Cara Mengisi Sieka Kemenag bagi Guru

Konten [Tampil]

Sistem Informasi e- Kinerja Kementerian Agama (SIEKA) telah mengalami berbagai bentuk perubahan antara lain baik dalam pengisian maupun cara untuk membuat laporan bulanan. 




Cara Pengisian Sieka untuk Guru adalah sebagai berikut:

Membuat Akun pada Sieka

Akun pada Sieka diberikan oleh Kementerian Agama lewat isian data Kepegawaian Kementerian Agama. Operator Kementrian agama akan memberikan akses kepada peserta setelah terdaftar sebagai pegawai Kementerian Agaman.

Login dengan Menggunakan Akun yang telah Di Approve

Setelah mendaftar akun pada Sieka langkah selanjutnya adalah login dengan menggunakan akun tersebut. Ingat Anda harus menyimpan data Username dan Pasword yang telah diberikan agar dapat login saat pengisian SIEKA.

Melengkapi Profil

Lengkapi Profil sebagai pegawai yang meliputi profil, data kepegawaian dan data kerja. Anda harus mengisi data yang benar. 

Mengisi Kegiatan Tahunan

Selanjutnya Mengisi Kegiatan Tahunan. Jika Anda sebagai guru kegiatan Tahunan dapat berupa:

  • Melaksanakan Tugas Sebagai walikelas
  • Merencanakan Proses Pembelajaran
  • Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran
  • Melaksanakan Proses Pembelajaran
  • Melakukan Pengembangan Diri
  • Membuat Karya Inovatif

Untuk mengisi Kegiatan Tahunan terlebih dahulu Anda mengisi Breakdown sesuai bulan mulai dari bulan Januari hingga Desember. Beberapa Kegiatan Tahunan hanya diisi di bulan-bulan tertentu seperti merencanakan proses pembelajaran hanya diisi saat bulan Januari, Februari, Juli dan Agustus saja. Sedangkan Melaksanakan Proses Pembelajaran, Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran dilakukan setiap bulan. Melaksanakan evaluasi Pembelajaran di isi pada setiap bulan. Melakukan Pengembangan diri diisi setiap melaksanakan Pengembangan diri yang meliputi seminar, pelatihan, workshop, dll yang terkait tentang kegiatan pengembangan diri. Jika Anda membuat karya inovatif seperti membuat jurnal, buku, modul diisi setelah memiliki kegiatan karya inovatif tersebut.

Membuat Breakdown

Mengisi Sieka Guru


Setelah Mengisi kegiatan Tahunan lalu lakukan membuat Breakdown dengan cara kembali ke beranda. lalu pada tiap item Kegiatan Tahunan klik Breakdown. Tambahkan Bulan sesuai dengan kegiatan yang kita lakukan. 

Misalnya pada kegiatan Tahunan Melaksanakan Proses Pembelajaran artinya kita harus membuat breakdown Bulan Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember di semester 1 dan Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni dan Juli. Untuk bulan Desember dan Juli karena tidak ada proses pembelajaran jadi tidak perlu di isi. 

Cara mengisi sieka


Isi Breakdown Bulan Januari dengan menuliskan: 

Melaksanakan Proses Belajar mengajar di Kelas XI IPA

Jika Mengajar lebih dari satu kelas Anda tinggal klik icon Tambah (+), lakukan seperti di atas dengan menuliskan:

Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Kelas XI IPS

Tidak lupa isi jam pelajaran dalam satu bulan misalnya 60 Jam Pelajaran. 

Misalnya pada kegiatan Tahunan Merencanakan Proses Pembelajaran artinya kita harus membuat breakdown Bulan Juli, Agustus di semester 1 dan Januari, Februari untuk semester 2. Untuk bulan Selain itu tidak perlu ditambahkan karena kegiatan merencanakan proses pembelajaran hanya dilakukan diawal-awal tahun pelajaran saja. 

Isi Breakdown Bulan Januari dengan menuliskan: 

Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan kelas XI IPA

Jika memiliki kegiatan lebih dari satu tinggal klik icon Tambah (+), lakukan seperti di atas dengan menuliskan:

Membuat Absen, Jurnal kelas XI IPA

Tidak lupa isi jam pelajaran dalam satu bulan misalnya 5 Dokumen.  

Misalnya pada kegiatan Tahunan Melaksanakan Evaluasi Proses Pembelajran artinya kita harus membuat breakdown Bulan Februari, maret, April, Mei dan Juni di semester 1 dan  Februari, Maret, April, Mei, Juni untuk semester 2. Untuk bulan Selain itu tidak perlu ditambahkan karena kegiatan melaksanakan evaluasi pembelajaran hanya dilakukan disaat proses pembalajaran berlangsung 

Isi Breakdown Bulan Februari dengan menuliskan: 

Membuat soal ulangan harian materi Persamaan Lingkaran

Jika memiliki kegiatan lebih dari satu tinggal klik icon Tambah (+), lakukan seperti di atas dengan menuliskan:

Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan Ulangan harian materi persamaan Lingkaran

Tidak lupa isi jam pelajaran dalam satu bulan misalnya 2 kegiatan.

