Wajib Perhatikan Aki Bagi Kamu Pemilik Kendaraan Bermotor

Konten [Tampil]
Suka bingung kalau motor atau mobil mogok tidak mau hidup? Setelah dibawa ke bengkel ternyata aki kendaraan sudah soak dan wajib di ganti. Nih artikel kali ini akan membantu kalian dalam mencari aki motor yang bagus namun juga ramah di kantong.



Pentingnya Aki pada Kendaraan Bermotor


Aki adalah komponen utama dalam dunia otomotif khususnya kendaraan bermotor. Keberadaan aki ibarat bahan pangan pokok pada sebuah kendaraan.

Pentingnya keberadaan aki di sebuah kendaraan perlu diketahui mengingat harga aki yang cukup menguras kantong. Boleh saja kita search daftar harga aki motor  di internet sebelum membeli untuk melihat perbandingan harganya. 

Penyuplai listrik


Aki merupakan penyuplai listrik untuk kendaraan bermotor. Sebagai sumber daya yang juga berfungsi untuk menghidupkan kendaraan, menyalakan saklar kelistrikan, dan kipas pada kendaraan.

Sebagai penyuplai listrik aki memegang peranan penting oleh karena itu keberadaannya sangat penting di sebuah kendaraan.

Perawatan aki juga harus rutin dilakukan karena aki akan selalu dibutuhkan oleh kendaraan. 

Cas Aki


Aki yang sudah lama digunakan akan mudah Soak jika tidak dilakukan perawatan. Cas aki berfungsi untuk mengembalikan daya pada aki sehingga dapat selalu digunakan oleh kendaraan kapanpun. Semakin besar kebutuhan listrik pada kendaraan maka semakin besar pula kapasitas aki yang dibutuhkan.

Sistem Pengapian yang Membutuhkan Aki


Pada sistem pengapian kendaraan aki berperan cukup penting yakni sebagai suplai kelistrikan yang akan memulai proses pemanasan mesin sehingga kendaraan bermotor dapat hidup.

Elektroda yang dipancarkan pada sistem pengapian akan menuju Ignition coil yang keluar pada bagian platina.

Kita sebagai pemilik kendaraan bermotor sebaiknya rutin memeriksa perakian kendaraan agar tetap bisa digunakan saat dibutuhkan. Tidak asyik loh pada saat sedang traveling bersama keluarga tercinta tiba tiba kendaraan mogok tidak mau hidup? Nah, sebelum hal tersebut terjadi maka memeriksa kondisi perakian wajib dilakukan.

Memeriksa Air Aki


Secara struktur aki memiliki beberapa bagian yang sangat penting dan saling berkaitan satu sama lain. Penutup aki terdiri beberapa batang kecil yang melindungi cairan aki dari udara. Air aki merupakan komponen utama sebagai cairan elektrolit yang berfungsi untuk penghantar arus listrik dan penyimpan arus listrik agar bisa bekerja dengan baik.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.