5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis (Citrus aurantium) sejak dahulu dipercaya sebagai salah satu bahan obat. Banyak senyawa penting yang terdapat dalam jeruk nipis bermanfaat untuk kesehatan dan kecantkan. Kandungan Vitamin C, Vitamin A, Kalium, magnesium, dan fosfor yang terdapat dalam jeruk nipis memegang peranan penting dalam mengatasi pernyakit dan pencegahannya.




Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis kita bisa lakukan dengan mengambil air yang terdapat dalam bulir-bulir jeruk nipis. Cara yang paling mudah adalah dengan memeras secara manual jeruk nipis lalu menggunakan cairan yang berasal dari perasannya secara langsung. 

Manfaat jeruk nipis asli dapat kita peroleh dari perasan buah jeruk nipis segar. Ekstrak jeruk nipis yang diperoleh dari air perasannya dipercaya dapat melarutkan lemak dan menghilangkan bakteri. Kandungan asam yang kuat dalam jeruk nipis inilah yang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. 

Manfaat jeruk nipis antara lain: 

Mengatasi Lemak

Ekstrak jeruk nipis dipercaya dapat menembus lapisan lemak dan melarutkannya sehingga lemak hilang. Kandungan asam yang tinggi inilah yang menjadikan jeruk nipis menjadi salah satu bahan utama pembuatan cairan pembersih. Jeruk nipis dapat mengikat cairan lemak sehingga larut dan tidak menempel pada peralatan yang terkena lemak.

artikel terkait : Kenali Manfaat Teh untuk kesehatan dan kecantikan

Menghilangkan bakteri

Ekstrak jeruk nipis memiliki kemampuan menghilangkan bakteri. Dari penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Digital Repository tentang Uji perasan Jeruk Nipis terhadap bakteri Dysenteriae diperoleh hasil adanya semakin tinggi konsesntrasi perasan jeruk nipis maka semakin besar daya hambat bakteri Dysenteriae. Hal ini menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat menghilangkan bakteri secara signifikan

Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu reaksi kulit terhadap penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang pada kulit. Jerawat banyak ditemukan pada kulit yang berminyak. Kulit berminyak biasanya sangat retan menyebabkan kotoran menempel pada kulit wajah. apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan maka akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan penyumbatan pori-pori. 

Untuk mengatasi jerawat bisa digunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat dan menghilangkan bekas luka akibat jerawat. 

Caranya :  Irislah jeruk nipis lalu peras airnya, basahi kapas dengan cairan jeruk nipis lalu tempelkan pada wajah. Bisa juga dengan menggosok-gosokkan irisan jeruk nipis pada wajah. 

Mengatasi noda hitam pada wajah

Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi noda hitam pada wajah. Kandungan vitamin C dapat digunakan untuk membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga membut wajah kembali cerah dan bersih. 

Mencerahkan kulit

Jeruk nippis juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya Kita bisa menjadikan jeruk nipis sebagai masker dan campuran untuk cairan penyegar saat menggunakan pembersih.


Jadi tunggu apa lagi karena banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, Mulailah untuk membeli jeruk nipis pada belanja bulanan Anda.

Meredakan flu dan batuk

Jeruk nipis dapat diminum untuk mengatasi serangan flu dan batuk. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis dapat membantu meredakan flu dan bantuk. Caranya Ambil perasan jeruk nipis lalu campurkan dengan kencur dan madu, minumkan kepada anggota keluarga yang terserang flu danbatuk.

11 comments

  1. Dari dulu udh terkenal sekali jeruk punya bnyak mnfaat

    ReplyDelete
  2. saya sering banget minum jeruk nipis hijau langsung. kalau lagi iseng sering celupin jeruk nipis di air mineral buat jadi obat.

    ReplyDelete
  3. Katanya bagus kalau buat yang lagi diet. :D

    ReplyDelete
  4. Jeruk nipis enak kalau dicampur sambel.

    ReplyDelete
  5. kalo di daerah kami, biasanya cuma jadi obat batuk aja mbak,,baru tau kalo ternyata bisa jadi obat kecantikan juga

    ReplyDelete
  6. Ibuku di rumah sering bgt pake jeruk ini utk berbagai keperluan. Emang bnyk bgt ya mbak manfaatnya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.