Merangkai Sejarah dari Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu - Yurmawita's Blog Merangkai Sejarah dari Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu | Yurmawita's Blog
Wednesday, September 6, 2017

Merangkai Sejarah dari Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu



Soekarno tak pernah usai mengukir sejarah. Berbagai peristiwa penting dalam terbentuknya negara Kesatuan Republik Indonesia banyak peran beliau. Kali ini kita akan belajar dari apa yang beliau tinggalkan ketika diasingkan di Bengkulu

Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu awalnya adalah rumah pedagang keturunan China yang bernama Lion Bhe Seng   yang disewa Belanda untuk kediaman Soekarno

Jika Mampir ke Bengkulu sempatkan ke rumah pengasingan Soekarno. Rumah ini merupakan tempat kediaman Soekarno ketika diasingkan di Bengkulu. Ada banyak cerita sejarah yang dapat ditemukan di rumah tua Soekarno ketika diasingkan di Bengkulu yakni pada   1934 - 1938. 
Sepeda Tua

Sebuah sepeda milik Soekarno masih bisa ditemui di sini. Sepeda ontel berwarna hitam yang antik khas zaman dahulu. Sepeda itulah yang membawa Soekarno berkeliling di Bengkulu kala itu. 

Sumur tua

Sumur tua yang terletak di bagian belakang rumah Soekarno adalah sumur yang dipergunakan sejak Soekarno mendiami rumah tersebut. Pengunjung biasanya mencuci muka dan berwudu di sumur tua itu apabila berkunjung ke sana. Masayarakat sekitar menyakini sumur tersebut membawa keberkahan sehingga mereka senang mengambil manfaatnya.

Tempat tidur 

Di bagian kamar rumah Soekarno terdapat dua kamar. Masing-masing memiliki tempat tidur. Kamar utama tempat Soekarno dan ibu Inggit beristirahat terdapat tempat tidur yang agak besar. Tempat tidur tersebut terbuat dari kerangka besi hingga ke bagian atasnya. Dahulu ada kelambu yang dipergunakan untuk tidur. Pada kamar kedua ada tempat tidur yang berukuran lebih kecil dari tempat tidur utama.  Itu adalah tempat tidur adik angkat Soekarno.

Lemari Baju

Pada bagian tengah terdapat sebuah lemari kayu yang diberi kaca tempat pakaian yang dikenakan oleh Soekarno. Ada beberapa jas yang telah berwarna usang serta gaun-gaun yang dikenakan oleh Ibu Inggit. 

Meja Kerja

Pada bagian depan terdapat meja kerja Soekarno, tempat dimana Soekarno merancang dan menulis hasil pemikirannya. 

Lemari Buku

Di samping meja kerja terdapat lemari buku Soekarno. Buku-buku koleksi Soekarno dan hasil pemikirnannya di rawat dan dipelihara oleh penjaga agar tidak musnah dimakan waktu. 

Dalam perawatan benda-benda peninggalan Soekarno pihak pengelola selalu melibatkan ahli sejarah agar benda-benda yang tidak ternilai harganya tersebut dapat terawat dengan baik. 


Pada bagian belakang rumah terdapat halaman yang luas, ada kamar-kamar yang dipergunakan para pembantu untuk memasak makanan dan membantu Soekarno. Bagian belakang rumah juga terdapat teras belakang yang sering dipergunakan Soekarno untuk bersantai dan beristirahat. 

Halaman rumah Soekarno cukup luas, terlihat taman-taman bunga dirawat dengan sangat telaten oleh penjaga sehingga terlihat asri dan bersih. Pada bagian depan terdapat bendera merah putih. Plang merek Rumah pengasingan Soekarno terlihat cukup besar dan terawat sebagai tempat pengunjung berfoto dan mengabadikan momen sejarah ini. 

Pada teras Belakang rumah Soekarno Anda bisa melihat bahkan membeli beberapa produk khas Bengkulu seperti makanan, kain batik Besurek, Kerajinan Kulit Latung hingga minuman Jeruk Kalamasi  yang sengaja di jual oleh pengelola. 

Lokasi

Untuk menuju lokasi Rumah Pengasingan Soekarno Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dengan akses yang sangat mudah. Hanya berjarak kira-kira 1 km dari Simpang Lima, Jalan Soeprapto pusat Kota Bengkulu tepatnya di kelurahan Anggut Atas.  Jika Anda membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir akan tempat parkir. Disini tersedia tempat parkir kendaraan  yang cukup memadai. 

Apabila Anda dari luar kota, di sekitar lokasi Rumah Pengasingan Soekarno banyak terdapat kios oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang. Berbagai macam oleh-oleh khas Bengkulu tersedia di sini. Ada Kue Tat kue khas Bengkulu, Purut punai, Batik Besurek, Sirup jeruk kalamasi, kerajinan kulit latung, dll. 

Nah, selamat berkunjung ke Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu, Sampai jumpa pada traveling selanjutnya  yaa.

16 comments:

  1. Jadi pengen main2 ke Bengkulu hehehee

    ReplyDelete
  2. Di sini Bung Karno ketemu Bu Fat ya klo gak salah
    ah pengen ke sana

    ReplyDelete
  3. wihhh apik yo mbak sepeda ontelnya pak karno

    ReplyDelete
  4. WAHHHH pernah nih ak kesini, tempatnya keren bangettt... pengen kesini lagi rasana

    ReplyDelete
  5. wah mau lihat nih, tp jauh ya, aku suka dg museum dan selalu penasaran kalau ada yg menuliskannya

    ReplyDelete
  6. Kepengen banget ke Bengkulu, banyak pninggalanm bersejarah, selain tempat wisatanya yg oke2 ya mbak, salah satunya rmh pengasingan Soekarno ini TFS

    ReplyDelete
  7. penasaran sama peninggalan2nya soekarno, jadi pengen ke bengkulu

    ReplyDelete
  8. Bakal balik lagi kesana buat menelusuri lebih dalam tentang sejarah dan peninggalan soekarno

    ReplyDelete
  9. seru ya mbak bisa main kesini rame-rame, Semoga peninggalan sejarah ini tetap lestari dan ada revatilisasi biar makin mantap.

    ReplyDelete
  10. Barang2 tempo dulu itu unik2 ya kak. Keren..apalagi sepeda Ontel nya..

    ReplyDelete
  11. Pengen baca koleksi buku-bukunya presiden pertama kita mbak. Tapi pasti ga dibolehin ya hihihi

    ReplyDelete
  12. barang" ny masih lengkap dan terawat ya.. saluuuttt..

    ReplyDelete
  13. Bukunya itu, bikin penasaran. . Pengen deh mbacany

    ReplyDelete
  14. ooo...bagian belakang itu kamar-kamar toh, kirain apaan, berjejer gitu

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.