Tetap Energik di Usia Cantik

Aku memiliki kakak yang pengen banget kuceritakan, bukan karena ketenarannya, kecantikannya namun seorang kakak yang begitu besar perhatiannya kepada adik-adiknya. Dia selalu menjadi sosok paling depan ketika adiknya mendapatkan masalah, dia selalu hadir ketika adiknya dalam kesulitan.


'Ayuk' bersama temen sekantornya

Kakak yang pengayom menyayangi keluarga dan selalu berkorban untuk keluarga. Aku ingat ketika itu suamiku bercerita bahwa selalu saja ada hadiah yang tak terduga darinya. Sebuah baju koko baru darinya. Baju koko itu ia beli dari honor pertama ketika menjadi pegawai kontrak di rumah sakit tempatnya bekerja, lalu ketika adik bungsu  kami menikah ia pun berkorban all out demi sang adik. Bisa dikatakan dia telah menggantikan posisi Papa yang telah terlebih dahulu mendahului kami.

Saat ini ia telah memasuki #usiacantik. Sebuah perjalanan hidup yang dilaluinya dengan segala lika-liku di dalamnya. Ia tak muda lagi, usia cantik bagi seorang perempuan ibarat pintu gerbang kedua sebuah kehidupan yang akan dilalui.

Pada usia ini wanita khususnya yang telah menikah bukan lagi masa ia bermanja dengan suami, bukan lagi masa harus memikirkan egonya sendiri. Ia telah memiliki keluarga kecil dengan berbagai anggota di dalamnya semua butuh perhatian yang sama. Ada suami yang sangat butuh perhatian tanpa boleh berkurang sedikitpun.

Sebab pada usia ini adalah masa masa sulit yang harus dilalui seorang istri. Ia akan memasuki masa menopouse yang bisa saja sebagai mimpi buruk bagi wanita. Dimana ia tidak bisa sesempurna sediakala ketika melayani suami. Kesabaran dan keikhlasan dituntut lebih ekstra darinya. Bagi suami yang mengerti mungkin masa ini akan menjadi pembuktian cinta tulus.

Usia cantik adalah ketika ia harus menjadi penyemangat orang-orang disampingnya. Penyemangat anak-anaknya yang akan memasuki masa remaja, sebagai benteng pertahanan keluarga. Ia harus tampil sesempurna mungkin.

Aku ingat sekali kala itu ia begitu perhatian terhadap adik-adiknya, menanyakan kabar si Adik satu persatu, meskipun kadang kami adik-adiknya lupa memberi kabar kepadanya.

Si Cerewet yang baik hati

Meskipun kesannya cerewet namun ia selalu berusaha menyenangkan hati kami. Apapun yang menjadi pilihan kami ia setujui, dan selalu mendukung, namun sedikit saja kami lalai maka ia akan mengeluarkan jurus omelannya.

Perhatian dan Penyayang keluarga

Ia orang pertama yang panik ketika mendengar kabar adik-adiknya atau keponakannya sakit. Bila jauh ia akan menangis di telpon dan berusaha untuk tau perkembangan tiap menit. Ia akan menjadi orang yang paling rewel ketika mengetahui salah satu dari kami sakit, segala obat yang ia ketahui diberikan kepada si sakit.

Rela berkorban

Sebagai kakak ia selalu hadir dalam kondisi kesulitan yang menimpa adiknya, pernah ia berkorban mencari pinjaman demi membantu si Adik. Walaupun resikonya hutangan itu tidak berbalas. Hehe...Ia juga yang pertama kali hadir ketika musibah menghampiri kami.

#Usiacantik

Usia cantik adalah tentang usia 35-45 tahun. Pada masa-masa dimana seorang perempuan mengalami masa masa menopouse. Suatu fase dalam diri seorang wanita dimana ia tidak lagi produktif dalam perkembangan biologis. Masa ini juga terjadi pengurangan hormon esterogen yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada ada kulit.

Gelaja paling umum yaitu kerutan, flek hitam, berhentinya siklus menstruasi, bagi wanita  masa masa itu adalah titik kritis dalam kehidupannya dimana ia tak lagi merasa sempurna menjadi wanita. Rasa serba salah dalam kehidupan berumah tangga khususnya terhadap suami adalah faktor terbesar yang mempengaruhi hidupnya.

