Membaca karakter dari penumpang angkot



Kalau saja tak ada angkot entah apa jadinya aku sekarang. Yah angkot banyak sekali berjasa untukku terutama ketika  menyelesaikan sekolah menengah pertama hingga kuliah.
Tamat Sekolah dasar ayah menitipkan ku ke rumah family di kota. Sehingga sekolah lanjutan tingkat pertama ku juga di kota jauh dari rumah Ayah.


Jadi satu-satunya transportasi umum untuk pergi ke sekolah adalah angkot . Pulang dan pergi ke sekolah naik angkot, bersama sama teman-teman menuju sekolah tempat menuntut ilmu.

Karena setiap hari mengamati tipe tipe penumpang di angkot, aku jadi tau karakter banyak orang dari tingkah laku mereka ketika di angkot.

Keras kepala

Tipe penumpang angkot yang pertama adalah keras kepala, aku sering menemukan penumpang model begini setiap kali menaiki angkot, mereka akan memaksa penumpang lain untuk bergeser tempat duduk dimana mereka suka. Bahkan tak segan mengasari penumpang yang tak mau menuruti permintaan mereka. Misalnya jika mereka memilih tempat duduk di dekat pintu keluar maka sedikitpun mereka tak mau bergeser dari tempat duduknya sampai tiba tempat tujuannya.

Biasanya penumpang seperti ini tidak pernah peduli dengan kondisi penumpang lainnya, misalnya di sebelahnya ada wanita tua, hamil atau yang lebih berhak duduk maka mereka akan tetap kekeuh dengan pendiriannya untuk tidak bergeser.

Tukang ribut

Tipe kedua adalah tukang ribut, mereka akan terus mengobrol tanpa menghiraukan penumpang lainnya terganggu dengan sikapnya, seakan akan angkot itu adalah milik pribadinya. Mereka tak segan menceritakan semua yang ada dibenaknya tanpa memfilter layak atau tidak didengar publik.

Tipe cuek

Tipe cuek adalah mereka yang memiliki sikap tak mau tau dengan apapun yang ada di hadapannya, mereka juga tak mau menyapa atau sekedar tersenyum dengan penumpang lainnya.

Tipe Ramah

Tipe ini sering banget mengajak ngobrol atau menyapa setiap penumpang angkot lainnya, mereka tak segan bertanya tujuan, tinggal dimana maupun bercerita tentang banyak hal. Tipe penumpang begini biasanya bersahabat dengan siapa saja tidak mudah curiga kepada orang lain.


Tipe apatis

Tipe penumpang angkot apatis biasanya tidak mudah percaya sama orang lain, dia akan menjaga jarak dengan orang orang baru yang dilihatnya, memang di kota kota besar sebagian banyak yang bertipe apatis karena tingginya angka kejahatan di dalam angkot, namun sebagai penumpang bijak kita juga mesti pandai mengamati sekeliling kita tanpa harus bersikap apatis kepada semua penumpang batu yang kita temui tentunya.

Nah inilah tipe-tipe penumpang angkot yang wajib diketahui, yuk simak artikel lainnya tentang angkot dari Kumpulan Emak-emak Blogger dan Mak indahceris yang akan bercerita tentang pengalaman nya dengan angkot.

14 comments

  1. Aku...ng tipe apatis, bahkan cenderung segen klo diajak ngobrol sebelahnya, mungkin karena sangking pemalunya diriku ini mb wit #percaya ga kira2

    ReplyDelete
  2. aku tipe ramah mba wkwkwk tujuannya biar ada temen ngobrol dan ga ngantuk hahahha

    ReplyDelete
  3. Asyik. Aku juga suka naik angkot. Krna lebih aman dan lebih umum. Hihihhh. Aku kayaknya tipe biasa aja deh, cuek nggak, terlalu ramah juga nggak hihiii

    ReplyDelete
  4. Semoga saja tidak ada yang tipe copet ya mbak..bahyyya..

    ReplyDelete
  5. Hihi... lucu juga ya, ternyata penumpang angkot pun ada tipe-tipenya. Aku kayaknya termasuk ke dalam tipe cuek deh mbak ^^

    ReplyDelete
  6. Kalau fira sih tipe yang ketiduran. Apalagi kalau perjalanannya panjang.

    ReplyDelete
  7. Udah lama banget gak ngangkot makkk.. sampai lupa tipe yang mana 😂

    ReplyDelete
  8. udah lama ga naik angkot. sekalinya sama anak2 duh mereka suka banget. pas pulak, musiknya kencang dan lagunya anak2 ingat jadi memang diingat ama anak memori naik angkotnya

    ReplyDelete
  9. aku tipe ramah kalau penumpangnya cewek hahaha kalau biasa aku cuek aja sih

    ReplyDelete
  10. Saya rasa termasuk tipe ramah deh kalau naik angkot, mbak, pede banget yak haha

    ReplyDelete
  11. Wahh,, tipe apatis ini yang banyak sekarang hahahaha

    ReplyDelete
  12. Mbak, aku sudah lama banget gak naik angkot. Kemana-mana motoran. Hihiii. Tapi sebel ih kalo ketemu sama angkoters yang suka keras kepala. Geser aja gakmau ya ampun xD

    ReplyDelete
  13. aku tipe angkoters yg moody-an, klo lagi enak ya ramah, klo lagi pms prefer duduk di depan sendiri karena bawaannya betean pas pms

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.