Ketika Anak terkena Biduran - Yurmawita's Blog Ketika Anak terkena Biduran | Yurmawita's Blog
Friday, September 30, 2016

Ketika Anak terkena Biduran

Biduran merupakan kondisi kulit yang kemerahan yang disertai gatal dan panas. Dalam beberapa kondisi biduran akan hilang dengan sendirinya. 

Beberapa hari yang lalu si Adek mengalami panas. Semalaman ia mengigau ketika tidur. beberapa kali terbangun minta diambilkan minum. Seluruh tubuhnya panas bahkan bantal dan kasur tempat ia tidur juga ikut-ikutan panas. Hingga keesokan paginya panasnya tidak juga turun. Aku membawanya ke puskesmas terdekat untuk dicek darah, hasilnya malaria negatif lalu oleh dokter hanya diberi parasetamol dan vitamin saja. 
Bintik Merahnya sudah menyebar hingga ke seluruh tubuh
Pada malam kedua ternyata panas di tubuhnya tidak berubah, ia tetap mengigau ketika tidur. Namun ia tidak terlihat lemas, batuk dan flu yang biasanya menyertai juga tidak ada, mencret juga tidak ada. Kejadiannya sama seperti malam pertama, aku cuma bisa berusaha mendinginkan panas tubuhnya dengan memberinya minum, mengompres dengan air hangat serta memberikan pakaian yang hangat.

Pada malam ketiga ternyata panasnya agak turun namun badannya masih hangat tidak seperti kondisi badan yang normal. Sebenarnya ukuran panas atau tidak hanya aku kira-kira ditangan dan di badanku saja sih, soalnya ga ada termometer di rumah. Walaupun begitu tetap aja kaan kita bisa merasakan suhu badan anak yang tidak normal dari biasanya.

Keesokan harinya aku sudah mulai merasakan hal aneh ditubuhnya, mulai terlihat warna kulit yang tidak merata di bagian pipinya. Lama kelamaan mulai menyebar ke area tangan, kaki, hingga ke leher. 

Ternyata anakku kena Biduran, dalam istilah dokter Urtikaria

Nah, setelah konsultasi ke dokter dan orang-orang tua, biduran memang sering menyerang anak-anak terutama yang memiliki riwayat alergi. Seingatku anak-anak ku tidak ada yang memiliki riwayat alergi apa aku saja yang belum mengetahuinya ya.. tapi kalau vitamin memang mereka kurang dalam mengkonsumsi sayur. Bahkan dalam sehari sayur jarang mereka makan. Sebenarnya sudah berbagai cara mengantisipasi kurangnya konsumsi sayuran misalnya dengan membuatkan olahan yang berbahan sayuran, namun kalau terasa atau terlihat  sedikit saja mereka langsung menolaknya. Huaah uminya yang stress berat. 

Bercak merah juga menjalar ke mukanya

Untuk sementara aku berkesimpulan bahwa penyebab biduran antara lain karena daya tahan tubuh anak-anakku memang sedang drop. 

Beberapa faktor penyebab Biduran 

Udara yang panas

Nah, ini mungkin saja terjadi pada anakku, Udara di kamar memang lebih panas dari biasanya, suhu panas inilah yang menyebabkan suhu tubuh menjadi tidak seimbang. Memang beberapa bulan ini AC sedang rusak dan belum juga diperbaiki. praktiks udara kamar menjadi tambah panas apalagi ketika malam hari. 

Kondisi Stress

Kondisi stress tidak hanya menimpa orang dewasa saja. Anak-anak juga sering mengalami hal ini. Mungkin saja penyebabnya adalah keinginannya yang tidak kesampaian, pertengkaran dengan teman bermain bahkan ancaman dan bentakan dari orang-orang disekitarnya juga dapat menjadi pemicu stress yang dialami anak. 

Alergi

Alergi pada seseorang bisa menyebabkan biduran dan menimbulkan bintk kemerahan bhkan disertai gatal yang berlebihan pada bagian tubuh yang mengalami biduran. Biasanya alergi akan berulang jika penderita mengkonsumsi makanan atau sesuatu yang menjadi pemicunya. 

