Cara Memilih Reksadana bagi Freelance

Konten [Tampil]
Menekuni pekerjaan  freelance mesti bisa mengatur keuangan sendiri. Sebagai freelance juga wajib menyisihkan penghasilan yang didapat untuk masa depan. 



Cara Memilih Reksadana bagi Freelance


Memilih Reksadana  adalah pilihan yang tepat karena memiliki tingkat resiko rendah hingga menengah. Bagi investor pemula investasi Reksadana dapat mempercayakan kepada manajer pengelolaan Reksadana yang tepat. 

Cara memilih Reksadana yang tepat bagi Freelance maka kita mesti mengetahui jenis-jenis Reksadana yang ada di pasar investasi. 

Jenis Reksadana 


Reksadana Pasar Uang


Reksadana Pasar uang adalah investasi yang dikelola dengan dasar pasar uang. Dana nasabah akan diinvestasikan 100% ke pasar uang, diolah menjadi instrumen pasar uang seperti deposito, sertifikat Bank Indonesia atau obligasi dengan masa batas waktu satu tahun. 

Keuntungan Reksadana pasar uang adalah:

  1. Cenderung stabil, tidak fluktuatif dan tidak terguncang dengan kondisi ekonomi. 
  2. Suku bunga lebih tinggi. Kenaikan suku bunga ini diperoleh dari kenaikan nilai aset-aset di dalamnya.
  3. Dana mudah dicairkan. Ini adalah salah satu alasan logis yang disukai oleh investor pemula biasanya menginginkan kondisi dana yang bisa dicairkan sewaktu-waktu. Beda hal nya dengan deposito yang harus menunggu jatuh tempo tertentu agar dapat dicairkan.
  4. Dana awal terjangkau. Reksadana pasar uang dapat dimulai dari dana awal sebesar 100.000
  5. Bebas biaya pembelian dan penjualan
  6. Minim resiko. Reksadana pasar uang memungkinkan investor terhindar dari beban resiko yang biasa dimiliki investasi lainnya.

Reksadana pasar uang memiliki pembagian keuntungan di 6% sampai 8% pertahun. Bagi umat muslim berdasarkan aturan dari MUI Melalui fatwa No. 20/DSN-MUI/IV/2001 bahwa Reksadana pasar uang tidak bertentangan dengan syariat dan memperbolehkan bagi umat muslim untuk menjalankannya.

Reksadana Pendapatan Tetap


Reksadana Pendapatan Tetap adalah Reksadana yang menginvestasikan 80% dari asetnya ke dalam bentuk obligasi atau efek utang. Reksadana Pendapatan tetap sangat pas untuk calon investor yang konservatif dengan jangka waktu penyimpanan 3-4 tahun. 

Reksadana Saham


Reksadana saham adalah investasi berupa saham yang akan dikelola oleh manajer reksadana. Aktivitasnya adalah menjual dan membeli saham. Keuntungan Reksadana saham pemilik modal atau investor tidak harus terjun langsung ke lapangan mengawasi fluktuasi saham namun dikelola oleh manajer investasi. 

Reksadana saham hanya bisa dilakukan di perusahaan yang memiliki badan hukum dan tercatat di bursa efek Indonesia dan luar negeri. Berinvestasi dengan reksadana saham memiliki resiko yang besar namun  keuntungan yang besar pula.

Reksadana Campuran


Reksadana Campuran adalah investasi Reksadana yang memungkinkan menggabungkan jenis Reksadana pasar uang, saham dan obligasi. Bagi para investor yang agresif Reksadana Campuran sangat menguntungkan dengan tingkat resiko yang besar namun bagi investor pemula sebaiknya tidak. 

Dari berbagai jenis Reksadana yang telah disebutkan diatas Maka bagi Freelance Reksadana pasar uang termasuk yang paling aman sekaligus menguntungkan. Selain itu kita juga bisa mencairkan sewaktu-waktu dibutuhkan.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.