Blogger itu pekerjaan paruh waktu yang Mengasyikkan

Kalau ditanya pekerjaan paruh waktu apa yang bisa dikerjakan dengan senang hati? Maka aku akan menjawab Blogger.

Aku seorang ASN guru, I am blogger. Menekuni pekerjaan keduanya tidak ada bentrok bentroknya. I am enjoy my life.


Sekitar tahun 2011-2014 adalah masa masa awal menulis di blog, saat itu blog ku dibuatkan oleh seorang sahabat dunia maya, aku sama sekali buta tentang blog sehingga mesti mendapatkan bantuan teman untuk memiliki blog.

Singkat cerita aku punya blog dan menulis di sana apa yang ingin ku tulis. Tulisan curhat, jauh dari kesan formal, tak bermanfaat bahkan terkesan memindahkan diary yang tadinya di buku ke gawai saja.

Seingatku beberapa tulisan tadinya adalah lomba blog yang mesti mencantumkan banyak sekali link didalamnya. Bayangkan setiap satu kata tertentu di dalam tulisan mesti nge link. Haha

Lalu akhir tahun 2015 ternyata banyak sekali kumpulan blogger di media sosial, akupun ikut arus  menjadi anggota blogger, sebagai salah satu anggota kumpulan blogger, yaitu Kumpulan Emak Blogger berlanjut dengan Blogger Perempuan.

Karena komunitas blogger ini berasal dari ibukota, sementara di daerah tempat aku menetap di Kota Bengkulu yang belum pernah disentuh dengan acara blogger maka sangat besar keinginanku untuk bisa berkomunitas seperti para blogger ibukota.

Setiap hari wara-wiri di timeline acara kumpul blogger baik yang berupa sponsorship maupun uang free, dengan peserta dan pemateri yang kece badai.

Iri dong, lah iyalah. Mereka yang berkomunitas pasti mendapatkan ilmu dan sharing pengalaman berharga sesama blogger tentunya.

Setelah bincang secara non formal dengan blogger yang sama-sama berasal dari Bengkulu serta memiliki visi yang sama yakni membentuk wadah kumpul blogger di Bengkulu maka muncullah ide komunitas Blogger di Bengkulu.

Tak lama akhirnya terbentuklah Blogger Bengkulu sebagai wadah blogger di kota Bengkulu. Senang banget pastinya,

Perlahan Bengkulu mulai menapakkan kaki di mata nasional, berbagai tulisan blogger Bengkulu bisa langsung di akses oleh banyak orang dari penjuru Indonesia maupun dunia, dunia maya menjadi saksi bahwa Bengkulu kota kecilku yang dulu tak dikenal oleh banyak orang sekarang menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan oleh para traveler.

Tahun lalu even dimana Blogger Bengkulu menjadi salah satu partner Pemda Provinsi dalam mempromosikan budaya dan wisata Bengkulu patut diapresiasi oleh blogger Bengkulu, jangan sampai disia-siakan kesempatan emas para blogger Bengkulu untuk unjuk gigi menjadi bagian promote Bengkulu.

Perlahan tapi pasti semakin banyak yang mengenal Blogger Bengkulu semakin majemuk pula latar belakang para anggota Bobe dan inilah sebenarnya aset yang tidak ternilai bagi Bobe.

Blogger Bengkulu pada sebuah acara 

Kemajemukan latar belakang dan pemikiran itu hendaknya menjadi sebuah energi besar yang dapat dikumpulkan secara bersama-sama untuk membesarkan komunitas kecil ini menjadi sebuah Komunitas besar yang akan diperhitungkan nantinya.

Welcome Bobe to the mission of Bengkulu Camkoha.

Blogger dan uang

Didalam perjalanannya seorang blogger, memang tidak bisa dipungkiri ada imbalan yang lebih dari sekedar dikenal dan populer saja. Ternyata profesi Blogger bisa menjadi pekerjaan yang mengasikkan sekaligus menjanjikan.

Ini adalah sekian faktor mengapa aku tak pernah jera dari dunia blogger. Begitu banyak yang telah aku dapatkan di profesi ini. Branding, uang dan materi adalah imbas darinya.

