Tips Mengurangi Pengeluaran Membengkak selama Ramadan

Marhaban ya Ramadan



Bu ibu sudah pada ancang-ancang dong ya, ketika Ramadan tiba. Biasanya yang paling ketat ketir itu adalah para istri.

Gimana ga ketar ketir gaji sebulan Ramadan kan tidak bertambah, namun yang sudah di depan mata adalah pengeluaran dapur yang membengkak. Membengkaknya pengeluaran dapur nih biasanya karena beberapa hal antara lain:


  • menu berbuka puasa 
  • menu sahur
  • seragam ramadan
  • baju baru saat lebaran
  • renovasi rumah 
  • mempercantik rumah dan ruangan


Nah, diantara beberapa hal di atas pasti ada salah satu nya yang akan membuat kita para ibu kalang kabut memikirkan pos mana yang akan di pilih. Yang jelas kalau kita selalu tidak puas dengan apa yang kita punya maka tentu dorongan untuk memenuhi segala keinginan tersebut bisa saja menjadi Maslaah dalam.pengeluaran Ramadan.

Nah, bagaimana cara menyiasatinya?

Belanja seminggu sekali di pasar pagi

Aku sudah mencoba cara ini untuk mengerem pengeluaran bulanan, ternyata berbelanja keperluan dapur seminggu sekali efektif dalam pengaturan keuangan yang lebih konsisten. Tentu sebelum berbelanja kita siapkan terlebih dahulu menu-menu yang akan kita beli bahannya agar tidak mubazir.

Coba tulis menu selama seminggu lalu termasuk untuk berbuka puasa dan sahur sehingga kita bisa mempertimbangkan bahan yang akan dibeli saat di pasar. Membeli di pasar adalah salah satu cara untuk mendapatkan harga yang lebih murah karena biasanya di pasar pagi akan banyak sekali sayur mayur segar yang diperoleh langsung dari tangan pertama.

artikel terkait : 7 Cara mengelola keuangan rumah tangga

Hindari membeli menu berbuka yang beragam

Pada bulan Ramadan biasanya banyak banget pasar kaget yang akan dibuka dari sore hari hingga menjelang berbuka, biasanya saat saat seperti itu akan banyak banget makanan enak yang kita lihat hal ini wajar karena kita dalam keadaan yang lapar. Pada saat lapar keinginannya untuk membeli menu berbuka pasti banyak banget.

Nah, jika memang mau membeli sesuatu, sebaiknya pilih satu atau dua menu saja dan secukupnya.

Pilih memasak sendiri daripada membeli




Bulan puasa biasanya jam kantor akan dipercepat pulangnya, oleh karena itu manfaatkan untuk beristirahat dan memasak sendiri makanan di rumah, bukan sebaliknya dimanfaatkan untuk cuci mata.

Pulang kantor siapkan menu berbuka dan makanan setelah berbuka secukupnya sesuai dengan menu yang telah kita siapkan sebelumnya.

Hindari membuat menu berbuka lebih dari satu karena akan mubazir tidak termakan. Apabila memungkinkan untuk di makan saat sahur tentu lebih baik untuk menghindari terbuangnya waktu saat sahur.

Utamakan makanan berat dan bergizi

Saat berbuka puasa  pastinya selera makan akan menurun karena banyak mengkonsumsi air untuk memenuhi dahaga karena berpuasa, apalagi menu  yang disajikan beragam. Hindari banyak camilan yang tidak mengenyangkan. Biasanya camilan akan menurunkan selera makan. Apalagi jika memiliki anak kecil tentu akan menjadi sangat sulit mengatur pola makan nya. 

Membeli Keperluan lebaran Hemat

Dalam rangka menyambut Ramadan biasanya banyak banget keperluan menyambut lebaran, misalnya kebutuhan pakaian. Salah satu cara untuk menghemat dengan membeli pada bulan promo seperti di Tokopedia. Tanggal 24-26 Mei 2018 Tokopedia akan memberikan bulan kejutan untuk para pelanggan dengan berbagai promo Ramadan Ekstra Tokopedia. 

Ramadan Ekstra Tokopedia 24 dan 25 Mei 2018 yakni : 

1. Semarak Ramadan Ekstra (Kejutan Diskon 99%)

Pada Semarak Ramadan Ekstra kali ini akan ada Shake-Shake kejutan (Hadiah) caranya Buka aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu dan "Shake-shake smartphone untuk kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai hadiah seru, promo menari dan kejutan diskon 99% untuk produk-produk terbaik pilihan. Artist Performance, Fashion Show by Exlusive Collaboration

Saksikan juga countdown menuju "Ramadan Ekstra Kejuatan Belanja Online" pada 24 Mei 2018 pukul 20.30 WIB yang disiarkan secara langsung di NET, MNC TV dan Trans7 dengan penampilan artis-artis papan atas Indonesia dan juga peragaan busana (fashion show). Berkolaborasi dengan brand-brand fashion ekslusif di Tokopedia semua produk fashion yang diperagakan bisa dibeli secara langsung melalui aplikasi aplikasi Tokopedia.

artikel terkait : Tips Belanja Hemat selama Bulan Ramadan


2. Ramadan Ekstra (Kejutan Belanja Online (25 Mei 2018)

Tokopedia akan memberikan kejutan belanja berupa Shake-shake (5x sehari) diskon 99%, dengan cara membuka aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu, "Shake-shake smartphone hingga 5 kali dalam sehari untuk kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagi promo menarik, hingga hadiah utama Toyota Yaris yang didiskon 99%.

Flash Sale

Nah, ini yang membuat jantung berdebar-debar Flash sale. Rebut dan Jangan sampai kehabisan berbagai produk pilihan terbaik Tokopedia dengan harga miring serba 25.000 untuk semua produk flash sale Tokopedia.

Save My Coupon

Kalau promo ini ditujukan untuk pelanggan yang telah mengumpulkan kupon promo menarik di Tokopedia, saatnya gunakan "Save My Coupon" milikmu untuk tambahan promo Ekstra. 

Promo lainnya dan Exclusive Brand

Selain itu, dapatkan juga berbagai promo Ekstra Cashback lainnya untuk berbagai produk di marketplace dan juga produk digital Tokopedia serta berbagai penawaran menarik dari pilihan brand-brand ekslusif dari Tokopedia.



1 comment

  1. belanja seminggu sekali n masak emang bikin hemat aku pun begitu hwehe btw ga sabar ni promonya tokped y mb

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.