Amankan Stok Minyak dan Gas, Kenali lebih dekat PGN Saka

Konten [Tampil]
Apakah kamu mengenal apa itu PGN Saka? Nah, artikel kali ini kita akan membahas tentang PGN Saka. PGN Saka merupakan singkatan dari PT Saka Energi Indonesia yang merupakan anak perusahaan hulu minyak dan gas. PT Saka Energi Indonesia ini dimiliki sepenuhnya oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).



Mengenal PGN Saka


Dalam menjalankan aktivitas perusahaan PGN Saka memiliki pipa distribusi gas alam sepanjang 5703 kilometer dan pipa transmisi gas alam sepanjang 5073 kilometer yang terletak di pulau Jawa dan Sumatera.

Area yang dikelola PGN Saga di Indonesia


Muriah PSC


Muriah PSC terletak di Semarang Jawa Tengah dengan luas area yang dikelola 2823 km persegi berstatus produksi dengan kontrak hingga tahun 2026.

Pangkah PSC


Pangkah PSC terletak di provinsi Jawa Timur mengelola area yang seluas 784 km persegi. Paskah PSC telah menandatangani kontrak pengelolaan hingga 2046

Ketapang PSC


Ketapang PSC terletak di Ketapang Pulau Madura Provinsi Jawa Timur dengan luas wilayah 885 km persegi. Ketapang PSC telah menandatangani kontrak pengelolaan hingga 2028.

West Yamdena Blok


West Yamdena Blok terletak di Maluku dengan luas wilayah pengelolaan 4925 km persegi. Kontrak hingga 2048. 


Muara Bakau PSC


Muara Bakau PSC terletak di Kalimantan Timur mengelola area seluas 2823 km persegi hingga 2026

Souch Sesulu PSC


Souch Sesulu PSC terletak di wilayah Lutein Basin yang mengelola seluas 625 km persegi serta beroperasi  hingga tahun 2039

Pekawai Block 


Terletak di Kalimantan Tengah Pekawai Block mengelola 3499 km persegi. Pekawai Block akan beroperasi hingga tahun 2048

Bangkanai PSC 


Terletak di Kalimantan Tengah Bangkanai PSC mengelola 1935 km persegi hingga tahun Desember 2035

West Bangkanai PSC


West Bangkanai PSC mengelola 5462 meter persegi akan beroperasi hingga Mei 2023.

Sangkar PSC 


Sangkar PSC mengelola area Jawa Timur seluas 8122 km persegi hingga Juni 2053

Dari keseluruhan luas area yang dikelola oleh PGN Saka hingga tahun 2022 total yang telah diproduksi oleh perusahaan telah melebihi target RKAP dengan pencapaian sebesar 109% pada area produksi Blok Pangkah dan Blok Muriah, dimana produksi Blok Pangkah mencapai 109%, sedangkan produksi Blok Muriah mencapai 101%.

Jumlah ini sangat cukup untuk kebutuhan cadangan minyak bumi dan gas untuk kebutuhan dalam negeri hingga beberapa dekade ke depan. Keberadaan PGN Saka sendiri sangat penting bagi perekonomian bangsa mengingat minyak bumi dan gas adalah sumber energi utama di negara kita sebagai penyumbang devisa terbesar. 

Sebagai perusahaan yang memproduksi minyak bumi produk yang dihasilkan oleh PGN Saka sangat penting untuk sumber bahan bakar kendaraan dan pabrik yang mengandalkan ketersediaan minyak dan gas. 

Produk PGN Saka


Tidak hanya bergerak dalam pengeboran minyak saja namun hasil produksi berupa BBM, LPG, Gas alam, LNG, serta minyak mentah menjadi produk yang siap dipasarkan di domestik maupun internasional.

Gas untuk kebutuhan rumah tangga juga merupakan hasil produksi PGN Saka begitu juga kebutuhan gas untuk industri. 

Distribusi Gas Bumi


Untuk penyaluran gas bumi PGN Saka mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3750 kilometer yang menyuplai gas bumi untuk kebutuhan gardu listrik, industri, usaha komersil, restoran, hotel dan rumah sakit serta gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga.

Kontribusi untuk Masyarakat


Secara tidak langsung PGN Saka berperan dalam memasok sumber energi bahan bakar minyak bagi kendaraan, bahan bakar gas untuk kebutuhan rumah tangga dan produksi.

Minyak dan gas adalah sumber energi utama yang dapat menjalankan roda perekonomian masyarakat apalagi dengan konversi minyak ke gas yang menyebabkan kebutuhan gas semakin meningkat.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.