Salah satu hasil ngeblog

Membeli perlengkapan si kecil


Receh-receh bahagia

Pada tulisan ini aku cerita blak-blakan tentang receh yang aku dapat dari nge-blog. Kenapa dibilang recehan karena memang betul-betul receh. Namun jika ditekuni dengan riang gembira receh itu akan menjadi sesuatu yang sangat bernilai harganya.

Nah, kami para blogger menyebutnya sebagai job. Job ini adalah pekerjaan blogger yang ujungnya adalah sejumlah fee yang akan diberikan kepada blogger. Fee sama dengan uang, namun ada juga yang berupa barang, voucher dan sebagainya.

Pembukuan ngeblog perbulan

Mesti dibukukan agar rapih


Karena job sifatnya tidak menentu jadi kita mesti jeli dan aktif di sosial media yang sewaktu-waktu akan menawarkan job melalui akun media sosial yang dimiliki. Bisa melalui Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, tulisan blog maupun review.

Asyiknya, di Blogger Bengkulu maupun di grup blogger lain selalu ada broadcast tentang job, sehingga setiap blogger berpeluang memburunya dan bersiap siap untuk mengerjakan job apabila terpilih.

Kalau sudah bicara uang sering sekali ada perbedaan pendapat antara sesama blogger diantaranya tentu lah tentang besar kecil fee yang didapat.

Kalau menurut aku sih, masalah rezeki ada Allah yang maha mengaturnya, jadi bersikap legowo dan qonaah sangat penting untuk menghindari segala bentuk konflik kepentingan dalam sebuah komunitas.

So tetap tunjukkan taringnya wahai Blogger Bengkulu, tetap humble dan merangkul semua pihak yang ingin belajar dan berbagi.

31 comments

  1. Wah blogger bengkulu ya mbak. Saya kenal beberapa penulis dari bengkulu mungkin aja temanan sama mbak di komunitas. Semangat terus ya mbak untuk ngeblognya.

    ReplyDelete
  2. Recehnya udah banyak Mak... Ide bagus itu dicatatin ya.. hahaha.. Ross dulu lah sebagai sesama guru yang nge-blog

    ReplyDelete
  3. Keren pake pembukuan segala. Udah profesional yang kek gini mah...

    ReplyDelete
  4. Waaah salut untuk usaha membuat pembukuannya. Aku udah niat juga sih sebenarnya untuk mencatat setiap pemasukan dari ngeblog. Tapi kadang lupa. Huhu. Mau mulai lagi ah.

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka nge blog dan ikutan blog competition mba hehhehe.. tapi salut juga sama ide pembukuannya mba ^^

    ReplyDelete
  6. Hai...akh ternyata ngeblog udah lama ya. Salut ih ampe di bukukan. Great! aktif di medsos adalah bagian kita eksplore ya buat dapatin pekerjaan. Pun rejeki udah di atur. Saya kalau waktunya bisa ya daftar. Kalau nggak ada fee tapi materi bagus ya datang. Lapang aja hati. Mau cari berkah saya melalui tulisan. Salam hangat dari Jakarta ya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mba kerenn ya di bukuin kalau saya sih ngalir aja di atm haha. Dan memang blogger itu sangat menjanjikan banget.

    ReplyDelete
  8. wah penghasilan saya ngeblog malah ngga ada pembukuannya. sy udah niat juga sih sebenarnya untuk mencatat setiap pemasukan dari ngeblog. Tapi kadang lupa.

    ReplyDelete
  9. Wowwww... Luar biasa pendapatannya perbulan ya moms. Bisa buat jajan sikecil dan nyenengin diri sendiri juga. Happy blogging dan tetap menulis dengan bahagia

    ReplyDelete
  10. saya juga bikin pembukuannya hehehe, meski suka ada aja yang lupa gak ke catet

    ReplyDelete
  11. Seru banget memang jadi blogger. Waktu awal dapat job blogger, saya suka catet. Itu rasanya seneng banget. Eh pas sekarang males nyatetnya, heheh.

