10 Bahan Pembuat Tas Wanita

10 Bahan  Pembuat Tas Wanita



Hampir seluruh wanita menyukai tas, karena fungsinya yang majemuk. Tas dapat menjadi salah satu penunjang penampilan, tas juga dapat menjati tempat membawa barang-barang penting keperluan wanita, seperti kosmetik, dompet, handpone, dsb. Keberadaaan tas bukan hanya sebagai tempat membawa barang keperluan pribadi saja, namun tas juga dapat menjadi salah satu simbol status seseorang. 

Lihat saja sebuah situs mengungkap kekayaan seseorang selebritis hanya dari tas yang mereka bawa. Sejalan pula dengan gaya hidup kalangan menengah keatas, memiliki tas yang mahal merupakan salah satu gaya hidup mereka.

Sebenarnya apa saja sih yang membuat sebuah tas memiliki harga yang menjulang tinggi? Bahkan harga satu tas bisa menyamakan harga kendaraan roda empat. Fantastiss!

Harga sebuah tas dapat menjadi mahal tergantung dari beberapa hal yaitu:

Bahan

Bahan tas dapt mempengaruhi harga yang ditawarkan ke pasaran. Semakin bagus bahan yang dipergunakan untuk membuat tas maka semakin tinggi pula harga jualnya. Bahan tas yang berasal dari kulit saat ini cukup banyak digemari oleh semua orang. Kulit yang dipergunakan untuk membuat sebuah tas yaitu berasal dari kulit hewan seperti ular, buaya, dll. Bahan kulit dapat saja di sintesis sehingga menghasilkan bahan tas tiruan yang dterjangkau oleh berbagai kalangan. 

Tingkat kesulitan

Semakin rumit pengerjaan sebuah tas maka nilainya juga semakin tinggi. Bisa juga tingkat keuslitan dalam hal model, cara mengerjakannya hingga menjadi sebuah tas yang layak dilempar ke pasaran.

Brand

Untuk brand-brand yang telah memiliki nama, dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat atau konsumen tentu harga tas akan semakin mahal, Tentu sebanding pula dengan usaha yang dilakukan oleh brand-brand tersebut sehingga mendapat tempat di hati pelanggan. Saat ini brand-brand seperti gucci, hermes, memiliki penggemar yang berasal dari kalangan menengah ke atas oleh sebab itu harga tas yang dikeluarkan oleh brand-brand tersebut sangat tinggi dan menjadi incaran peminatnya.

Sejarahnya

Harga tas dapat menjadi tinggi karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Misalnya tas yang pernah digunakan oleh seorang artis dunia dan digunakan dalam perayaan berejarah akan menjadi sangat tinggi nilainya di masyarakat.

Aksesorisnya

Selain memiliki bahan yang berkualitas, tas juga dapat dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang akan menambah nilai jual tersebut di masayarakat, 

Bahan-bahan tas yang beredar di pasaran saat ini antara lain:

Kulit asli/leather

Leather terbuat dari kulit hewan. Hewan yang biasa diambil kulitnya untuk bahan pembuatan tas adalah domba, sapi, ular dan buaya. Kelebihan berbahan kulit adalah tahan air, lentur dan awet. Namun karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama dan tingakt kesulitan yang tinggi maka bahan kulit asli ini lebih tinggi harga jualnya di pasaran. Merek tas Luis Vuitton, Hermes, Balenciaga adalah merek tas terkenal yang menggunakan kulit asli sebagai bahan utama pembuatan prosuk mereka. Oleh karena itu tidak mengherankan jika harga yang ditawarkan oleh brand tersebut sungguh fantastis hingga puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. 

Kulit sintesis

Kulit sintesis biasa digunakan sebagai bahan tas maupun sepatu. Kulit sintesis kalau dilihat sepintas mirip dengan kulit asli namun karena buatan pabrik, kulit sintesis menjadi lebih murah sehingga produk tas dapat terjangkau untuk golongan masarakat ekonomi lemah. Secara kualitas bahan kulit sintesis juga tahan air, dan mudah dibentuk, modelnya pun bahkan mirip seperti kulit asli sehingga bahan kulit sintesis menjadi pilihan untuk tas kualitas nomor dua pada industri tas.


Suede

Suede adalah bahan yang terbuat dari kulit balik. Lebih banyak digunakan untuk bagian dalam tas karena bentuknya yang halus dan lembut. 