Untuk mengobati Biduran ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun bukan berarti lansung sembuh, biasanya biduran terjadi dalam dua atau tiga hari. Setelah tiga hari kulit akan kembali normal seperti sedia kala. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengobati Biduran antara lain:

Memberikan Pakaian yang Nyaman

Kondisi tubuh yang gatal dan panas karena Biduran ini akan menyebabkan tubuh tidak nyaman, pakaian yang tipis dan lembut di kulit sangan membantu untuk mengurangi efek gerah pada kulit anak.

Memberikan obat penurun panas

Pada anak-anak panas yang tinggi bisa menyebabkan kejang-kejang, untuk itu kita harus senantiasa sigap dengan memberikan pertolongan sesegera mungkin. Obat penurun panas dengan dosis yang tepat bisa membantu menurunkan panas tubuh yang berlebihan dan mengurangi sakit pada tubuh. 

Memperbanyak minum air putih

Sebaiknya berikan air putih sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi yang berujung pada kondisi tidak sadarkan diri. Air putih juga membantu menurunkan suhu tubuh seseorang. 

Antihistamin

Antihistamin adalah kandungan obat yang dapat mengurangi efek histamin yang ditimbulkan karena biduran. Antihistamin terdapat dalam beberapa obat seperti CTM, cetirizine, fexofenadine. 

Meskipun kondisi tubuh mengalami Biduran, Adek masih saja bermain seperti biasa. Biasalah anak kecil kalau sudah main kadang lupa kalau sedang sakit. Giliran uminya yang bingung kalau sudah begini. Namun jika anaknya masih mau bermain dan tak mengahalangi aktivitasnya sebaiknya terus awasi perkembangan ruam di kulitnya. Apabila dalam dua hari tidak kunjung pulih sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mencari tau penyebab lainnya. 


46 comments:

  1. Biduran memang sangat menyiksa ya mbak tapi kalau saya mah sudah tidak takut lagi karena saya sudah punya solusinya sendiri dan terbukit manjur loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan tuh mas? Bagi tau dong soalnya dalam setahun ini lebih dari sekali kena

      Delete
  2. Jadi penyakit tersebut itu namanya biduran yh ? adik saya juga pernah tuh kayak gitu tapi karena saya tidak tahu nama penyakitnya jadi tidak bisa seaching deh, jadinya beli obat ke apotek aja dan di kasih obat penurun panas ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalao sama dokter biasanya kalao sehari dua hari belum ketahuan sakitnya, dikira malaria, types hari ketiga baru muncul ruamnya

      Delete
  3. Kalo pas lagi banyak tekanan, aku sering gatel2 Mbak. Pas kuliah sih sampe biduran, tapi sekarang sudah enggak. Makin menjadi jadi ketika hawa dingin.

    ReplyDelete
  4. Dulu Naeema juga pernah kena biduran selama 2 minggu. Kasian deh liatnya. Sama dokter dikasih bedak aja sih, ga pake antibiotik. Memang ada riwayat alergi, cm ini muncul kalo pagi dan menjelang sore. Bingung sebabnya apa....katanya imunnya lagi turun.

    Sekarang ade sudah sembuh kan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, imunnya sedang lemah, soalnya mereka kurang makan sayuran nih.. Sekarang masih kemarahannya tapi panas udah ga lagi

      Delete
  5. saya suka gatel2 gitu kalo kedinginan atau abis kehujanan..gatel banget padahal udh minum obat, semoga cepet sembuh dedenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alergi dingin barangkali ya mba, minum air hangat coba deh, mba

      Delete
  6. makasih y mbk sharenya. bermanfaat :)) Aku juga pernah biduran mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama kadang ga nentu dingin atau panas kalau anak yang punya kekebalan tubuh lemah akan gampang kena biduran

      Delete
  7. Saya jg sering bidurab waktu kecil ternyata akibat alergi udara dingin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udara dingin biasanya memang salah satu pemicu Biduran ya

      Delete
  8. Saya pernah biduran juga mba waktu kecil, memang ngak rasanya g nyaman.smoga si adej cepat sembuh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Adek udah membaik masih tersisa ruamnya saja.

      Delete
  9. Mba tak kirain karena kedinginan loh mba soalnya dlu suami langganan biduran karena uda gede di antep weh hahaha *jahat paling pake bedak sama CTM #nagwur kan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama dokter dikasih ctm juga, ada kandungan antishiminnya

      Delete
  10. Semoga lekas sembuh ya si adek. Emang ga enak banget kena biduran. Tapi tetap ya anak2 energinya besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terimakasih mba Hairi, anak anak meski sakit tetep main

      Delete
  11. Semoga lekas sembuh ya si adek. Emang ga enak banget kena biduran. Tapi tetap ya anak2 energinya besar.