    ReplyDelete
  12. Menjadi blogger mengasyikkan ya mbak, tapi juga jangan salah tantangannya juga banyak. Apalagi kalau bergelut dengan deadline dan juga mikir keras untuk content yang berkualitas. Sukses terus mbak blogger Bengkulu hehehe

    ReplyDelete
  13. Ya ampun Mba, kamu rajin banget. Aku juga mau ah bikin pembukuan hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah ada pembukuannya. Saya dulu juga nulis awal2. Tapi skrg sudah g lagi.

    Saya lebih memilih masuk ke bank yg khusus penghasilan saya sendiri. Beda dgn bank yg ditransfer suami. Hahaha.. biar ketauan uang saya berapa.

    ReplyDelete
  15. Terinspirasi dr mbak nih aku soal pembukuan dr ngeblog , biar makin semangat ngeblog nya ya mbak dibuat pembukuan seperti itu. Aku ngeblog masih baru mbak dan terus belajar , salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  16. Blogger adalah sata-satunya profesi yang didukung sama suami saya untuk saat ini hahaha. Karena fleksibel dan bisa bikin saya happy. Jadinya doi support.

    ReplyDelete
  17. Iya banget. Aku sekarang jatuh cinta banget sama ngeblog. Jauh lebih suka ngeblog daripada nulis buku. Selain bisa curhat lebih bebas, lebih pendek, juga secara materi lebih mudah ya dapetnya. Alhamdulillah...:)

    ReplyDelete
  18. Aku suka juga di dunia blogging ini. Selain menyalurkan hobi, banyak kegiatan positif yang aku dapatkan selama ini mbak. Terutama bisa manfaat juga buat diri sendiri dan berbagi dengan yang lain

    ReplyDelete
  19. Waah boleh juga nih, pembukuan dari penghasilan blog. Managemen rapi

    ReplyDelete
  20. Waaahh keren banget sampai dibukukan gtu mbak, aku dulu pernah trus lama kelamaan gak konsisten. Jd pengen nyatet lbh rapi lg :D
    Btw itu di foto yg perlengakapan si kecil yg kyk layar mnitor itu apa ya? jam tangan?

    ReplyDelete
  21. Iya sama aku pun mencacatat pendapatan dari ngeblog dan aku gabung di rekening khusus. Alhamdulillah jadi bangga ya punya penghasilan sendiri

    ReplyDelete
  22. Kalo aku malah dulu pertama kali nge blog itu bener bener otodidak, awalnya baca di majalah info komputer mengenai blog, trus disitu ada panduan bikinnya. trus utak atik berbulan bulan, baru deh berhasil bikin maklum, dulu belum ada blogspot, adanya dagdigdug.com

    ReplyDelete
  23. Saya juga enggak menyangka ngeblog bisa semenyenangkan ini :)

    ReplyDelete
  24. Sama kita mba, tiap pemasukan dari blog selalu dicatat, haha
    Buat kenang-kenangan nanti ya bahwa dulu kita pernah dapet duit dari ngeblog dgn nominal sekian dan sekian, hehe

    ReplyDelete
  25. asek ga asek.. yang penting berproduktif mbaa

    ReplyDelete
  26. Aku suka judulnya rumah itu bernama bkbe

    ReplyDelete
  27. Blogger Bengkulu eksis-eksis ya, keren mbak, ASN masih sempat ngeblog. Di Blogger Kepri jg ada yang ASN

    ReplyDelete
  28. betul mbak, namanya rejeki milik masing2... kita gak usah ngiri sama yg didapatkan orang lain. Terus berkarya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  29. ahhh ngeblog itu mau itu full time ato side job aja sama2 asyique ;) karena kan menulis blognya pakai hati (cinta) dan ehhh kuota juga ya

    rajin dibikin pembukuan gini, tangan jadi lentur hehehe aku bikin di excell aja, klo ditulis ngeri gak kebaca soale tulisanku kayak dokter

    ReplyDelete
  30. Rapi banget laporan keuangannya kece deh bu guru

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.