Target Penyelesaian

Di taip breakdown ada Target Penyelesaian yaitu waktu yang dapat menggambarkan berapa lama kegiatan tersebut diselesaikan. 

Misalnya Kegiatan Merencanakan Proses Pembelajaran memiliki target penyelesaian 2 bulan dalam satu semester sehingga dalam satu tahun ada 4 bulan. sehingga kita harus membagi dalam 4 bulan tersebut beberapa kegiatan terkait dengan merencanakan Proses pembelajaran itu diselesaikan dalam 4 bulan berupa:

  • Membuat Buku kerja 1 target 1 dokumen
  • Membuat buku kerja 2 target 1 dokumen
  • Membuat buku kerja 3 target 1 dokumen
  • membuat buku kerja 4 target 1 dokumen

Total ada 4 dokumen dalam satu semester sehingga dalam 1 tahun terdapat 8 dokumen yang harus kita buat. 

Mengisi Kegiatan Harian

Setelah Mengisi kegiatan tahunan dan membuat Breakdown tiap bulan kegiatan selanjutnya  untuk mengisi kegiatan harian kita wajib mengisi berdasarkan tanggal di tiap bulannya. Misalnya bulan Januari sampai Desember tiap hari kerja harus mengisi kegiatan harian sesuai tanggal. Kegiatan harian akan menjadi tugas harian guru setiap hari.

Perlu diperhatikan dalam mengisi kegiatan harian wajib mengacu pada Kegiatan Tahunan. Misalnya Tanggal 1 Bulan Februari : Melakukan Keiatan Belajar Mengajar (KBM) kelas XI IPA 3 dengan materi Persamaan Lingkaran

Untuk Kegiatan Tahunan Melaksanakan Tugas Sebagai Walikelas maka kegiatan harian yang bisa diisi antara lain:

  • Memeriksa jurnal kelas
  • Membuat laporan bulanan walikelas
  • Memeriksa absen siswa
Untuk Kegiatan Tahunan Melaksakan Pembelajaran maka kegiatan harian bisa diisi antara lain:
  • KBM kelas X dengan materi Sudut IstimewaTrigonometri
  • KBM kelas XI dengan materi Jumlah dan selisih sudut Trigonometri
  • KBM kelas XII dengan materi Turunan Fungsi Trigonometri

    Untuk Kegiatan Tahunan Melaksakan Evaluasi Pembelajaran maka kegiatan harian bisa diisi antara lain:
    • Penilaian Harian materi Sudut Istimewa
    • Remedial dan Pengayaan materi Sudut IStimewa
    Untuk Kegiatan Tahunan Melaksanakan Pengembangan Diri maka kegiatan harian bisa diisi antara lain:
    • Melaksanakan Pelatihan dengan jumlah jam 32 JP
    • Melaksanakan Diklat dengan jumlah jam 108 JP

    Print Laporan Bulanan

    Dalam administrasi guru yang wajib dilaporkan setiap bulan untuk pencairan tunjangan sertifikasi guru, Laoran bulanan SIEKA wajib diprint out dan dilaporkan ke pihak kurikulum untuk disampiakan kepada bendarhara dalam rangak salah satu syarat pencairan tunjangan tiap bulan. 

    Untuk Print laporan bulanan maka lakukan cara sebagai berikut:
    • klik kegiatan Bulanan
    • Klik Laporan
    • Tulis Bulan dan tahun
    • Download laporan bulanan
    • print
    Sebelum print Laporan Buanan SIEKA periksa terlebih dahulu apakah sudah memenuhi target 100%, jika masih ada yang belum memenuhi target 100% artinya laporan belum lengkap dan harus di perbaiki.

    Cara memperbaiki Jika Laporan Bulanan SIEKA belum mencapai target 100%


    Untuk memperbaiki laporan bulanan SIEKA memenuhi 100% maka harus diperhatikan beberapa hal:

    Pastikan jumlah jam yang tertera pada laporan tahunan sesuai dengan laporan harian yang kita isi. Misalnya Pada laporan tahunan kita membuat jumlah jam 600 Jam Pelajaran pertahun maka akan dibagi selama 10 bulan KBM yang artinya 60 Jam Pelajaran/bulan, sehingga tiap minggu kita mendapatkan kewajiban mengajar sebanyak 60 JP/4 minggu sama dengan  12 JP. Jika kita mengajar 3 kelas tiap minggu maka sama saja 3 hari kita mengisi secara rutin pada kegiatan Harian Melaksanakan Proses Pembelajaran. 

    Intinya pada tiap kegiatan harus memenuhi target 100% sehingga jika kurang baik berupa dokumen, Jam pelajaran, laporan kegiatan maka harus kita tambahkan agar kegiatan tersebut memenuhi dan tercapai target 100%
      Nah, apakah sudah bisa mengisi Sieka untuk guru? Selamat mencoba!

      1 comment

      1. Aamiin semoga silaturrahiim kita tetap terjalin baik. semoga ada petunjuk cara mengerjakan bagi guru mapel misal : guru Fiqih, guru B. Arab, guru SKI, guru Aqidah Akhlak, dan lain sebagainya. terima kasih. jazakumulllahu khoiro. ( saya " Saefudin" guru MI yang dapat bagian guru mapel )

        ReplyDelete

      Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.