Tentu kalau seorang wanita yang tidak memiliki iman dan proteksi diri yang tebal masa-masa ini adalah puncak emosi dimana ia dihadapkan pada realita dan angan yang berbenturan. Di satu sisi ia ingin tampil sesempurna mungkin di hadapan suaminya, namun faktanya fisiknya sudah tidak mampu lagi. Inilah kondisi perang batin terjadi dalam diri seorang wanita.

Sebaliknya apabila seorang suami yang hanya memiliki  tujuan materi dan fisik semata hal tersebut adalah alasan untuk pindah ke lain hati. Laki-laki akan mencari perhatian dan kepuasan lain di luar sana.

Apabila kondisi seperti ini tidak tertangani dengan baik maka bukan tidak mungkin akan terjadi mimpi buruk dalam rumah tangga yang telah dibinanya bertahun tahun. Untuk itu diperlukan pengertian dan perhatian dari pasangan agar pernikahan tetap langgeng.

Sekarang Ayuk telah memasuki #usiacantiknya, semakin cantik dalam sikap dan semakin dewasa dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Ia terlihat begitu sempurna dimata kami adik-adiknya. Karena sikap ikhlas dan penyayang yang melekat padanya terus menjadikannya semakin cantik dan sempurna.

Nah, ini beberapa hikmah dan teladan yang dapat saya ambil dari sosok Kakak ku. Beberapa hal yang kerap terjadi ketika perempuan memasuki usia cantik:

Percaya diri berkurang

Kepercayaan diri dapat muncul ketika seorang wanita merasa nyaman dengan apa yang ada pada dirinya. Namun apabila ia merasakan sesuatu telah berkurang dan hilang dari dirinya, bisa saja ia tidak memiliki kepercayaan diri yang menyebabkan ia menarik diri dari pergaulan

Selalu dihantui rasa takut

Rasa takut akan suatu hal bisa saja timbul dari persepsi terhadap sesuatu. Wanita bisa saja memiliki rasa takut yang berlebihan akibat ia terlalu jauh memikirkan dampak buruk yang akan terjadi apabila ia memasuki usia tersebut.

Cenderung emosional

Emosi seseorang dapat terjadi apabila sesuatu tidak seperti yang diharapkan. Bisa saja wanita mengalami emosi karena perkataan, ketersinggungan, sikap dan persepsinya sendiri terhadap sesuatu.

Untuk itu memasuki usia cantik hal hal yang harus dilakukan adalah :

Berpikiran positif

Pikiran positif akan mempengaruhi sikap kita terhadap sesuatu. Sebaliknya pikiran negatif akan mempengaruhi seseorang dalam membentuk persepsi terhadap sesuatu.

Sabar dan ikhlas

Setiap helaan nafas kita sudah diatur oleh yang maha kuasa untuk itu segala kemungkinan terburuk yang terjadi hadapilah dengan sabar dan ikhlas. Kesabaran itu bisa kita kondisikan dalam situasi apapun.

Selalu berdoa dan tawakal

Tawakal kepada yang maha kuasa akan melapangkan hati sehingga kita tidak akan pernah menghakimi diri sendiri dan orang lain ketika ada musibah yang menimpa kita. Tentang kakak yang tadi kuceritakan ada beberapa hal positif yang bisa dicontoh ketika memasuki usia cantik.

Blog competition ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh :

35 comments

  1. Replies
    1. Dia ayuk ipar, tapi sama kayak ayuk sendri.

      Delete
  2. Inspirartif sekali ayuknya, mbak. Salam kenal untuk Beliau..eh, ajak nge-blog dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia ga bisa nulis mba, bisanya jualan sama mbantu orang ngelahirin haha..

      Delete
    2. nah dia jualan, jeung Yurma aja yg bikinin blog-nya :) Salam kenal sama ayuknya.

      Delete
  3. Eh iya ya, di satu sisi saat menjelang #UsiaCantik si mbak menopouse jg datang huhuhu wanita oh wanita. Kudu positif selalu emang ya Mbak, semangaaat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takdir namanya mba, usia cantik pasti datang, tapi menopouse ga bisa dihindari yng penting kita bisa menghadapi dengan lapang dada dan ikhlas..

