Cara Alami untuk Hidup Sehat di Usia Produktif

Konten [Tampil]


Hai pembaca setia blog kita tercinta selamat senin! Yeeaay siapa yang gembira dengan datangnya senin nih? atau ada yang nelangsa dengan senin ? Yah, pada dasarnya semua hari sama saja ya kan? yang membedakan adalah suasana hati kita betul gak? 


Kali ini pembahasan kita adalah tentang Cara alami untuk hidup sehat di usia produktif.


Usia produktif yakni usia dimana setiap individu dapat produktif dalam menghasilkan suatu karya. Usia ini kisaran 20-45 tahun. Dimana rentang usia tersebut adalah dimana secara fisik setiap individu sedang dalam kondisi prima. 

Tidur teratur 

Dalam menjalani aktivitas keseharian seringkali agenda-agenda yang telah kita buat sangat padat. Namun demikian sepadat apapun agenda kita tetap harus menjaga pola tidur setiap hari. Akuu termasuk yang suka dengan menumpuk pekerjaan dalam suatu waktu, hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan organ tubuh. Karena sistem organ tubuh kita sangat peka terhadap banyak sekali pola yang tidak sehat. Misalnya saat kita kurang tidur maka kerja tubuh akan mengalami berantakan. Jam istirahat tubuh akan terganggu yang kahirnya akan mempengaruhi pola kerja organ tubuh lainnya. 

Untuk itu tidur teratur sangat diharapkan agar organ-organ tubuh mendapatkan hak nya. 

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan teratur adalah investasi jangka panjang untuk setiap individu. dengan pola makan teratur artinya kita menjaga organ-organ tubuh tetap pada fungsinya masing-masing. Sangat berbanding terbalik jika ada individu yang tidak makan dengan teratur, tentu tubuhnya akan semakin keras memberikan perlindungan untuk melawan berbagai ketidakteraturan. Misalnya saat pagi hari, jika tubuh tidak sarapan, maka lambung yang sudah kosong sejak malam akan bekerja keras mengeluarkan zat asam lambung. Lama-kelamaan jika dibiarkan saja maka lambung akan semakin sakit dan menjadi penyakit. 

Olahraga teratur

Olahraga sangat banyak manfaatnya diantaranya melancarkan peredaran darah, meregangkan otot-otot agar tidak kaku dan tegang, membakar lemak yang dapat merugikan tubuh. Utuk itu disarankan olahraga teratur agar tubuh tetap sehat. 

Menghindarkan dari  stres

Stress adalah kondisi dimana tubuh sangat membutuhkan relaksasi namun si pemilik tubuh tetap memaksa untuk berpikir dan bertindak. Stress juga kondisi kejiwaan yang sangat berpengaruh dan akan menjadi masalah jangka panjang jika tidak ditangani dengan baik. Stress dapat berasal dari lingkungan baik keluarga, masyarakat maupun tempat bekerja. Menjuhkan stress adalah kondisi dimana kita harus memberikan hak kepada tubuh untuk bekerja sesuai fungsi nya masing-masing. 

Manajemen waktu

Waktu yang ada tidak perah bertambah dan berkurang. Yang membedakan antara satu orang dengan yang lain adalah bisa tidaknya seseorang memanajemen waktu dengan baik sehingga dia bisa berbuat lebih banyak lagi.

Inilah Cara alami untuk hidup sehat di usia produktif agar kita daat berbuat lebih banyak lagi. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.