Tetap Nyaman bebas Gerah Saat Mengajar




Pukul 7.00 setiap hari adalah waktu mengawali aktivitas sehari-hariku, setelah sebelumnya berjibaku dengan tugas rumah tangga menyiapkan sarapan dan bekal siang anak-anak dan suami lalu lanjut dengan mempersiapkan keperluan diri sendiri yang akan di bawa ke sekolah.

Alhamdulillah, inilah rutinitas selama kurun waktu 12 tahun. Mengajar di madrasah yang tak jauh dari tempat tinggal. Memang jaraknya dekat namun kewajiban sebagai guru negeri mengharuskan jam hadir selama 37,5 jam/Minggu inilah yang menjadi aku harus selalu hadir di sekolah paling lambat 7.30 pagi dan pulang sore hari pukul 15.30 sore.


Sebagai guru kewajiban tatap muka di kelas diberikan oleh sekolah sebanyak 32 jam/Minggu yang jika dirata-rata menjadi 5,3 jam setiap harinya.

Sebagai guru aku harus berkeliling menghampiri satu persatu siswa di dalam kelas

Memang tidak ada pengaruhnya sih berapa lama kita bertatap muka kalau setiap hari meski hadir di sekolah dalam rangka memenuhi jam wajib hadir selama 8 jam/hari. Artinya meskipun tidak dalam kondisi tatap muka di kelas kita tetap punya kewajiban lain seperti mengoreksi tugas siswa, membuat bahan ajar, pengembangan diri maupun upgrade diri sendiri.

Dengan kewajiban seperti itu artinya aku harus rela menutup rambut selama 8 jam, tanpa sedikitpun membuka nya.

Memang diberikan waktu istirahat siang untuk sholat, makan dan istirahat, tapi jika kita memiliki jam tatap muka setelah solat Zuhur artinya tidak ada kesempatan mau merehatkan diri kan ya.

Kesempatan nya bisa saja saat antri  berwudhu, solat maupun makan siang, namun waktunya sangat singkat dan tak mencukupi untuk sekedar membiarkan rambut bernafas di udara bebas.


aku harus berdekatan dengan siswa saat mereka membutuhkan penjelasan ulang

Keadaan yang paling menyiksaku adalah ketika mengajar di jam jam terakhir yakni jam 7-8 yaitu pukul 12.45-14.00 dan jam 9-10 yaitu pukul 14.00-13.20, saat-saat itu kepala rasanya seperti dipenuhi banyak penghuni, mereka bergerak-gerak sepeti berjalan merayap di sela-sela helai rambut, inilah mikroorganisme penyebab rambut rontok dan ketombe yang makan kulit kepala dan akar rambut.

Terbayang dong, kalau sedang berada di depan siswa kitanya garuk-garuk kepala, atau saat-saat kepala gatal secara tak sadar aku sering mencuri-curi kesempatan menggaruknya dengan memasukkan tangan ke dalam hijab untuk sekedar menuntaskan rasa gatal.

Akibatnya kondisi ini menjadi hal yang paling tidak nyaman, posisi hijab menjadi berantakan dan paling parah akan mengundang perhatian para siswaku dan mereka akan berbisik-bisik ohhh noo haha.

Kebayang doong bagaimana muka Bu guru apabila ada siswa yang berbisik bisik sambil melihat penampilan kita? Oh my God malunya itu gak nahan kan.

Nah, waktu 2 -3 jam pelajaran akan seperti setahun lho rasanya. Bawaannya kesel, emosional, bisa-bisa siswa akan menjadi korban nya deh. Jangan salahkan siswa, sedikit bisa saja menjadi lampiasan emosiku yang tak terkontrol.

Karena pola inilah akibatnya berbagai masalah rambut menjadi momok yang menakutkan bagi kami pejuang hijab. Rontok, ketombe, rambut bercabang, mudah patah, dan lepek adalah masalah rambut yang sangat akrab dengan kehidupan kami para muslimah.

Saat pulang kerumah...

Pulang kerumah biasanya akan disambut dengan setumpuk kerjaan rumah yang sudah menunggu, dan prioritas ku biasanya tentu saja menyiapkan masakan untuk makan malam dan beberes rumah, akibatnya merawat rambut menjadi momen yang tak pernah kesampaian.

Malam pun tiba

Saat azan magrib berkumandang, maka aktivitas dapur biasanya akan semakin memuncak, menyiapkan makan malam, membersihkan wadah bekal hingga cuci mencuci biasanya adalah pekerjaan yang sangat menyita perhatian.

Satu satunya waktu rehat adalah menjelang tidur saat anak-anak sudah tertidur untuk mencharge tenaga agar fit lagi keesokan harinya.

Nah, inilah kesempatan ku memperhatikan rambut dan merawatnya. Kalau sudah keramas saat mandi sore menjelang magrib biasanya rambut yang masih tertutup handuk adalah saat saat yang tepat untuk merawatnya.

Untuk perawatan rambut alami aku bersyukur ada perawatan rambut dari Emeron yang lengkap, setelah di bilas dengan Emeron Complete Hair Care shampo yang berfungsi sebagai pembersih  dari kelebihan minyak, kotoran di rambut maupun mikroorganisme yang hidup nyaman di kepala.

