Tahu Khuc Kucai

(Happy Cooking)
  
Tahu Kuch Kucai
Kali ini kita akan berkreasi dengan dedaunan, lha kan kita mesti mengkonsumsi sayur setiap hari so, kita akan membuat sebuah menu yang ijo ijo ya.



Ceritanya aku terpesona sama dedaunan imut ini. Kalau dari rupanya daun-daun yang akan menjadi bahan kreasi kali ini adalah bentuknya kecil, panjang, halus, wanginya khas banget. Apaan itu?

Nah, ceritanya aku punya pengalaman unik dengan dedaunan ini. Dulu pas masih kecil suka sekali main masak-masakan sama daun ini. Eh ternyata tuh daun emang untuk masak beneran.

Kucai

Yap betul itu namanya. Bentuknya panjang, kecil, halus dan menyerupai rerumputan. Kalau dari jenisnya kucai ini sejenis bawang-bawangan bentuk daunnya mirip daun bawang merah atau daun bawang putih, namun lebih tipis dan banyak anaknya dalam satu rumpun. Karena sejenis bawang-bawangan si kucai juga memiliki umbi, namun yang paling populer untuk campuran masakan justru daunnya bukan umbinya.

Simak ya, resepnya
Satu ikat daun kucai
Tahu putih 4 potong besar goreng setengah matang
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Tomat besar 1 buah
Cabe hijau 3 buah
Kecap manis
Teri Medan satu sendok
Garam secukupnya
Gula secukupnya 
Minyak sayur 2 SDM untuk menumis


Cara memasak

Iris bawang merah, putih, cabe hijau, dan tomat. Cuci bersih daun kucai lalu potong-potong sepanjang 2 ruas jari. Tahu juga dipotong dadu. Tumis bumbu yang telah diiris sampai harum. Setelah itu masukkan tahu yang telah digoreng. Tambahkan kecap, gula, garam serta air 4 sendok makan diamkan sesaat. Setelah bumbu meresap masukkan daun kucai lalu aduk - aduk hingga daun kucai layu. Cicip masakan sambil kecilkan api. Tumis tahun Khuc Kucai siap disantap.

Daun kucai segar
Penampakan akhirnya...

Tahu putih

Bawang merah putih

Selamat mencoba!

5 comments

  1. waah..menu ini aku pernah masak juga mbaa..
    simple, gampang masaknya xixixiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..gampang banget, rasanya enak anak anak suka sayur kalau masak ini. Biasanya ga suka sayur

      Delete
  2. Belum pernah makan kucai Mba biasanya klo tahu pake cabe gendot atau toge hehehe..
    Btw rasanya kucai pahit kah?hasil akhir kyk daun bawang y mba

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.