Tips Traveling bersama Anak - Yurmawita's Blog Tips Traveling bersama Anak | Yurmawita's Blog
Saturday, March 26, 2016

Tips Traveling bersama Anak

(Traveling) Traveling memang mengasikkan selain memberikan ruang bagi otak untuk relax juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dari rutinitas harian. Namun jika Anda sudah berkeluarga tentu urusan traveling menjadi gampang-gampang susah. Apalagi jika traveling bersama putra-putri tercinta tidak semudah jika kita ingin traveling sendirian tentunya kan.



What happend??



Mempersiapkan kebutuhan seperlunya

Bepergian membawa anak hendaknya terlebih dahulu kita perhatikan barang bawaan, jangan lupa dengan alat transportasi apa yang kita gunakan. Jika bepergian menggunakan kendaraan pribadi kemungkinan membawa benda-benda keperluan si Anak boleh-boleh saja dilakukan. Namun jika bepergian menggunakan angkutan umum maka pertimbangkanlah kemungkinan yang akan terjadi jika nekat membawa barang-barang yang kurang begitu penting. Jadi bawalah barang yang benar-benar diperlukan di perjalanan. Misal jika kita memiliki anak yang masih usia dibawah tiga tahun tentu harus sertakan keperluan yang urgen bagi si anak misalnya susu dan segala perlengkapannya. 

Melibatkan di setiap Kegiatan Liburan


Libatkan putra-putri kita di setiap kegiatan ketika traveling. Saat bermain di pantai ajaklah ia untuk bermain pasir, menyentuh air, bermain layangan atau kejar-kejaran ombak. Namun tentu keselamatan adalah hal yang harus diutamakan dalam setiap kegiatan. Mengajak anak untuk ikut terlibat dalam setiap kegiatan artinya kita memperlihatkan bahwa keberadaan mereka sangatlah penting. Jangan sampai orang tua sibuk dengan kegiatan masing-masing sehingga anak sepertinya mengikuti keinginan orang tua. Dampak negatifnya bisa saja anak cepat bosan dan merengek-rengek. Gak asik kan Bunda jika keinginan traveling malah ternodai dengan tangisan anak. 


Berinteraksi di setiap Moment

Senantiasa berinteraksi dengan anak di setiap momen. Misalnya ketika mengajak anak traveling ke kebun binatang maka beri kesempatan kepada si kecil untuk berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di sana. Ketika traveling ke suatu tempat wisata senantiasa mengajak anak untuk berinteraksi dengan apapun yang ada di tempat tersebut. Misalnya petugas penjaga tempat wisata. Keramahan dan keceriaan anak adalah prioritas di setiap perjalanan agar mereka nyaman. 




Beri Kesempatan Bermain seluas-luasnya

Namanya juga dunia anak yang tidak jauh-jauh dari aktivitas bermain maka dimanapun kapanpun selalu bermain. Bahkan di lokasi travelingpun anak membutuhkan saat-saat bermain. Sebagai orang tua kita harus memahami hal itu. Berilah kesempatan seluas-luasnya kepada mereka untuk bermain. Tentu dengan arahan dan bimbingan kita. Permainan yang dilakukan di tempat wisata tentu di sesuaikan dengan lokasi dan medan yang ada disana. kita juga harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan mereka. 


Jika kita membawa serta anak-anak di bawah 5 tahun maka pengawasan tentu ekstra hati-hati. Apalagi di tempat wisata yang memungkinkan banyak orang asing yang tidak dikenal. Bisa saja anak-anak yang sudah agak besar juga diberikan pengertian untuk ikut serta menjaga adik-adiknya. Bermain di tempat  traveling jangan diartikan permainan seperti yang mereka lakukan di rumah. Bisa saja menggunakan sarana atau fasilitas umum. Jadi berikan pengertian kepada anak untuk ikut serta menjaga fasilitas umum ketika bermain. Mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan, hingga berlaku sopan dalam bersikap. 

                                     

Tidak Mengganggu waktu Istirahatnya

Seringkali di tempat traveling kita seakan-akan diburu waktu. Akibatnya ada yang mesti dikorbankan. Misalnya waktu istirahat anak-anak. Yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah memberikan kesempatan kepada si kecil untuk beristirahat merupakan prioritas utama karena dengan istirahat yang cukup mereka akan merasakan kenyamanan dan ketenangan ketika melakukan aktivitas setelah bangun tidur. 

Waktu istirahat bagi si kecil bisa saja dilakukan di hotel atau di perjalanan. Ketika di perjalanan apabila mereka terlelap maka usahakan tidak mengganggu waktu tidurnya, atau tidak membangunkannya secara tiba-tiba. 

Memperhatikan Pola Makan 

Seringkali karena di perjalanan kita tidak telalu memerhatikan pola makan si kecil. Asal praktis dan terlalu menuruti keinginannya. Tentu kita tidak ingin kan momen traveling akan menjadi malapetaka ketika pulang. Memperhatikan pola makan si kecil adalah prioritas utama. Usahakan di perjalanan selalu menyediakan cemilan sehat dan bergizi. Membawa serta buah-buahan serta minuman yang sehat tentu sangat dianjurkan ketimbang kita mengandalakan apa yang ada di jalan. 

Demikian tips singkat ketika Traveling Bersama Anak. Selamat Traveling...





15 comments:

  1. Seru tuh kayaknya jalan-jalan sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..seru banget.anak senang kita pun nyaman

      Delete
  2. trims sharenya mba bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl bermanfaat. Thank's udah kemari ya

      Delete
  3. biasanya aku jaga2 makanan aja sih mbak, takutnya pad kelaperan. Terima kasih tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penting banget kl soal makanan ya mba lidya

      Delete
  4. Bener jugak, jam biologis anak2 pas tidur siang kudu diperhatikan jugak ya mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang bagi emak dan bapaknya ga terlalu memperhatikan soalnya sayang di tempat Traveling dihabiskan dg tidur..akibatnya anak jadi rewel karena kurang tidur

      Delete
  5. Tipsnya ok banget deh. Kalo aku lebih nyaman jalan-jalan berdua aja dengan anak. Terasa banget travelingnya dan berkesan. Itu pun cuma yang deket aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka kalo berdua sama anak bisa lebih leluasa..tapi kalo berangkat semua ya mesti dibantu sama bapaknya hehe..repot juga sih kalau ketiganya dimomong sendiri hehe

      Delete
  6. Terima kasih ya mbak tipsnya, nanti saya pakai kalo sudah punya anak he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn semoga Allah mengijabah doanya Iman..

      Delete
  7. Aku pernah traveling ke Bali dan si bungsu usianya masih 16 bulan. Untuk makannya malah gampang, karena dia suka semua masakan, hehehe

    ReplyDelete
  8. traveling bersama anak mmg enak2 gimana gitu ya mbak hehehe
    kadang moodnya naik turun
    tapi di bikin enjoy aja... krn anak jg butuh piknik kan...gak cuman emaknya hehehe

    ReplyDelete
  9. seru jalan-jalan dengan anak-anak ya. siapkan aja tabungan buat jajan hehe

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.