Persiapan Kehamilan 7 Bulan

"Dedek nya udah besar ya, Bun?"

"Udah boleh dong punya dedek lagi!"

Sering gak ya diberondong pertanyaan seperti itu, Apalagi kalau momongannya baru satu, atau dua. Sebagai ibu kita boleh-boleh saja menanggapi dengan santai berbagai anjuran orang-orang disekitar kita, namun semua saran dan anjuran tersebut bukan berarti harus kita lakukan lho... ada beberapa kondisi kita harus berfikir ulang bagaimana mengalihkan pembicaraan apabila tidak ingin disinggung-singgung masalah jumlah buah hati kita. 

kehamilan 7 bulan


So, urusan hamil, melahirkan punya anak bukan urusan mudah yang harus kita tanggapi sebelah mata, semua butuh perencanaan dan musyawarah bersama pasangan ya kaan. 

Persoalan hamil saja membutuhkan banyak perhatian dan pengetahuan yang luas dari seorang perempuan baik yang pernah hamil maupun yang belum pernah mengalaminya, Ada beberapa kondisi perempuan yang membutuhkan perhatian ekstra terhadap kehamilannya. Jadi bukan berarti kalau anak pertama sudah besar dan sudah 'layak' mendapatkan adik harus dipatuhi dengan memberinya adik kan, Bun. 

Jadi ada kondisi tertentu seorang ibu yang mesti menjadi rambu-rambu untuk mengambil keputusan punya adik atau tidak, lho.. misalnya kondisi kehamilan anak pertama yang sulit, kesehatan ibu dan bayi yang terganggu maupun kondisi ekonomi yang belum menunjang untuk siap dengan kehadiran keluarga baru. 

Apabila mengalami kondisi tersebut sabar ya, Bunda.. tidak perlu berkecil hati dengan anjuran dan perkataaan orang-orang disekitar kita tentang Adi baru itu, lebih baik kita konsentrasi dengan terciptanya keadaan aman sekeliling kita terlebih dahulu dari pada terburu-buru. 

Banyaknya anjuran dari orang-orang sekitar seringkali menjadi ketakutan-ketakutan dan rasa was-was bagi calon ibu, seringkali tekanan-tekanan tersebut sangat besar dan menyebabkan terguncangnya emosional si calon ibu, dampaknya bisa fatal lho bagi ibu hamil yang mengalami goncangan dan tekanan dapat berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Oleh karena itu sebaiknya si calon ibu perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan seputar kehamilan. 

Nah, ada beberapa mitos Seputar Kehamilan yang perlu menjadi perhatian calon ibu lho agar merasa nyaman dan tidak dipenuhi rasa was-was. 

7 Bulan hamil tua

Mitos yang beredar di masyarakat ketika kehamilan memasuki usia 7 bulan maka calon ibu harus bersiap-siap bisa saja bayi lahir tiba-tiba. Ibu, kondisi kehamilan usia 7 bulan bagi kehamilan yang sehat dan tidak mengalami masalah sebetulnya 

7 bulan berbelanja kebutuhan si kecil

Berbelanja kebutuhan si kecil tidak harus menunggu kehamilan membesar. Semakin besar kehamilan ibu semakin susah bergerak karena berat badan yang semakin bertambah, Jadi kalau mau berbelanja perlengkapan bayi sebaiknya mulai dari jauh-jauh hari ketika masih bisa bergerak dengan leluasa. 

Menjaga kesehatan

Semakin besar usia kehamilan maka semakin banyak kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Nutrisi yang dibutuhkan bukan hanya untuk janin namun penting sekali untuk ibu. Kandungan yang besar dan berat tentu akan menghabiskan energi yang besar pula. selain itu rahim yang membesar akan menyebabkan tulang panggul semakin menekan. 

Akibatnya, keluhan lainnya yang biasa dialami oleh ibu hamil adalah susah buang air besar. Untuk itu ibu dengan kehamilan besar perlu mengkonsumsi makanan berserat lebih banyak. Makanan berserat dapat membantu mengeluarkan feses lebih mudah sehingga terhindar dari wasir dan susah buang air besar. 

Menjaga Kebugaran tubuh

Ibu dengan kehamilan besar biasanya akan semakin merasakan beban berat  di bagian perut, sehingga pergerakan akan semakin lambat. Rasa lelah berkepanjangan, cepat capek, mengantuk dan malas biasa menemani kondisi ibu-ibu dengan kehamilan besar. Kondisi ini akan buruk dampaknya apabila terus dilakukan, ibu yang malas bergerak berpengaruh pada pergerakan bayi yang dikandungnya. Untuk mengantisipasinya sebaiknya ibu hamil dengan kehamilan besar tetap harus menjaga kebugaran tubuh. 

Yoga baik sekali dilakukan ibu hamil untuk merelaksasi otot dan mengurangi lelah dan mengantuk. Selain itu bangun pagi lebih awal dapat menjadikan tubuh lebih banyak menghirup udara segar yang sangat baik untuk tubuh. 

Semoga kehamilan Bunda sehat selalu hingga lahiran ya, Bunda...

3 comments

  1. Bermanfaat nih, siapa tahu bisa menasehati suatu saat pnya istri, hehe

    ReplyDelete
  2. Pas banget si kakak ama kakak ipar kebetulan lagi sama2 7 bulan, lah kamu kapan mbul? Hiks


    Ntar takreomendasiin ke bliau2 ah tips ini

    ReplyDelete
  3. Belum boleh beli peralatan bayi sebelum masuk 7 bulan itu sering banget ya beredar, hihi. Kata orang orang tua tuh pamali. Kalau saya pribadi sih waktu hamil nyicil aja belinya pas ada uangnya aja nggak sengaja nunggu 7 bulan ^^

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.