Kopi-Kopi Juara di Bengkulu - Yurmawita's Blog Kopi-Kopi Juara di Bengkulu | Yurmawita's Blog
Wednesday, May 31, 2017

Kopi-Kopi Juara di Bengkulu




Dalam suatu kesempatan saya selalu menyediakan kopi di rumah, meski suami bukanlah pecandu kopi yang setiap hari mesti disuguhkan kopi. Namun dalam tradisi turun temurun di lingkungan keluarga, apabila ada tamu datang ke rumah maka seduhan kopi adalah kewajiban yang harus dinikmati oleh tamu. 


Kopi adalah salah satu perantara dalam berkomunikasi, kopi juga dapat menjadi sindiran dalam mengutarakan sesuatu, dan kopi adalah tempat menggantungkan harapan dan cita. Dari berbagai keragaman mata pencaharian penduduk daerah ini maka mayoritas penduduk Bengkulu merupakan petani kopi. Hal ini pula yang menjadikan kopi adalah tempat menggantungkan harapan dan cita. Dengan kopi semua daat diatasi. Kopi dapat ditukar dengan beras, kopi dapat juga digunakan untk membangun tempat tinggal, kopi pun bisa mengantarkan anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi. 

Tentang Kopi-kopi Juara Bengkulu

Simpang siur tentang kabar kepopuleran kopi Bengkulu sebenarnya bukanlah isapan jempol belaka, sederet fakta dan informasi tentang prestasi kopi asal Bengkulu ini setidaknya mengungkap fakta bahwa kopi Bengkulu bukanlah kopi biasa. Kopi Bengkulu mendapat tempat yang khusus di hati para penggemarnya. Seperti Kopi Zittaro yang mendapatkan penghargaan sebagai juara satu kontes Kopi di Jember. Berbagai review dari para penggemar Kopi pun layak mendapat acungan jempol tentang cita rasa kopi Bengkulu

Seperti  salah satu status dari temen fb saya yang berasal dari Bandung ini misalnya. Ia mengungkapkan kenikmatan rasa kopi Bengkulu. 

Bicara kopi Bengkulu sangat berkaitan dengan berbagai hal antara lain bagaimana perilaku petani, keamanan dan pemasarannya.

Kopi Villco

Kopi Villco adalah salah satu kopi Bengkulu yang berinovasi. Ada berbagai pilihan menikmati kopi ala villco kopi misalnya kopi dingin, kopi villco yang di produksi dalam skala rumahan ini berlokasi di perumahan gedang permai kilometer 6,5. Saat ini kopi villco memiliki outlet  mobilenya di Pantai Panjang. Bagi pencinta kopi yang berkunjung ke Kota Bengkulu Anda bisa menikmati seduhan kopi Villco dan merasakan cita rasa kopi Bengkulu dengan rasa yang bervariasi. 


Sitaro Gold (sinar )

Kopi Sitaro adalah salah satu brand kopi yang berhasil membawa nama harum Bengkulu di kancah nasional. Kopi Sitaro menggandeng dinas perkebunan untuk terus melakukan penelitian tentang cita rasa yang nikmat sehingga rasa Sittaro tidak pernah berubah. Diprakarsai oleh IKM sintaru Gold, tanpa meninggalkan ciri khasnya Kopi Bengkulu, Sitaro hadir dengan banyak packaging,

Produksi sendiri diprediksimenjadi salah satu kopi terbaik menuju kongres Kopi dunia.

Sedangkan Harga per bungkusnya dibandrol 20.000 dengan rasa eksekutif.

Kopi Sittaro tumbuh di dataran tinggi Bengkulu tepatnya di daerah Lebong.  Kopi ini terus menerus melakukan pengembangan dengan cara salah satunya dengan menerjunkan berbagai peneliti yang memulai penelitiannya di tahun 2011 sampai saat ini oleh dinas perkebunan. 

Kopi Rejang 

Rejang adalah salah satu suku tertua di Indonesia. Daerah Rejang menempati berbagai wilayah di Provinsi Bengkulu antara lain di Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahyang, hingga Kabupaten Bengkulu Utara. Sebagai suku khas Bengkulu, tanah rejang salah satu daerah subur penghasil kopi Robusta. Hampir 80% masyarakat suku rejang mengandalkan kopi sebagai penyambung hidup mereka. Cita rasa khas dataran tinggi suku Rejang, Oleh anak muda kreatif Kopi dari daearh rejang dijadikan brand dan mendapat tempat di hati masyakarat.  

