdiri Central Elektro memiliki  2 orang karyawan, Kemudian setelah berjalan 3 bulan, menambah 2 unit armada mobil dan 4 orang Karyawan

Mulai pada awal 2016, melakukan kerjasama  dengan pabrikan AC Merk TCL sebagai dealer resmi di Bengkulu. Selanjutnya pada pertengahan 2016 memiliki kantor baru di Jl.Pangeran Natadirja No.37 kalau dari Bandara Fatmawati letaknya cukup strategis, persis di jalan utama.

Central Elektro melayani : 
  • Penjualan AC
  • Retail 
  • Pengadaan kantor swasta, hotel, kampus dll 
  • Pengadaan pemerintah
Sedangkan untuk Service dan perawatan AC Central Elektro menawarkan beberapa kontrak perawatan antara lain:

Kontrak Perawatan

Central Elektro memiliki beberapa penawaran terkait dengan kontrak perawatan dan tergantung juga kapasitas AC yang digunakan. Misalnya untuk AC dengan kapasitas 0.5 PK s.d 1 PK yang masa pakai sekitar 1 s.d 5 tahun biaya kontrak 490.000/unit/tahun. Semakin besar kapasitas AC maka semakin besar pula dana perawatan.





Service rutin

Service rutin dapat merawat AC agar tetap berjalan seperti fungsinya. Biasanya saat di service segala masalah AC dapat diatasi sedini mungkin. Misalnya freon yang sudah saatnya di ganti, kebocoran, hingga masalah terkait dengan kebersihan AC.






Selain itu, Central Elektro juga melayani Kontrak service, Penjualan spare part AC, Rental AC untuk & Kipas Blower. Pokoknya kalau urusan barang-barang elektronik central Elektronik tempatnya.

PRODUK AC

Di Central Elektro tersedia berbagai produk yang dapat Anda pilih seperti
  • DAIKIN yang memiliki keistimewaan dan motto yaitu ‘’AC Kelas Dunia’’
  • PANASONIC dengan keunggulan‘’AC  Hemat Energy’’
  • AUX dengan keunggulan “Garansi Lima Tahun”
Nah, berhubung suami juga sedang mencari tempat service AC jadi deh kita ke Central Elektro untuk konsultasi tentang AC di rumah. Jadi urusan cervice AC serahkan semua pada Central Elektro. Dijamin AC akan menjadi dingin dan sejuk kembali. Istirahatpun menjadi nyaman.

33 comments:

  1. Terima kasih tips dan informasinya..

    ReplyDelete
  2. Tipsnya kece nih, makasih ya jadi ga tahu mau service AC

    ReplyDelete
  3. Memang butuh perawatan ekstra sih mba kalo kepengin AC nya tetap sejuk.

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat nih meskipun blm punya ac hehe kunjungan balik ke kh-nizam dot com ya

    ReplyDelete
  5. Aku juga selalu service AC secara berkala mba agar tetap dingin. Hehehhe

    ReplyDelete
  6. bisa gak delivery ke Palembang nyucinya? *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mesti hubungi CS nya langsung deh hehe

      Delete
  7. AC bersih, udara sejuk, badan sehat. Nuhun pisan infonya.

    ReplyDelete
  8. Mksh bnget mbk yurma informasinya

    ReplyDelete
  9. Wiih, asik jg ya pake sistem kontrak, jd kitanya gk kuatir lupa panggil teknisi kalo udh wltunya service dan cleaning

    ReplyDelete
  10. Kalau kamarnya dempetan enak mbak? Opo ya bahasa Indonesianya "dempetan" hahahaha.
    Dulu temenku gtu, tembok pembatas kamar dilubangi dikit jd AC-nya sharing hehe
    Btw thx tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mesti tombak dulu deh, tapi masalahnya kamar anak anak bersebrangan deh

      Delete
  11. makaasih tipsnay, rutin ya dibersihkan

    ReplyDelete
  12. AC ternyata harus diservice rutin ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dong sama seperti manusia harus juga mandi haha

      Delete
  13. emang kadang ngrasa ac sedikit gak sejuk, makasi ya mbak infonya jadi tau gmna ngerawat buat ttp cool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enggak sejuk lagi kemungkinan AC nya kotor nah bersih deh

      Delete
  14. berguna banget mba tips nya, jadi bisa tau perawatan apa aja yg kita perlu lakukan sebelum memasang AC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul perawatan juga memperpanjang usia barang elektronik

      Delete
  15. Senang ih ada kontrak perawatannya. Aku suka lupa terus buat servis ac, abis ac-nya juga jarang banget dinyalaian. Padahal kan tetap saja harus perawatan rutin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti rusaknya tiba tiba kalau begitu, kami juga pernah kek gitu gak diidupin ternyata karatan

      Delete
  16. Wahhh noted nih mbak, jadi bisa berguna kalo dah ada AC Di rumah saya,


    O iya, salken ya dari #DuniaFaisol

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.