      Delete
  4. Ayuk keliatan awet muda ya mbak Yurma...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang umurnya 38 mba, rajin olahraga mah dianya.

      Delete
  5. senengnya punya kk yg perhatian mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba semoga dia selalu sehat dan murah rezeki aminn

      Delete
  6. Mbak Ayuk ini kalau kata orang-orang adalah "menantu idaman" karena sifatnya yang penyayang hehe

    ReplyDelete
  7. Waaah rejeki itu bisa juga berupa kakak yang penuh perhatian ya mbak :) ... alhamdulillah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa, rezeki banget punya Kakak yang baik, karena kita bisa kelar masalah kalau cerita sa dia.

      Delete
  8. Alhamdullilah bisa sama2cakep dan luar biasa talentanya sebagai kakak dan adik mbk Yurma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, semoga mba cristanti juga menemukan sosok penyayang juga hehe

      Delete
  9. Iya percaya diri berkurang mb. Ada yang malah minder jadinya karena dibandingkan usia yang muda2, kulitnya ga sesegar dulu. Tapi yang penting sebenarnya penerimaan diri bahwa usia bertambah berarti kedewasaan juga.

    ReplyDelete
  10. Iya percaya diri berkurang mb. Ada yang malah minder jadinya karena dibandingkan usia yang muda2, kulitnya ga sesegar dulu. Tapi yang penting sebenarnya penerimaan diri bahwa usia bertambah berarti kedewasaan juga.

    ReplyDelete
  11. Semoga kakaknya selalu diberkahi sehat dan rejeko yang cukup Mbak.

    ReplyDelete
  12. Salam kenal buat Mbak Ayuk, masih segar banget seperti umur 20an kok MBak ;)

    ReplyDelete
  13. Senangnya bisa akrab dengan kakak ipar, cantik dan baik hati pula, salam kenal

    ReplyDelete
  14. Ikhlas menerima #usiacantik ya. Karena menua itu pasti tapi berjiwa muda adalah pilihan. Wita saran uni fitur name/url diaktifkan dong

    ReplyDelete
  15. Ikhlas menerima #usiacantik ya. Karena menua itu pasti tapi berjiwa muda adalah pilihan. Wita saran uni fitur name/url diaktifkan dong

    ReplyDelete
  16. Aih..seru sekali kakak beradik ini. Sehat selalu buat semuanya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  17. senangnya punya kakak yg bs diajak berbagi,kalau saya anak tunggal mba ga pernah merasakan asiknya pny kk perempuan :)

    ReplyDelete
  18. #usiacantik semakin memancar dari dalam ya,mb

    ReplyDelete
  19. senangnya punya ayuk yg cantik dan inspiratif. salam buat ayuk ya
    moga sukses buat lombanya mbak

    ReplyDelete
  20. Haloo mba Yurma, salam kenal. Hihii.
    Inspiratif ceritanya. Intinya yang paling penting harus tawakal ya mba

    ReplyDelete
  21. Sikap rela berkorban itu yang susah banget apalagi dibarengi ikhlas, salut ma mbak Ayu'.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ya, Mbak Ayuk memang benar-benar kakak yang memiliki kecantikan hati di #usiacantik. Salam buat Mbak Ayuk ya, barakallah :))

    ReplyDelete
  23. Mencintai diri sendiri memang penting ya mba, merawat dan menrima dg iklas diri sendiri, biar gk emosional di usia cantik :)

    ReplyDelete
  24. waa, jadi ingat kakakku. hik hikss hikss. saya punya dua kakak mba, dan dua2nya tempat curhat dan cerita segalanya. enaknya dulu kalau aada kakak bisa manja2 alias malas2an hehee. eh tapi itu sebelum bekeluarga. Kakak memang selalu menjadi tempat curahan rindu,. ya. makin dewasa makin cantik..

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah ya mba bisa akrab dengan mba ipar karena biasanya, kita nggak bisa akrab sama keluarga dari pasangan.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ya Mbak, senang banget jika punya saudara seperti Mbak Ayuk ini. Kasih sayangnya teruji dengan baik. Sifat welas sangat terlihat saat membelikan hadiah di honor pertama. Jarang lho. Biasanya langsung dipakai beli barang impian. Semoga sukses ngontesnya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.