Ketika Masa PAUD si Adik berakhir

Si bungsu sebentar lagi akan meninggalkan masa PAUD nya, artinya dia akan memasuki usia sekolah dasar dengan konsep pembelajaran yang tentunya berbeda.


Nah, aku mau membagikan kenangan ketika dia berada di masa penuh arena bermainnya di PAUD agar ia ingat dan selalu mengenangnya bahwa kecilnya happy bersama teman-teman PAUD nya.


Usia bermain bagi seorang anak adalah kesempatan emas baginya untuk mengeksplore  apa saja yang ada dilingkungan sekitarnya, dengan bantuan guru, dan kurikulum sekolah tentunya akan menjadi lebih terkonsep dengan baik.


Masa-masa dia mengenal ada lingkungan lain selain ayah ibu dan keluarga inti. Karena di PAUD anak akan bersosialisasi dengan orang yang baru ditemuinya, ada guru, teman orang tua teman dan berbagai profesi lainnya yang tentu akan memperkaya konsep sosialnya.


Masa mulai diterapkan aturan. 

Dengan aturan anak akan terbiasa hidup teratur, hal itu berarti ia sudah siap dengan lingkungan yang lebih besar lagi. Anak yang terbiasa mengenal aturan akan memahami aturan tidak tertulis maupun tertulis di masyarakat dengan baik. Hal mendasar yang diajarkan di tingkat PAUD adalah aturan mengantri. 

Lihatlah mereka anak anak kelas A ketika mengantri berwudlu akan berusaha tertib saat menunggu giliran mereka.


Masa belajar sambil bermain

Di PAUD, anak belajar tanpa dipaksa. Jika memang anak tidak punya keinginan mau belajar maka ia diberi kebebasan bermain namun tetap diarahkan ke permainan yang menunjang pembelajaran tentunya.


Masa bebas mau masuk dan istirahat

Nah, ini yang terbantukan sekali untukku yang punya agenda kerja. Jadi PAUD bisa diibaratkan penitipan sementara sebelum sekolah beneran jadi kalau dia ada rasa tidak mood sekolah ya libur, kalau mau berangkat siang juga diantar nya juga siang deh.

6 comments

  1. Wah senangnya bisa mengabadikan masa-masa PAUD anak

    ReplyDelete
  2. Masa-masa PAUD nya terlihat sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  3. Jadi inget masa kecil dulu hehehe

    ReplyDelete
  4. Liat foto-fotonya jadi pingin jadi kecil lagi hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah bagus anak sudah diajari beribadah sejak dini

    ReplyDelete
  6. Wah adek kalau mewarnai rapi yaa

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.