Kopi Trabas (Tradisional Robusta Bengkulu Asli)  

Kopi Trabas berasal dari Padang Jaya Bengkulu Utara. Kopi ini termasuk kopi yang istimewa karena asli dari daerah penghasil kopi. Petik dari kebun sendiri, ada produk yang langsung di kasih gula. Jalan lintas Unit 9, Kemasannya Merah karena kopi terbaik adalah merah. Usianya 22 th. sudah menjadi pengusaha kopi. Harganya 15 000. untuk kemasan besar. 

Konakito

Salah satu kebanggan bagi warga Bengkulu adalah kopi Konakito. Kopi Konakito berhasil masuk final dalam kompetisi kopi Gayo. Kopi konakito memiliki tempat sendiri di masyakat Bengkulu karena telah membawa nama harus provinsi Bengkulu. Anda dapat menikmati secangkir kopi Konakito di Kafe Konakito yang beralamatkan di Kampung Cina Kota Bengkulu. Produk unggulan yaitu Kopi Bengkulu. Kopi konakito akan membawa sesuatu yang sangat berharga dari komunitas kopi di Jakarta untuk ikut festival kopi dunia bulan Oktober di Korea. 

Kopi Semang

Kopi yang dimakan sama kelelawar, tupai fermentasi di bawah batang. Semang = mungut, kopi semang merupakan salah satu produk unggulan. Kafe Konakito. Harganya bersaing. Kopi semang tidak bisa diproduksi banyak karena menunggu hewan dulu. 1 kg 180.000.

Edu Coffee

Edu Coffee salah satu kopi robusta yang memiliki wangi yang khas. Wangi khas kopi robusta yang menggugah selera, tampil dalam packaging yang menarik. Dalam kemasan 100 gr memiliki komposisi 100% kopi Robusta. dalam kemasannya terdapat panduan bagaaimana caranya menikmati Edu coffee. 

Cara menikmati kopi :

Boil Water to 85 derajat Celcius (180 ml)
Didihkan air 85 derajat celsius (180 ml)

Grind The Coffee Beans (10gr)
Giling biji kopi (10 gr)

Choose Brewing Method
Pilih metode untuk menyeduh kopi

Tubruk Fine Grind (Gilingan Halus)
Coffee Maker 
Moka Pots
Drip
French Press

Gimana tertarik untuk mencoba kenikmatan kopi Bengkulu? silahkan mengunjungi Kota Bengkulu dan sekitarnya serta rasakan kenikmatan Kopi Bengkulu yang tiada tandingnya. 

14 comments:

  1. Selalu tertarik mencicip kopi nusantara. Karena biasnaya memiliki ciri khas masing-masing :)

    ReplyDelete
  2. Memang tidak dirgukn lagi, Bengkulu salah satu penghasil kopi terbaik . .

    ReplyDelete
  3. Suatu ketika saya pernah mendapat oleh-oleh kopi Rejang dari Bengkulu. Walaupun bukanlah ahli kopi, walaupun bukanlah ahli kopi dan minumnya pun tak rutin setiap hari, dalam imaji saya kopi Rejang masuk yang terbaik :)

    ReplyDelete
  4. Wow banyak banget ternyata kopi yang enak-enak dari bengkulu. Wl bukan penikmat kopi tp kl pergi keluar kota bawa oleh2 kopi buat pak suami itu kaya kewajiban. Mdh2an dalam waktu dekat bisa ke bengkulu. Makasih referensi kopinya mbak.

    ReplyDelete
  5. kopi,minuman berbagai kalangan,, :D

    ReplyDelete
  6. hwuaaa... jadi mupeng.
    Aku dah lama nih ga minum kopi. Sering nyeri lambung soalnya. Hiks... jadi lagi dikurangi nih, Mba

    ReplyDelete
  7. banyak daerah di indonesia punya kopi dan menjadi ciri khasnya krn rasanya juga beda. Kopi bali beda rasanya dg kopi lombok, kopi aceh dll

    ReplyDelete
  8. Bengkulu memang surga kopi dunia...mantap jiwa

    ReplyDelete
  9. Mbak, saya baru tau kalau bengkulu juga punya kopi khas. Yang saya pernah icip tuh kopi lampung

    ReplyDelete
  10. Penasaran rasanya kopi juara ini. Kira-kira bisa dijumpai dimana saja gak ya, Mba ?
    Cocok buat nemenin malam sembari ngeblog ya..he

    ReplyDelete
  11. Aku bukan penilmat coffee mba, kecuali kaya starbucks gitu , manis.. Karena rasa kopi sangat pahit dilidah ku

    ReplyDelete
  12. Kayaknya nikmat banget ini buat pecinta kopi. Entah kenapa aku nggak dikasih suka sama kopi mbak huhu

    ReplyDelete
  13. Saya juga baru tau tentang kopi bengkulu dari rekan bisnis. tapi blm ngerasain, sample nya blm sampe :) bikin penasaran

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.