Polyester

Polyester digunakan untuk membuat tas ransel, tas laptop keunggulannya tahan terhadap bakteri, tidak melar dan tidak mudah kusut, harganya terjangkau. Polyester banyak digunakan dalam pembuatan tas dengan kualitas yang tidak kalah baik dibanding dengan kulit asli, oleh sebab itu polyester sering digunakan para pengrajin tas untuk menduplikasi model-model tas yang berbahan kulit asli yang tergolong memiliki harga tinggi sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat. 

Kanvas

Bahan kanvas selain digunakan sebagai bahandasar untuk melukis juga dapat digunakan pada pembuatan tas. Misalnya tas gunung, tas jinjing, dll.  Kelebihannya anti air, ringan dan cepat kering. 

Satin

Digunakan untuk bagian tertentu pada tas yang dapat diaplikasikan dengan manik manik dan aksesoris lainnya. Keunggulan bahan satin adalah ringan, mudah dibentuk

Denim

Bahan Denim biasa digunakan untuk pembuatan celana atau jaket, namun tidak menutup kemungkinan sebagai bahan pembuat tas. Keunggulan bahan denim dalam pembuatan tas adalah seratnya yang kasar sehingga terkesan kuat dan kokoh. 

Benang Nilon

Benang nilon digunakan untuk membuat tas rajutan. Saat ini tas rajut sangat digemari kalangan wanita, Berbagai model tas rajutan sangat popular di masyarakat. Bentuknya pun beragam ada model tas resmi, casual maupun tas harian.

Benang katun

Benang katun digunakan untuk membuat tas rajutan. Saat ini tas rajutan sedang digandrungi oleh para peminatnya. Banyak sekali toko kerajinan tas rajutan baik online maupun offline yang menawarkan tas rajutan. Keuntungannya antara lain, model tas rajutan yang bervariasi, ringan dan fasionable. 

Kulit kayu

Tas berbahan dasar kulit kayu bnayak dijadikan kerajinan khas suatu daerah. Misalnya kerajinan tas kulit latung di Bengkulu memiliki kekhasan 

30 comments

  1. Ternyata macamnya banyak, ya? Aku baru tahu ini. Sebelumnya mah asal pakai saja. :'D

    ReplyDelete
  2. Faboritku tas kanvas yang polos, soalnya bisa dilukis. :D

    ReplyDelete
  3. Jd tahu nih bhn2 bwt bikin tas, makaish sharingnya ya mbk

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya bahan-bahan pembuat tas, aku ada beberapa tas menggunakan bahan benang katun dan nilon, yang dari polyester juga ada. Bener sich, selain berfungsi sebagai tempat untuk membawa barang juga untuk penampilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tas kadang menunjukkan ekslusifisme golongan tertentu

      Delete
  5. Ternyata banyak jg bahan buat tas. Paling yg ku tahu cuma dr bahan kulit

    ReplyDelete
  6. Tas sekarang beragam model dan juga bahannya ya. Aku suka asal beli aja liat modelnya cocok nggak, selama ini kurang memperhatikan bahan tas nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Model juga penting bisa menaikkan harga sebuah tas

      Delete
  7. Sekarang banyak bahan pembuat tas dari sampah. Kantong bekas kopi itu contohnya :)

    ReplyDelete
  8. Wah ada yg dr kulit kayu juga yaa

    ReplyDelete
  9. Saya suka kulit, tapi biasanya identik dengan mahal ya, jadinya pilih pakai kulit sintetis hehe. Kalau kanvas emang suka banget tu nyaman dipake ke pasar :D

    ReplyDelete
  10. Eh, aku jd penasaran sm yg bahan kuliy kayu, kira2 kayak apa ya. Pasti etnik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya etnik. tas dari bengkulu banyak yang berbahan kulit kayu

      Delete
  11. Saya pernah punya tas dengan bahan kulit asli, aduh, buat saya yg gk telaten, rasanya susah ngerawatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang rada susah ngerawatnya deh, enggak boleh kena air

      Delete
  12. lagi mikirin bedanya rajutan dengan benang katun dan benang nilon sperti apa ? kalau ada gambarnya pasti lebih jelas nih mbak..

    ReplyDelete
  13. Aku produksi tas kulit lho, ada IGnya: mymadrim *promosi.
    Btw aku pernah juga buat dompet bahan kulit kayu, kuat juga tuh

    ReplyDelete
  14. wahhh kebetulan banget, pas lagi mau nyari artikel tentang ini. Pengen bikin tas buat anak. Makasih mba artikelnya

    ReplyDelete
  15. Nice info mba, makasih artikelnya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.