Cara Membuat Abon Ayam Gurih Simpel

Konten [Tampil]
Ramadhan tiba 
Ramadhan tiba, 

Alhamdulillah tahun ini kita berjumpa kembali dengan Ramadhan, semoga kita diberi kesehatan sampai Idul Fitri nanti.
Memasuki Ramadhan mak mak sudah banyak planing nih buat eksekusi menu sahur dan berbuka di bulan Ramadhan nanti. Seperti postingan kali ini yang akan menampilkan salah salah satu menu Ramadhan yang disukai anak-anak yaitu Abon.

Cara Membuat Abon



Abon

Abon adalah menu masakan yang terbuat dari daging sapi, daging ayam atau ikan. Jika terbuat dari daging sapi dikenal dengan abon sapi, jika bahan utama adalah ayam maka dinamakan abon ayam, sedangkan jika terbuat dari ikan dinamakan abon ikan.

Abon dikenal sebagai makanan untuk toping nasi putih, roti, maupun isian camilan dan kue. Bisa juga untuk MP ASI karena tekstur abon yang tenyah dan lembut disukai oleh anak anak.

Abon bisa awet berbulan-bulan jika disimpan dengan baik. Sehingga pas untuk makanan di perjalanan seperti umroh, haji atau saat traveling. 

Saat ini abon dijadikan salah satu panganan untuk oleh-oleh karrna dapat dikemas praktis dengan kemasan yang ekonomis.

Resep Abon


Bahan-bahan


1000 gram daging sapi/daging ayam/daging ikan 
Bawang putih 10 siung
Kunyit 3 ruas jari
Lengkuas 2 jari
Jinten 1 sdm
Air kaldu 200 ml
Garam 
Gula merah 200 gr
Sereh 2 batang
Daun salam 5 lembar
Daun jeruk buang tengahnya 5 lembar
Minyak untuk menumis

Cara membuat


Haluskan bawang putih, kunyit, lengkuas, jinten sisihkan.
Masak 2 liter air hingga mendidih lalu rebus daging hingga empuk. Angkat dan suir-suir. Pisahkan dengan tulang dan kulit. Giling/blender sebentar hingga mendapat tekstur yang padat.

Panaskan minyak lalu tumis hingga harum, masukkan daging suir lalu tambahkan air kaldu, sereh, daun jeruk, salam, garam dan gula merah hingga meresap dan mengering. Jika air sudah mengering kecilkan api sambil tetap diaduk-aduk hingga mendapatkan teksture abon yang kering, renyah, gating dan berwarna coklat keemasan.

Matikan api lalu tunggu sampai wajan dingin dan abon tidak panas, masukkan ke dalam toples lalu tutup. Simpan di lemari es untuk mendapatkan keawetan yang lebih lama.

Abon bisa dipakai untuk campuran nasi hangat, isian roti, toping cake bahkan pelengkap MP ASI. 

Yuk, bunda kita buat sendiri abon ayam rumahan yang simple dan mudah.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.