Wisata Mesjid di Bengkulu - Yurmawita's Blog Wisata Mesjid di Bengkulu | Yurmawita's Blog
Sunday, May 7, 2017

Wisata Mesjid di Bengkulu

Kalau lagi traveling biasanya kita butuh tempat beristirahat, Nah kalau aku mesti mencari mesjid untuk sekedar beristirahat melepas lelah. Yuk saatnya kita berwisata mesjid di Kota Bengkulu. 

Provinsi Bengkulu memiliki luas 19.789 km persegi. Awalnya, provinsi ini bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, pada 18 November 1968, wilayah ini resmi berdiri sendiri dan menjadi provinsi ke-26 Indonesia.


Provinsi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat (sebelah utara), Provinsi Lampung (sisi selatan), Provinsi Sumatera Selatan (sebelah timur) dan Samudera Indonesia  (sebelah barat).

Bengkulu cukup beruntung dianugerahi topografi alam yang unik. Ada dataran tinggi dan pegunungan di bagian timur, dan dataran rendah dengan pantai di bagian barat. Bengkulu mempunyai ragam budaya dan seni yang masih terjaga hingga saat ini, hampir semua seni dan budaya di Provinsi ini bernafaskan Islam sebagai ciri khasnya.

Tak sulit menemukan tempat-tempat religi di Bengkulu, 90 % merupakan mesjid. Bahkan hampir di setiap kelurahan Anda akan menjumpai sebuah mesjid/mushalah yang senantiasa dipergunakan warga untuk melaksanakan ibadah.

Dari sekian banyak mesjid di Kota Bengkulu yang dapat Anda temukan di Provinsi ini ada beberapa mesjid yang mempunyai nilai sejarah yakni Mesjid Jamik Kota Bengkulu, Mesjid Agung At-Takwa, Mesjid Raya Bengkulu.

Mesjid Jamik Kota Bengkulu



Mesjid ini tepat berada di pusat Kota Bengkulu, berada di persimpangan jalan menuju pusat perbelanjaan tertua Kota Bengkulu yakni Jalan Soeprapto. Mesjid Jamik mempunyai keistimewaan di hati warga Bengkulu karena di rancang khusus oleh Bapak Presiden pertama RI Soekarno saat diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938. Sehingga jika Anda berkunjung ke mesjid Jamik ini maka Anda akan membayangkan sedang melihat mesjid-mesjid yang berada di Pulau Jawa.

Bagian yang paling menonjol dari mesjid Jamik adalah atapnya yang bertingkat-tingkat. Mesjid ini tak terlalu besar hal ini dikarenakan sekeliling dari mesjid adalah akses langsung ke Jalan Raya Utama Kota Bengkulu.

Mesjid Jami sebelumnya mesjid biasa yang diperkirakan di bangun pada abad ke-18 M namun di desain ulang oleh Soekarno. Bagian dalam yang merupakan tempat shalat utama dihiasi oleh ukiran kaligrafi. Ada jam besar khas zaman dahulu di salah satu sudutnya. Oleh Pemerintah Daerah Bengkulu mesjid ini dijadikan cagar budaya yang dilindungi undang-undang. Luas keseluruhan bangunan mesjid adalah 14,65 x 14,65 m.

Bagaimana menuju Lokasi?

Untuk menuju lokasi mesjid sangat mudah terjangkau. Jika Anda berada dalam Kota Bengkulu maka Anda dapat menggunakan angkutan kota jurusan Jl. Suprapto Kota Bengkulu yang mempunyai akses ke lokasi, Tarifnya angkot hanya dengan membayar Rp 4000,-. Namun mengunjungi mesjid Jamik tak dipungut biaya sepersen pun.

Mesjid Agung At-Taqwa




Mesjid Agung At-Taqwa  adalah mesjid Agung pertama yang ada di Kota Bengkulu. Dulu mesjid ini adalah central aktivitas keislaman warga dan pemerintah sebelum dibangunnya mesjid Raya. Mesjid ini terletak tak jauh dari lokasi pengasingan rumah Bung Karno saat berada di Bengkulu.

Mesjid ini mempunyai arsitektur seperti umumnya mesjid-mesjid modern lainnya. Ada menara di kedua sisinya, dengan kubah besar berwarna putih. Bagian lainnya yang terdapat di mesjid ini adalah bangunan lainnya yang terpisah dengan bangunan utama berfungsi sebagai perkantoran, TPQ dan sarana perpustakaan. Serta dua bagunan tempat berwudlu  pria di sebelah kiri dan wanita di sebelah kanan. Mesjid ini mempunyai area parkir yang cukup luas. Sehingga jika Anda berkunjung ke mesjid ini tak perlu khawatir dengan tempat parkir.

Bagaimana menuju lokasi?