Setelah keramas lalu dibaluri dengan kondisioner yang berfungsi mengembalikan kelembaban rambut karena di shampo tadi. Nah terakhir setelah rambut setengah kering tinggal mengoleskan nutrisi untuk rambut yang berupa serum rambut yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi rambut agar kuat, tidak mudah rontok, patah dan tetap.sehat meskipun menggunakan hijab.


Yang aku suka dari perawatan lengkap dari Emeron ini adalah banyak pilihannya antara lain, ada 3 varian yang semuanya baik untuk rambut terutama untuk para muslimah berhijab seperti aku. 

Black & Shine



Active Provit Amino yang akan melindungi rambut dari kusam. Didalamnya ada kandungan urang-aring yang telah lama terbukti membuat rambut menjadi hitam mengkilat.

Soft & Smoth



Active Provit Amino sun flower adalah kandungan baik dari bunga matahari yang terbukti melembutkan dan merawat rambut dari akar hingga ke ujung rambut sehingga halus dan lembut.

Damage Care



Active Provit Amino Avocado akan melindungi kutikula rambut sehingga menghindarkan dari kerusakan rambut. Rambut akan terhindar dari patah, bercabang dan rontok. Kandungan avokado akan menutrisi rambut dari lapisan kutikula sehingga sehat kembali.

Pulang dari mengajar, kepala tetap adem bebas gerah serta harum

Nah aku paling suka wanginya dari ketiga produk ini, soft banget dan tidak cepat hilang karena rambut kering. Yang paling senang itu tetap percaya diri saat mengajar di depan kelas, ketika berkeliling di kelas dan maupun ketika para siswa menghampiri saat menanyakan materi yang tidak mereka mengerti.

Warna pink dengan kandungan sun flower sangat harum dan lembut

Pertama kali membuka kemasan Emeron Soft & Smooth semerbak harum langsung semerbak, apalagi ketika dipakai di kepala hmm membuat aku dan anak-anak jadi betah keramas. Wanginya tahan lama lho meskipun sudah seharian.

Meskipun menggunakan hijab namun rambut tetap terawat dan lembut. Ketika rambut sudah baik maka mood akan menjadi normal mengajarpun menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Yuk coba Emeron untuk menjaga rambut kita. 


20 comments

  1. Saya dulu suka pakai yang emeron yang urang-aring bikin rambut jadi hitam. Pingin nyoba yang avocado tuh untuk mengurangi kerusakan rambut saya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urang aring bagus juga untuk mengkilatkan rambut

      Delete
  2. Emeron wanginya enak, mba? Aku belum pernah pakai emeron...

    ReplyDelete
  3. salut dengan bu Guru satu ini yang gak punya lelah. Selalu update terus blognya...

    ReplyDelete
  4. Tugas guru bukan hanya mengajar 8 jam per hari ternyata ya. Ada koreksi tugas, ulangan, belum persiapan diri utk sertifikasi dll. Repot...

    Yang kasihan yang honorer. Tugas sama, tapi ga ada sertifikasi dan honor pun kecil

    ReplyDelete
  5. Kayaknya asyik yah bisa ketemu perawatan rambut yang cocok. Cuma untung-untungan, jadinya kudu cobain dulu semua, biar tahu cocok atau enggaknya

    ReplyDelete
  6. Bu guruu... Kebayang gimana capeknya ya mbak, tapi setiap profesi profesi pasti ada tantangan masing2. Emeron emeron, emeron gaya rambut gaya mempesona, ah spontan aku nyanyi lagu iklan emeron jadul pas baca postingan mbak yurma

    ReplyDelete
  7. Pernah banget ngerasain Mbak. Dulu saya pernah jadi guru di boarding school. Apalagi kalau rambut kita panjang ya. Wah, kepala jadi kerasa panas.

    ReplyDelete
  8. Perawatan rambut alami seperti ino memang bagus ya mba.. dan aku suka wanginya

    ReplyDelete
  9. Bagi wanita yang berhijab, rasa gerah dan gatal memang jadi beban. Tapi kalau ufa nemu produk yang tepat, permasalahan jadi teratasi.

    ReplyDelete
  10. Oh, jadi ini rahasia yurma selama 12 tahun, ketahuan dong

    ReplyDelete
  11. Aku pakai conditioner yg avocado, enak di rambut jd gk kusut

    ReplyDelete
  12. Emeron varian baru makin oke, aku udah coba, suka!

    ReplyDelete
  13. Ternyata ibu guru madrasah tooooo. Waah emeron ini shampoo yang paling kusuka soalnya kentel gtu. Dulu suka ada iklan yang bilang bisa menghitamkan rambut. Jd aku pakai juga hehe.

    ReplyDelete
  14. Emeron ak blm pernah nyoba nih. Belakangan lg fokus sm ketombe. Eh, tyt ad varian anti ketombe jg y.. Coba ahhh

    ReplyDelete
  15. Mantap ibu guru nyaman, bebas gangguan rambut, proses belajar mengajar pun jadi lancar

    ReplyDelete
  16. emeron variannya semakin banyak

    ReplyDelete
  17. akhirnya terkuak rahasianya tetap nyaman dan bebas gerah

    ReplyDelete
  18. Shampo yang cocok menjadi kunci utama agar rambut bebas ketombe, sayang sekali saya ga terlalu cocok dengan shampo brand ini :)

    ReplyDelete
  19. Shampoo legend ini mah. Sejak aku balita udah ada.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.