Cara mengurangi rasa pedas di lidah - Yurmawita's Blog Cara mengurangi rasa pedas di lidah | Yurmawita's Blog
Thursday, March 30, 2017

Cara mengurangi rasa pedas di lidah

Rasa pedas dalam masakan memang menggugah selera. Bagi sebagian orang menikmati rasa pedas ada sensasi sendiri, bahkan dalam beberapa penelitian bahwa pedas dalam sebuah masakan dapat menambah nafsu makan seseorang. 



Namun apabila rasa pedas sudah sangat mendominasi masakan sehingga lidah terasa bergetar dan terbakar   namun sayang rasanya jika berhenti makan nih, ada tips menghilangkan rasa pedas di lidah. Simak nih Cara mengurangi rasa pedas di lidah. 

Makan gorengan

Ambil gorengan sebiji lalu santaplah. Kunyahlah sebentar sampai lidah yang terasa panas dan pedas normal kembali. Kog bisa gitu? Ternyata dalam gorengan misalnya bakwan, gorengan tahu, dll biasanya ada zat tepung yang membaluri gorengan nah zat tepung tersebut dapat tercerna di lidah bercampur Saliva akan menjadi amilun yang akan menjadi rasa manis sehingga rasa pedas yang ada di lidah menjadi netral dan berkurang.


Minum air hangat

Pedas di lidah dapat dikurangi dengan meminum air hangat. Memang lidah menjadi terasa panas dengan meminum air hangat. ketika kondisi lidah panas akibat makanan yang pedas, namun suasana panas di lidah lama lama akan berkurang dengan air hangat.

Menyantap gula pasir

Ambil setengah sendok teh gula pasir lalu santaplah secara perlahan maka pedas di lidah akan berkurang. Gula akan menyerap rasa pedas yang terdapat di lidah. 

Hindari minum dingin

Biasanya kalau sedang menyantap makanan yang pedas seperti bakso pedas orang akan memesan es sebagai minuman. Namun ketahuilah bahwa minuman dingin dapat membuat rasa pedas mengendap sehingga pedas tetap ada di lidah hingga dingin berkurang. Setelah sensasi dingin berkurang rasa pedas akan kembali terasa. 

Jeruk Nipis

Potonglah jeruk nipis lalu hisaplah perlahan. Rasa pedas akan berkurang pada saat lidah bersentuhan dengan rasa asam. Apabila tidak ada jeruk nipis bisa saja diganti dengan jeruk yang tidak manis atau jeruk hambar. 

Sari buah

Sari buah juga dapat mengurangi rasa pedas, namun jangan menambahkan es batu pada jus buah karena es batu justru tidak menghilangkan sensasi pedas di lidah. Sari buah yang dapat Anda minum untuk mengurangi rasa pedas bisa diperoleh dari buah segar maupun dari sari buah kalengan. Rasa manis dan asam yang terdapat dalam sari buah dapat menetralkan rasa pedas di lidah.  

Selai 

Jenis selai dapat dimakan untuk menetralkan rasa pedas di lidah. Ambil setengah sendok teh selai lalu tempelkan di lidah sambil di kecap perlahan. Pedas yang terasa perlahan akan berkurang.



7 comments:

  1. Kalau aku pas lagi makan yang pedas-pedas, pasti pesan minuman susu soalnya susu bisa menetralisir rasa pedas dengan cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu dan olahannya juga bisa mengurangi rasa pedas di lidah

      Delete
  2. Makasih sharingnya. Selama ini kalau kepedesan langsung minum. Kalau di rumah air putih, tapi kalau makan di luar justru minuman dingin. Ternyata nggak boleh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air dingin justru memperpanjang rasa pedas di lidah deh mba hehe

      Delete
  3. Aku biasanya pake cara yg minum air panas mba.. Beeuuh sensasi lidah kebakarnya memang panas awal2, tp terbukti pedes cepet ilang.

    Eh sbnrnya ada 1 cara lg yg terbukti bisa ngurangin pedes, aku baca dari salah satu artikel di internet tp lupa penulisnya. Dia tulis, julurin lidah aja, mungkin di wastafel supaya air liur yg turun ga ngotorin tempat lain. Dijamin semakin banyak air liur yg turun, rasa pedes jg makin hilang. Aku pernah coba, tp harus mastiin g ada orang samasekali mba. Malu ya mak diliat ngejulurin lidah gitu :p wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Berarti makan gorengan dengan cabe atau dicocol sambal pedas emang udah jodohnya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Minum ssusu..katanya bisa juga ya mba

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.