Lokasi Mesjid At-Takwa terdapat di kelurahan Anggut Atas, sekitar 200 meter dari pusat kota Bengkulu. Anda dapat menggunakan angkutan umum yang banyak terdapat di kota Bengkulu dengan tarif Rp. 4000,-

Artikel terkait : TAman Wisata dan Cagar Alam di Bengkulu

Mesjid Raya Baitul Izzah Bengkulu



Mesjid Raya Bengkulu merupakan mesjid resmi pemerintah daerah Bengkulu. Sebagai central aktivitas keislaman yang diadakan oleh pemerintah daerah setempat. Mesjid ini dibangun atas bantuan dari APBD, bahkan di sebelah Mesjid Raya telah dibangun Islamic Centke sebagai pusat seluruh kegiatan Keislaman di daerah ini Bengkulu.

Mesjid ini cukup strategis, berada di tengah-tengah jalur perkantoran yakni Jalan Pembangunan. Hanya berjarak 100 meter dari lokasi mesjid merupakan kantor Gubernur sekretariat Pemerintah Daerah Provinsi, tepat di depan mesjid terdapat gedung DPRD Provinsi Bengkulu. Serta kantor dinas-dinas lainnya yang juga tak jauh dari lokasi mesjid.

Arsitektur mesjid menyerupai bangunan mesjid modern pada umumnya. Ada menara yang berfungsi sebagai pengeras suara. Bangunan tempat wudlu yang terpeisah dengan bangunan utama, perkantoran, Bank Muamalat Harakat, BAZ(Badan Amil Zakat)  Provinsi, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TPQ(Taman Pendidikan Al-Quran), dan fasilitas lain yang mendukung pelaksanaan kegiatan. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di mesjid ini beragam, setiap malam selalu ada pengajian dengan tema berbeda setiap harinya dan diisi oleh pemateri yang berbeda pula. Mulai dari qiroat Quran, tafsir Quran, hingga materi keagamaan lainnya.

Bagaimana menuju lokasi?

Mesjid Raya terletak di Jalan Pembangunan Kelurahan Padang Harapan Kota Bengkulu. Untuk menuju lokasi mesjid Raya, Anda dapat menggunakan angkutan umum yang banyak terdapat di Kota Bengkulu hanya dengan tarif Rp4000,-.

Di sekitar mesjid banyak terdapat restoran, penginapan dengan tarif bervariasi, ATM, pusat perbelanjaan hingga warnet.

Mesjid-mesjid bersejarah lainnya di Provinsi Bengkulu antara lain:

Mesjid Baiturrahim (dibangun tahun 1910) yang terletak di Simpang Lima Kota Bengkulu. Letaknya cukup strategis berada di simpang lima dan berada di pusat kota.

Mesjid Al Muhtadin (1912) di Jl S.Parman
Mesjid lembaga Permusyawaratan (1915)
Mesjid Al Iman (1921) di Jl.Sutoyo
Mesjid Syuhada di Kel.Dusun Besar
Mesjid Al Mujahidin kel.Pasar Baru
Mesjid Baitul Hamdi Kel.Pintu Batu
Mesjid al-Manar (1905) Bengkulu Selatan

Demikianlah wisata mesjid di Bengkulu, Jika ke Bengkulu jangan lupa mampir ya ke mesjid-mesjid tersebut.

#nulisserempak Blogger Bengkulu

14 comments:

  1. Aku paling suka sama Mesjid Raya Baitul Izzah Bengkulu. Pemandangannya asri dan terlihat bsar dan megah. Kalau ada kesempatan ke Bengkulu, pengen nyoba mampir ke masjidnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesjid ini kebanggaan masyarakat bengkulu

      Delete
  2. Bengkulu memang kece ya... Moga aja masjid yg banyak nanti rame pas bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  3. wah pas nih utk jadi referensi, bentar lagi kan ramadhan, jadi biasanya banyak2 nyari masjid baik utk ikut jemaahan, sekalian istirahat siang hehehee

    ReplyDelete
  4. aku kalo lagi stress banget, tahan seharian duduk di masjid Baitul Izza sambil introspeksi dri. tenang banget rasanya...

    ReplyDelete
  5. aku klo lagi stress banget, tahan seharian berdiam diri di masjid Baitul Izza sambil introspeksi diri. rasanya adem banget....

    ReplyDelete
  6. Kangen ke Bengkuku, baca ini jadi obat rindu, Masjid Taqwa sekarang jadi besar dan megah ya.

    ReplyDelete
  7. Duuh mbak postingannya buat saya jadi kangen pulkam Bengkulu.

    ReplyDelete
  8. Dari 3 masjid besar diatas, tinggal masjid raya yang belum pernah dikunjungi

    ReplyDelete
  9. lebih suka di masjid agung sih,, lebih tenang walau dipinggir jalan.

    ReplyDelete
  10. masjid dekat rumah aku itu yang paling muantab mbak, masjid raya baitul izzah

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, saya udah mamir ke semua masjid ini mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.