Simpanlah Air untuk Anak Cucu Kita


Ketika bangun tidur apa yang pertama kita lakukan? Cuci muka, gosok gigi? Wudlu, mandi, mencuci. Semua kegiatan yang kita lakukan tidak pernah lepas dari yang namanya air. Air untuk kehidupan. Tak ada air tak ada kehidupan. 

Air Awal Mula Kehidupan

Di dalam Al-Quran Surat Al-Anbiya: 30. Allah berfirman bahwa:

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?"


Air mengawali sebuah proses kehidupan di muka bumi ini sehingga air memegang peranan penting, kehidupan yang sangat tergantung dengan air, untuk minum, makan, serta kelangsungan hidup manusia.  Aktivitas mahluk hidup tidak bisa lepas dari air baik tumbuhan, hewan maupun manusia. Mulai dari kebutuhan untuk makan, untuk berkembang biak hingga kebutuhan kenyamanan senantiasa memerlukan air. Peranan penting lainnya tentang air ini bisa dilihat dalam ayat berikut ini.

Dalam Al-Quran surat An-Nur : 45 

"Allah mencipta kesemua hewan daripada air"

Dari uraian ayat-ayat Al-Quran diatas sudah bukan lagi sebuah teori saja bahwa air memegang peranan penting dalam kehidupan ini. Bahkan urusan penciptaan makhluk hidup saja ada unsur air yang digunakan. Oleh karena itu sudah selayaknya manusia selaku mahluk Tuhan yang memunyai akal dan fikiran menyadari tentang bagaimana menjadikan air sebagai sahabat. 

Bersahabat dengan air artinya menjadikan air sebagai benda yang penting, menjadikan air sebagai unsur yang tidak bisa disepelekan dalam kehidupan serta menjadikan air sebagai salah satu teman yang harus kita perhatikan kelangsungannya. Terkait dengan hal tersebut maka ada beberapa poin penting yang bisa kita telaah bersama-sama.

Air Jalan Kehidupan

Sebagaimana jalan ia bisa membawa kehidupan ini ke tempat tujuan. Semua orang artinya membutuhkan jalan untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Maka menjadikan air sebagai jalan kehidupan artinya air digunakan manusia untuk bisa terus melangsungkan hidupnya. Manusia dapat beraktivitas dengan bantuan air. Oleh karena itu menjaga air adalah kewajiban bagi seluruh manusia. 

Air Sarana Kehidupan

Sarana adalah tempat atau fasilitas yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Sama halnya dengan air jika kita menjadikan air sebagai sarana kehidupan maka kita akan terus menjaga air hingga akhir nanti. 





Kewajiban Bersama dalam Menjaga Air

Untuk dapat menjaga air tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Perlu kebersamaan dari semua pihak. Mulai dari hulu hingga ke hilir. Maksudnya adalah di hulu kita punya kewajiban menjaga sumber mata air. Hentikan penebangan pohon yang dapat memutuskan mata rantai kelangsungan air, Hentikan eksploitasi sumber air untuk kelangsungan sekelompok orang maupun perusahaan, hentikan eksploitasi tambang dan sejenisnya di daerah sumber-sumber air. Mari bersama-sama kita menjaga sumber-sumber air dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dari kepentingan pribadi dan orang-orang yang rakus untuk kepentingan dirinya sendiri. Air adalah milik bersama oleh karena itu menjaganya adalah kewajiban kita bersama-sama.

Mari  Berdiskusi Tentang Penyelamatan Air

Sudah saatnya kita duduk bersama-sama memikirkan bagaimana kelangsungan air untuk generasi yang akan datang. Giatkan diskusi tentang penyelamatan air, memikirkan bagaimana strategi penyelamatan air, memberikan sugesti kepada masyarakat untuk terus menjadi pelopor penyelamatan air di sekitarnya. serta terus menerus mengedukasi masyarakat agar bersahabat dengan air. 


Menghargai Air sehingga Lebih Bernilai

Memperlakukan air menjadi sesuatu yang bernilai tinggi perlu usaha yang terus menerus. Barang yang bernilai tinggi dipandang dari kebutuhan dan tingkat kepercayaan masyarakat. Air bisa saja dijadikan benda yang bernilai tinggi apabila tingkat kepercayaan semakin tinggi.

Air Roda Kehidupan

Ibarat roda air terus menerus berputar. Siklus air yang alami menjadi penanda tinggi atau rendahnya campur tangan manusia. Jika siklus air dihambat oleh aktivitas manusia maka bersiaplah akan bencana yang menimpa kelangsungan hidup kita.

Stop Krisis Air yang mengakibatkan jatuhnya Korban

Bijak dalam memperlakukan air untuk kelangsungan hidup manusia antara lain menghentikan penyebab dari krisis air. Kekeringan, banjir, badai, dan tanah longsor adalah beberapa bencana yang diakibatkan oleh krisis air. Daerah-daerah yang mengalami krisis air tentu akan rawan sekali tragedi kemanusiaan. Krisis air akan menyebabkan kelaparan, rawan penyakit, angka kematian yang tinggi hingga kriminalitas yang meningkat. Oleh karena itu mari kita hentikan faktor penyebab krisis air sedini mungkin. Menghijaukan kemabali hutan, tidak mencemari sumber-sumber air, memberikan sangsi kepada perusahaan atau industri yang tidak ramah lingkungan serta menindaklanjuti masyarakat yang ikut mencemari sungai dan sumber-sumber air lainnya.

Bijak Mengkampanyekan Air untuk kehidupan

Menjaga air adalah tugas semua manusia tanpa terkecuali. Namun kenyataannya tidak semua orang yang peduli dan mengerti tentang tanggungjawab ini. Oleh karena itu usaha dari sekelompok orang yang peduli terhadap air adalah mengkampanyekan Air untuk kehidupan. Memberikan edukasi kepada masyarakat di semua lapisan masyarakat. Cara nya bisa saja dengan kampanye hemat air di sekolah-sekolah, lembaga- lembaga pemerintah, lapisan masyarakat mulai dari keluarga, rukun tetangga, hingga masyarakat luas, berbagai media cetak, elektronik, hingga online. Semua harus diberdayakan agar pesan-pesan tentang penyelamatan air dapat tersampaikan.

Masyarakat Pemenang

Apabila semua lapisan masyarakat telah bersatu padu bahu membahu menyadari tentang pentingnya air di kehidupan ini maka yang akan menjadi pemenang adalah masyarakat juga. Kita akan semakin lama menikmati anugerah air di kehidupan ini. Anak cucu kita juga akan menikmati air di kehidupan mereka kelak. Semoga.



3 comments

  1. Sulit membayangkan hidup tanpa air bersih. Jangan sampai Indonesia menjadi seperti negara kaya air di bawah tanah namun kekeringan di atasnya. Ayo... jaga air untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita

    ReplyDelete
  2. Nyatanya memang banyak orang yang gak sadar sering menyalahgunakan air. Ahh, semoga segera disadarkan, termasuk kita yang mungkin kadang lupa :)

    ReplyDelete
  3. Semuanya ada di tangan masyarakat ya mb wita, kadang masyarakat ada yang suka nyalahin pemerintah tapi ga sadar kalo suka buang limba domestik ke sungai2

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.