Puding Pepaya Cantik




Minggu kemarin Ceritanya lagi arisan RT nih, Bingung mau buat apa ya...Pesan kue ternyata tempat mesannya cukup jauh dari rumahku. Mau beli di pasar males. Nah, untung saja aku baru ingat dulu pernah dikirimi oleh Mama angkat suamiku yaitu buah pepaya. Tadinya pepaya itu tidak terlalu menarik perhatianku karena sudah sering kaan buah pepaya menjadi menu kami sehari-hari di rumah. 
Tapi...

"Mi, Kok Puding dari Mama gak di makan?"

"Pudingg...? Gak ada kok puding dari Mama tadi malam, yang ada sate, kue, sama kerupuk, eh satu lagi Pepaya." Kataku

Lalu si Hubby mengeluarkan potongan pepaya aneh dari dalam kulkas. Gimana gak aneh, lah kulitnya pepaya tapi isinya putih. Ternyata, pepaya yang kukira seperti biasanya adalah puding.

Aku segera memotong puding pepaya pemberian Mama tersebut. Dan ternyata rasanya Enyaaakk..Anak-anakku suka. Rasa manis dari puding dipadu dengan rasa manis dari pepaya nyatu banget.. Lumerrr di mulut. 

Nah, langsung deh eksekusi ketika arisan RT dirumahku.

Baca Juga : Nugget Ayam Bayam

Bahan-bahannya:

Agar putih 2 bks
Pepaya ukuran besar dengan matang sedang (kemarin aku pakai 2 pepaya)
Gula segelas (bisa lebih bisa kurang tergantung selera yaa..
tepung maizena 1 sdm
santan kelapa sedang (tidak terlalu encer tidak terlalu kental) 5 gelas (sebenarnya bisa sampe 6-7 gelas sih...karena aturan pakai 1 bks agar kan bisa menggunakan 4 gelas air).
vanile, daun pandan.





Bersihkan pepaya dari bijinya, lalu cuci bersih. Bisa juga dicuci dahulu baru dipotong. Ingat memotong pepaya dengan cara dibelah ya, bukan dipotong. Hal tersebut berguna agar puding cair menempati ruang kosong pepaya dan tidak tumpah. 



Kerok daging pepaya menggunakan pisau kerokan buah. Bentuk nya bulat di kedua ujungnya. Pisahkan daging pepaya yang sudah dikerok pada wadah lain. Jangan mengerok terlalu dalam hingga ke kulit pepaya dikhawatirkan bolong dan bocor deh. Jadi hati hati ya ketika mengeroknya. Pake perasaan eeaa...


Masak Santan, Gula pasir, bubuk agar, vanilla, daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih tambahkan maizena yang telah dicairkan dengan air ke dalam adonan puding. 

Setelah mendidih tunggu sekitar 1 menit sambil tetap di aduk aduk. Lalu masukkan ke dalam cetakan pepaya tadi hingga penuh. 

Masukkan kerokan pepaya tadi ke dalam puding. Tidak usah semuanya, cukup untuk mempercantik saja. 



Masukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah beku siap untuk dipotong potong sesuai selera. 




Cara memotong puding pepaya bisa dilakukan dengan mengupas kulit buah terlebih dahulu
Puding pepaya siap disantap. Hmmm yummy.. 



Nah, ini penampakan hasilnya. Cantik ya...


Selamat mencoba ya.. 

Tips
Untuk mendapat hasil puding pepaya yang cantik pilih pepaya yang tidak terlalu keras atau terlalu matang. Jika terlalu matang dikhawatirkan ketika memotong daging pepaya akan lembek dan berburu. 
Namun jika terlalu keras akan sulit di kunyah terutama yang ga punya gigi hahaha.. 

Yang kedua tips nya, setelah dikerok daging Pepaya nya masukkan ke dalam lemari es supaya pada saat disiram puding cepat dinginnya. 






18 comments

  1. Bagus iiih... gampang ya bikinnya. Tapi kalo aku yang bikin mah kayaknya bakal compang camping, gak pinter motong hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak kok mba punky.. Ga papa compang camping yang penting sampai ke mulut enak aja..

      Delete
  2. Catiiikkk! :3
    Ini bisa di coba nih buat alternatif. meski kalau pepaya biasanya aku makan langsung gitu aja sih. Hiihihi

    ReplyDelete
  3. bagusnya kulitnya dikupas dulu yah bu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikupas dulu boleh juga, tapi khawatir ada yang bolong ntar bocor. Fungsi kulit juga sebagai penguat biar ga bocor..

      Delete
  4. pengen cobain bikin kayak gini dari kapan tau, tapi pake semangka. tapiii gak sempet2 euy...

    ReplyDelete
  5. Enyaaak. Belum pernah bikin, tapi tetanggaku sering bikin dan kasih aku hahaha

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lebih enak lagi dong kan gratis.. Hehe..

      Delete
    2. Wah lebih enak lagi dong kan gratis.. Hehe..

      Delete
  6. Kreatif bu, jadi kepingin buat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi coba yuk mba Astin, sederhana tapi enak kok

      Delete
  7. Kepengen nyoba, tapi kalau disuruh milih pepaya ga pernah bisa dapat yang bagus, mesti deh kalau sampai rumah, pepayanya udah lembek2 gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya minta tolong Abang Abang yang jualan pilihkan yang pas matang nya sesuai kapan mau menggunakannnya

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.