Cara Memasang Dasi Kantor yang Benar tanpa Ribet

[fashion]




Penampilan yang menarik adalah salah satu sumber gairah dalam bekerja. Dengan penampilan seseorang bisa tampil percaya diri dan bersemangat dalam menuntaskan pekerjaannya.

Bagi pria salah satu penunjang penampilan dengan menggunakan dasi. Pemasangan dasi yang tepat akan membuat penampilan menjadi terkesan rapi, profesional dan berkelas. Namun jika dasi dipasang tidak tepat dan tidak proporsional justru bukan penampilan yang keren yang terlihat namun kesannya menjadi tidak matching.

Fungsi dasi selain terlihat lebih rapi, juga akan menambah bobot kerah sehingga tidak jatuh dan terlihat menarik. Kerah yang terlihat kaku maka bahu terlihat lebih lebar dan kekar. 

Untuk mendapatkan hasil pemasangan dasi yang tepat, baiknya kita lihat dulu cara pemasangan dasi yang benar dan pas. Selain itu pemilihan warna pada dasi juga harus serasi dengan kemeja yang dikenakan.

Cara Memasang Dasi kantor yang benar . Beberapa cara pemasangan dasi dikemukakan oleh para penemu pemasangan dasi antara lain :

Oriental Knot

Cara pemasangan dasi dengan model Oriental knot  adalah salah satu bentuk pemasangan dasi yang mudah. Model ini banyak penggemarnya karena selain terkesan lebih rapi model oriental knot termasuk mudah cara memasangnya. 

caranya pemasangan model Oriental Knot :

Pasang dasi di leher dengan sisi yang tidak sama panjang. Sisi besar lebih panjang dari pada sisi kecil. Silangkan sisi besar pada bagian depan sisi kecil sehingga membentuk garis melintang. Lalu Ambil ujung sisi bagian yang besar masukkan ke simpul yang terdapat pada tengah-tengahnya, tarik ujung bagian yang besar rapikan. 

Onasis Knot

Model  Onasis Knot termasuk model yang sangat sederhana, cara pemasangan dasi model ini membutuhkan bantuan jarum pentul, Pertama silangkan dasi lalu lipatkan sisi kecil ke persilangan hingga 2 kali sehingga terlihat sisi besar akan menghadap ke depan. Lalu bagian simpul bagian dalam jepitkan dengan menggunakan jarum pentul sehingga terlihat lebih langsing. Sudah selesai, mudah bukan?

Nicky Knot

Model Nicky knot memang telihat menyerupai model oriental knot. Kedua model ini sangat simpel dalam memasangnya. Caranya dengan memasang dasi pada leher, lalu bagian sisi besar lebih dipanjangkan . Silangkan sisi besar lalu masukkan ke dalam simpul tarik dan rapikan. 


Balthus Knot

Model Balthus knot tergolong agak sulit namun model ini terlihat lebih rapi karena simpul yang terlihat kuat menyerupai segitiga. 

Cara pemasangan model Balthus knot adalah : 

Pasangkan dasi pada leher dengan kedua sisi yang tidak sama panjang. Ujung besar lebih panjang dari ujung kecil. Silangkan sisi besar dari bawah ke atas, lalu masukkan ke bagian persilangan. Dengan cara yang sama silangkan kembali ujung besar pada sisi dasi yang kanan masukkan ke simpul sehingga telihat dua simpul yang saling bersebrangan. Selanjutnya masukkan ujung besar pada bagian bawah lalu lipat kesamping sehingga rata. Terakhir ujung besar masukkan ke dalam simpul dari arah atas ke bawah tarik dan rapikan.  


Eldredge Knot

Model dasi ini sangat unik. Simpul segitiga yang berlapis sangat menarik dan terlihat lebih rapi. 

Cara memasang dasi model Eldredge knot yaitu: 

Pasang dasi di leher. Pastikan kerah baju di tegakkan terlebih dahulu agar dasi tidak terlipat. Ujung sisi kecil dan sisi besar di buat tidak sama panjang. Lebihkan sisi kecil. Langkah pertama silangkan dasi, lalu ujung sisi kecil masukkan ke bagian tengah persilangan, lalu masukkan ke simpul ulangi sampai dua simpul. Setelah itu akan terlihat dua persilangan simpul. Terakhir masukkan ujung sisa sisi kecil ke bagian simpul teratas sehingga sisi kecil mengarah ke atas. Sisa ujung sisi kecil masukkah ke bagian dalam atanra dasi dan kerah rapikan dasi dan kerah. 

Van Wijk knot

Model Van Wijk Knot tergolong mudah karena terlihat seperti di lilit-lilitkan saja. Namun model ini terlihat lebih menarik karena leher akan terlihat lebih panjang. 

Cara pemasangan nya adalah pasang dasi ke dalam kerah, lalu kedua ujung biarkan tidak sama panjang. Setelah itu lilitkan pada bagian simpul lainnya hingga tiga lilitan. Tapi simpul yang pertama atau lilitan yang pertama jangan di lepas. Terakhir masukkan ujung besar ke bagian simpul lilitan, tarik dan rapikan. 

Trinity Knot

Model Trinity Knot lebih mirip simpul bunga termasuk model yang banyak di sukai oleh para pria, simpul yang mirip bunga sangat unik terlihat di leher. Apalagi dipadukan dengan kerah yang berisi. Anda akan terlihat menarik dan nyaman mengenakan dasi sepanjang hari. 

Cara membuat model simpul Trinity knot adalah: 

Pasang dasi pada kerah dengan ujung bagian kecil lebih panjang dari pada ujung segitiga besar. Lipatlah sedikit dengan menggunakan ibu jari pada bagian tengah (menyentuh leher) yang besar. Silang bagian dasi sisi kecil ke bagian sisi satunya lagi, angkat ke bagian leher, masukkan ke bawah sehingga kedua sisi dasi berdampingan ambil sisi kecil lalu lipat ke arah sisi besar sehingga membentuk simpul pertama. Lalu sisa ujung sisi kecil masukkan lagi ke arah belakang dua kali. terakhir masukkan ujung sisi kecil ke bagian simpul atas. Arahkan sisa sisi kecil ke leher atas. Masukkan ke dalam kerah sehingga tidak terlihat dari luar. Rapikan. 

Demikian cara pemasangan dasi yang populer di kalangan fashion pria. Selamat mencoba.

3 comments

  1. wah banyak juga macamnya untungnya suami ga pake dasi kalau ke kantor mba hehehe jadi aku ga perlu hafalin cara2 ini :D

    ReplyDelete
  2. terakhir kali pakai dasi waktu masih pakai seraga sma, yang model nicky knot deh sepertinya..
    mbak kalo ada gambarnya lebih enak deh ini lihatnya, jadi gak perlu membayangkan seperti apa bentuknya atau googling untuk membandingkan perbedaanya. ternyata banyak banget yah model pemakaian dasi ini, baru tahu juga aq.

    ReplyDelete
  3. nice tips mbak.. walau jarang pakai dasi, namun cowok harus bisa pasang dasi sendiri.. karena kadangkala diperlukan utk acara tertentu..

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.