Badan Fit dan Bugar Sepanjang Kehamilan - Yurmawita's Blog Badan Fit dan Bugar Sepanjang Kehamilan | Yurmawita's Blog
Thursday, October 20, 2016

Badan Fit dan Bugar Sepanjang Kehamilan

[Sponsored Post]

Ketika kehamilan anak pertama tahun 2006 silam saya mengalami berbagai keluhan kehamilan. Ada keluhan umum yang sering diderita ibu hamil maupun keluhan yang tidak biasanya. Pada trisemester pertama sempat mengalami morning sick yang lumayan parah. Hingga berat badan turun drastis diangka 38 kg semula 44 kg. Muntah-muntah hebat apabila memakan makanan seperti sop, gule, tumis-tumisan, makanan berkuah santan, rebusan hingga gorengan sejenis ayam, ikan termasuk meminum air putihpun rasanya pahit semua. Satu-satunya asupan makanan yang bisa masuk dan tidak menyebabkan muntah adalah teh hangat.  Kondisi seperti ini menyebabkan kehamilanku kecil dan dikhawatirkan bayi akan lahir dengan berat badan rendah. Untung saja memasuki trisemester kedua muntah-muntah dan mual sedikit berkurang. Meskipun beberapa makanan terutama sayuran juga termasuk makanan yang mengakibatkan mual. 

Memasuki usia 6 bulanan kehamilan gejala morning sick berangsung-angsur mereda. Beberapa makanan dan minuman yang tadinya menyebabkan muntah sudah mulai mau masuk ke dalam perut termasuk beberapa sayuran bening, sop dan tumis-tumisan sudah mulai akrab di mulut. Setidaknya kalau berada di dekat  beberapa makanan tersebut hidung sudah mulai beradaptasi. Pada kondisi seperti itulah sebaiknya ibu hamil harus sesegera mungkin memperhatikan asupan gizi dirinya maupun janinnya. Untunglah suami memahami betul apa yang menjadi keluhan ku sehingga dia tidak segan-segan mengingatkanku untuk senantiasa menghabiskan menu makanan yang ada demi janin kami. Ketika usia hamil 7 bulanan asupan gizi ibu hamil penting sekali karena masa ini adalah perkembangan organ-organ tubuh bayi dengan sempurna. Memberikan Lactamil susu hamil usia 7 bulanan baik sekali untuk ibu hamil karena kandungan nutrisi bagus untuk kebutuhan ibu dan janin. 

Demi kesehatan buah hati yang sedang di kandung seorang ibu, memasuki usia trisemester ketiga asupan gizi harus senantiasa terpenuhi dengan baik. Termasuk kebutuhan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Salah satu sumber asupan yang praktis dan instan untuk ibu hamil adalah Lactamil. Kandungan Lactamil baik untuk kesehatan ibu hamil untuk mencukupi angka kebutuhan gizi yang diperlukan selama kehamilan. 

Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil agar tetap fit dan bugar sepanjang kehamilan antara lain:

Bangun Pagi

Ibu hamil tidak boleh malas untuk bangun pagi, karena udara di pagi hari sangat mendukung untuk memperlancar peredararan darah sehingga membuat tubuh bugar. Biasanya ibu hamil merasakan kelelahan yang tidak biasanya akibat perubahan hormonal dalam tubuhnya, oleh karena itu ia tetap membutuhkan dukungan suami untuk membiasakannya terbangun lebih awal ketika pagi hari. Baik sekali apabila bangun pagi diawali dengan asupan cairan yang banyak seperti minum air putih, jus buah atau bubur. 

Istirahat yang cukup

Ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup. Hal ini dimaksudkan agar janin bisa berkembang dengan sempurna di dalam tubuh ibu yang rileks. Istirahat ini bisa saja dengan kuantitas tidur malam yang cukup, istirahat siang maupun waktu bersantai dan bercengkrama lebih banyak. Untuk itu diperlukan adanya dukungan suami dan keluarga terdekat agar seorang ibu bisa istirahat dengan baik.

Asupan makanan dan minuman yang bergizi

Keberadaan ibu hamil dalam sebuah keluarga hendaknya diperhatikan oleh keluarga terdekat. Karena seorang ibu yang sedang hamil dia tidak memikirkan dirinya sendiri tapi juga punya kewajiban memperhatikan perkembangan janinnya dengan baik. Untuk itu dukungan suami, ibu, mertua, serta keluarga terdekat sangat diperlukan agar ibu dan janin sehat. Perubahan hormonal pada ibu hamil seringkali mengakibatkan masalah pada asupan gizi. Ibu hamil sering memilih makanan yang diinginkan saja tanpa memerhatikan kandungan nutrisi yang ia konsumsi. Peran suami penting dalam mengingatkan istri agar mengutamakan memakan makanan bergizi ketimbang mengutamakan selera si istri.

