Tips Menghindari Penipuan COD bagi Seller Tokopedia

Konten [Tampil]

Menjadi seller saat ini bukan hanya membutuhkan modal yang besar namun beberapa hal penting diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk menjadi Seller di marketplace Tokopedia.Seller atau kita kenal sebagai penjual akan menampilkan gambar produk baik berupa video atau gambar serta dilengkapi dengan deskripsi untuk menggambarkan detil produk. Untuk itu sebagai seller perlu memahami pentingnya hal dibawah ini.

COD Tokopedia


Tips Menghindari Penipuan COD bagi Seller Tokopedia

Untuk menghindari penipuan COD bagi seller Tokopedia maka beberapa hal yang wajib diperhatikan antara lain:

Tampilkan gambar produk yang jelas

Cash On Delivery

Gambar produk merupakan senjata utama dari seller di sebuah marketplace. Customer akan tertarik saat pertama kali tentu ketika melihat gambar yang ditampilkan pada sebuah situs begitu juga marketplace Tokopedia. Anda wajib memasang gambar produk dengan kualitas baik.

Video cara penggunaan Produk

Banyak customer akan jatuh hati pada sebuah produk setelah melihat bagaimana cara menggunakan produk tersebut. Buatlah video produk yang memperlihatkan detil produk. Termasuk bahan pembuat, kegunaan, kelebihan produk dengan resolusi yang baik. Video juga dilengkapi dengan suara yang baik dan pencahayaan yang oke. Jika ingin tampilan video terlihat profesional baiknya menggunakan jasa editor yang telah berpengalaman.

Deskripsi yang jelas

Penting sekali mencantumkan deskripsi yang jelas untuk melengkapi produk. Customer akan melihat deskripsi sebuah produk terkait dengan bahan yang digunakan, warna, bentuk, dimensi, dan ukuran. Tuliskan sedetail mungkin keterangan terkait produk tersebut.

Harga Bersaing

COD

Label harga sebuah produk akan mempengaruhi tingkat penjualan. Jangan sekali kali melakukan manipulasi harga yang dapat merugikan customer. Customer akan dengan mudah membandingkan harga suatu produk di beberapa toko. Apabila kita mampu memberikan harga yang tepat dengan kualitas yang baik tentu akan banyak disukai customer.

Pengemasan yang Baik

Sebuah produk akan terlihat lebih memiliki value jika dikemas dengan baik. Misalnya dua buah produk memiliki bahan yang sama dengan motif yang serupa akan berbeda harganya jika dikemas dengan baik. Kemasan premium akan disasar oleh golongan menengah ke atas dengan pertimbangan lebih memiliki value.

Marketing yang tepat sasaran 

Untuk menghindari penipuan seller maka penting sekali mengelola marketing yang profesional. Misalnya sebuah produk fashion mulailah dengan membangun sebuah brand produk sehingga mendapatkan kepercayaan customer bisa dengan teknik marketing yang profesional. Misalnya brand busana muslim secara tidak langsung dapat menggunakan teknik marketing dikenakan oleh ibu muda dengan aktifitas yang tidak jauh dari pekerjaan ibu-ibu. Aktivitas seperti menyiapkan sarapan, mengantar jemput anak denganenggunakan brand fashion tertentu akan lebih diterima oleh customer ketimbang mesti di promosikan lewat acara acara formal di atas panggung.

Menampilkan pilihan Pembayaran

Setelah beberapa hal diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya yang jangan sampai terlupakan adalah membuat pilihan opsi pembayaran COD Tokopedia 

Apa itu Cash On Delivery 

Cash On Delivery merupakan sistem pembayaran yang akan diterima seller setelah barang sampai ke tangan customer. Memang banyak resiko produk jika menerapkan opsi ini namun jika kita sudah melengkapi hal diatas maka diharapkan akan timbul kepercayaan customer sehingga meminimalisir penipuan seller yang berdampak merugikan.

Dengan menerapkan sistem COD artinya kita akan memperluas jangkauan produk untuk dibeli oleh customer yang menerima langsung produk kita. Customer selanjutnya akan melakukan pembayaran apabila produk sesuai dengan apa yang kita promosikan.

Kelebihan sistem COD

  • Produk akan dilihat langsung customer sehingga pihak customer akan memutuskan membeli jika produk tersebut sesuai dengan promosi yang dilihatnya.
  • Memberi kesempatan customer mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum tiba ke tangan customer
  • Bagi customer yang buta teknologi apalagi tidak memiliki akun bank, mobile banking atau saldo uang digital maka pilihan COD adalah yang paling tepat

Nah, bagaimana sahabat semua sudah siapkah menjadi seller yang dapat terhindar dari penipuan COD? Yuk mulai berbisnis!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.