    ReplyDelete
  12. Biduran itu kaligata bukan ya? Aku suka kaligata kalau kedinginan dan daya tahan tubuh sedang turun. Obatnya adalah kehangatan *ciee* atau berjemur di sinar matahari. Cuma agak repot emang kalau udah sore atau malam, kan mataharinya udah ngga ada. Moga2 putranya cepat sembuh yaa.. ngga enak banget tuh biduran ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaligata biasanya bekas gatelnya gede gede dan berkoloni, tapi kalau Biduran merata di seluruh tubuh dan tidak benjol benjol cuma ruam saja.

      Delete
  13. mba, biduran ini semacam alergi berat yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat atau ringan yaa? Ntar kita tanya ahlinya aja hehe..

      Delete
  14. Kalau aku dulu sering biduran mbaaa. Rasanya agtaal. Untung aja anakku nggak biduran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah, tapi anak anakku sering kena mba, mungkin ikut abahnya darahnya sama kali

      Delete
  15. Saya, kena dingin pasti biduran haha... Dulu anakku juga biduran, berhubung kurang paham sama anak bayi, jadi agak bingung gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ya yang alergi dingin akhirnya Biduran mungkin daya tahan tubuh juga lagi drop

      Delete
  16. Kasian banget ya Mbak kalo anak-anak terkena buduran. Gak enak banget plus gatal...
    Makasih Mbak sharingnya ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatal dan panas mba Diah, kalau digaruk sering kuat kuat akhirnya menimbulkan luka dan berbekas

      Delete
  17. Duuh.. saya saya juga suka biduran udah lama diobatin tapi tetep aja suka datang lagi.. kata dokter sih faktor stress padahal saya orangnya enjoy.. entahlah kalau dalam hatinya. Cuma saya sama Allah yg tau.. hahahha

    ReplyDelete
  18. aku dulu malah kena ini..ya ampun gatalnya...
    mana dikepala pula juga nyebar berasa kutuan.
    alhamdulilah 2 kali makan obat sembuh..

    ReplyDelete
  19. Pengalamanku dulu anak2 aku kasih air kelapa ijo Mba. Alhamdulillah cepet deh sembuhnya.

    ReplyDelete
  20. Saya juga pernah biduran waktu kecil
    Nek digaruk enak tenan
    Obatnya apa ya dulu?
    Sekaramg baru tahu cara mengatasinya
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  21. Anakku pernah biduran, duh gak tega melihatnya gatal belum lagi rasa panas. Terima kasih infonya mba

    ReplyDelete
  22. biduran aja kalo kita kena rasanya menyiksa..apalagi anak-anak kita? duhh ya Allah semoga yang sakit segera sembuh..tfs mba

    ReplyDelete
  23. Sama kaya Nyak..
    Aku sendiri pake degan ijo.
    Tapi pas kena anak-anak, mereka ga mau minum.

    Jadilaaa terpaksa rawat inap di RS.

    Tes darah semua negatif.
    Tp se-badan merah-merah. Heuheu...ternyata virus.

    ReplyDelete
  24. Mirip campak ya mba, tp bukan.. katanya pertanda panas tubuh udah keluar

    ReplyDelete
  25. Aku pernah juga terkena biduran, pas besoknya mau keluar kota lagi. Untung waktu itu ada temen kasih obat, bentuknya agak kecil, manjur banget lho, setengah jam sudah membaik. Duh kok lupa nama obatnya ya.

    ReplyDelete
  26. Aku pernah juga terkena biduran, pas besoknya mau keluar kota lagi. Untung waktu itu ada temen kasih obat, bentuknya agak kecil, manjur banget lho, setengah jam sudah membaik. Duh kok lupa nama obatnya ya.

    ReplyDelete
  27. Adik saya ada nih yg kena biduran. Biasanya kalau cuaca dingin banget dan dia lagi kurang sehat. Karena udah dewasa mungkin ya, jadi kayaknya cuma pakai bedak untuk gatal dan minum air hangat aja...

    ReplyDelete
  28. Ibuku biasanya kena biduran kalau cuaca dingin. Mungkin efek alergi dingin ya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.