Menghindarkannya dari stress

Ibu hamil mengalami dua kali lebih besar tekanan dalam kehidupannya yaitu berasal dari dirinya sendiri akibat perubahan hormonal dalam tubuhnya yang tidak ia sadari dan tanpa bisa ia cegah, serta tekanan lingkungan di sekitarnya antara lain pantangan maupun larangan-larangan atau mitos yang sering digembor-gemborkan  oleh orang-orang di sekelilingnya. Misalnya ibu hamil dilarang ini dan itu. Akibatnya si ibu bisa saja stress akibat larangan tersebut. Dahulu ketika hamil biasanya ibu, mertua dan nenek sering melarang ini itu, Tidak boleh tidur telentang, tidak boleh duduk depan pintu, tidak boleh mandi maghrib. dan sebagainya. Bagi wanita hamil dengan kondisi tertentu misalnya bekerja yang mengharuskan ia pulang sore dan magrib sampai di rumah, tentu tidak bisa dihindari yang namanya mandi magrib kann. Lah kalau dia terus diomelin dan diperingatkan oleh orang-orang di sekelilingnya tentu hal tersebut akan menciptakan kondisi stress. Stress juga bisa diakibatkan oleh faktor ekonomi, seperti ibu hamil harus bekerja dengan tekanan dari lingkungan kerja. Oleh karena itu semua keluarga yang berada di lingkungan terdekatnya harus senantiasa memahami kondisi psikis seorang ibu hamil. 

Menciptakan suasana bahagia di dalam rumah


Suasana bahagia di dalam rumah harus senantiasa diciptakan, Hal ini diperlukan untuk menciptakan energi positif ibu hamil. Misalnya ketika acara 7 bulanan kehamilan si ibu diberikan kejutan bahagia oleh keluarganya. Suami senantiasa memberikan perhatian ekstra untuk istri, ibu dan mertua juga memberikan dukungan kepada istri, jika kehamilan ini adalah anak yang kedua, ketiga dan seterusnya, anak-anak juga harus dikondisikan agar ikut menciptakan suasana bahagia di rumah. Peran suami sebagai pendamping juga penting dalam rangka memberikan pengaruh yang luar biasa agar rumah senantiasa memberikan energi positif untuk kenyamanan istri. 

22 comments:

  1. Aku juga pas hamil rutin konsumsi susu mba suamiku klo mlm suka rajin buatin :) bagi bumil yg terpenting itu jgn bnyk fikiran hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sekali itu, memang suami sebaiknya memberikan perhatian ekstra ketika hamil, secara emosi kita sedang labil hehe

      Delete
  2. Saya juga kurus pas hamil mbaaa... Padahal ga ada gangguan makan... Hihihi, ga tau larinya ke mana semua makanan ini. :) Makasih sharingnya ya mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama...kok ga mau naik naik itu timbangan

      Delete
  3. Bhagia terus kalo berdua dua mah hahaha :D

    ReplyDelete
  4. menciptakan suasana bahagia di rumah. Saya sepakat banget soal ini. Mau hamil apa gak, harus selalu bahagia ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aura positif bisa membangkitkan energi positif sehingga mood menjadi baik

      Delete
  5. saya pas hamil rada susah minum susu hamil tapi asupan vitamin lain sih tidak berkurang. walaupun mengalami muntah-muntah berat tapi tetep harus dipaksain makan demi si jabang bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba rasanya itu kayak gitu ya...muntah semua

      Delete
  6. Di kehamilan saya sekarang, usia kandungan 5 bulan masih merasa mual entah kenapa. paling nggak enak kalo rasa panas menjalar ke tenggorokan. Sebetulnya masa kehamilan itu mengajari kita untuk lebih mengenali alarm tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai 5 bulanan masih ya mba? Sebaiknya cari makanan yang kita kira nyaman di lidah

      Delete
  7. Hamil kalau sampai susah makan agak sulit juga ya untuk kesehatan anak. Tapi ibu2 hamil tentunya juga udah cari solusinya, jadi sedih juga kalau mereka dihakimi ini itu. Mereka juga pinginnya anak sehat kan. Lactamil bisa jadi salah satu solusi ya selain makanan utama ibu hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang suami perlu perhatian ekstra agar istri nyaman dan memiliki semangat hehe. Tapi kita memang harus berikutnya demi kesehatan janin deh.

      Delete
  8. aku juga pernah ngalamin morning sicknes parah mbak.bb juga turun drastis banget nget sampai ada yg mengira blm hamil...akhirnya pakai lactamil juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya itu gimanaaa ya mba gak terlupakan..

      Delete
  9. Dukungan dari suami tentunya sangat membantu ya mbak untuk bisa membuat hari ibu hamil menjadi lebih bermakna dan menyenangkan tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu mas, yang namanya suami harus nomor satu dukungannya karena keberadaan nya bisa menenangkan dan mendamaikan suasana hati istri

      Delete
  10. Mau lagi hamil atau belum harus tetap bahagia ya mba.. Walopun aku belum ngerasain hamil tapi seneng dapet ilmu lagi, makasih ya mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...buat suasana hati seneng aja..meskipun banyak rintangan agar kita tetap optimis.

      Delete
  11. weeeeeee....................bisa kurus gitu mbakkkkkkkkkkk....... Gimana ya kalau aku nanti hehheeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh ya, orang hamil gendut kalau mba hamil kukus haha..

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.