Resep Soto Daging Sapi Enak dan Lezat

resep-soto-daging
Resep Soto Daging Sapi (foto : yurmawita)


Bosen dengan makanan berminyak, santan, atau tumisan yuk ah kita berkreasi dengan resep-resep soto berikut. Resep soto dari berbagai daerah di tanah air yang enak menggoyang lidah ini bisa Bunda coba di rumah.


1. Soto Padang

Bahan-bahan
Daging sapi 1/4 kg iris tipis dan kecil
minyak untuk menggoreng



bumbu halus :

10 bawang merah
3 bawang putih 
3 kemiri
Merica
Buah pala
Kapulaga
Cengkeh


Sereh memarkan
Laos memarkan
Jahe memarkan
Daun jeruk
Daun salam
Kaldu blok rasa sapi

Bihun rendam dalam air panas,
Bawang goreng untuk taburan
Kentang goreng
Kerupuk emping /kerupuk biasa


Cara membuat
Rebus daging hingga empuk, angkat lalu goreng hingga kering. Sisa air rebusan digunakan untuk bahan kuah. Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu halus, setelah wangi masukkan ke dalam air kaldu tambahkan daun sereh, salam, daun jeruk, kaldu blok, masak hingga kuah menyusut 3/4 nya tambahkan garam. Susun dalam mangkok, daging goreng, bihun, kentang goreng, emping lalu siram dengan kuah soto, tambahkan kerupuk dan bawang goreng. Sajikan panas-panas.

artikel lainnya : Bumbu Rendang Daging Sapi


2. Soto Betawi

Bahan-bahan
Daging sapi potong kecil-kecil rebus hingga empuk
Santan kelapa 1/2 
Soun
Emping
Bawang goreng

Bumbu halus
10 bawang merah
5 bawang putih 
3 kemiri
Merica
ketumbar
jintan
Jahe, sereh, lengkuas memarkan
Daun jeruk, salam
Seledri dan daun bawang


Cara membuat
Rebus daging hingga empuk, sisihkan. Rendam soun dengan air panas, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga wangi tambahkan santan kelapa, masukkan ke dalam kuah kaldu didihkan hingga kuah menyusut 3/4. Tambahkan garam, penyedap
Susun dalam mangkok, soun, daging sapi, emping dan kentang goreng, siram dengan kuah soto. Sajikan.

Resep soto daging sapi berikutnya adalah : 

3. Soto Daging Sapi 


Bahan-bahan

Daging sapi potong kecil-kecil rebus hingga empuk
Soun
kentang goreng
telur rebus
Emping
Bawang goreng

Bumbu halus
10 bawang merah
5 bawang putih 
3 kemiri
Merica
ketumbar
jintan
Jahe, sereh, lengkuas memarkan
Daun jeruk, salam
Seledri dan daun bawang


Cara membuat
Rebus daging hingga empuk, sisihkan. Rendam soun dengan air panas, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga wangi tambahkan santan kelapa, masukkan ke dalam kuah kaldu didihkan hingga kuah menyusut 3/4. Tambahkan garam, penyedap
Susun dalam mangkok, soun, daging sapi, emping dan kentang goreng, siram dengan kuah soto. Sajikan.

artikel lainnya : Resep kue tanpa oven

Nah, bagaimana sudah tidak sabar mau mencoba resep soto daging sapi? Yuk kita mulai praktek di dapur. Selamat mencoba

24 comments

  1. Wah makasih resepnya Mbak, bisa jadi referensi buat masakan besok nih.

    ReplyDelete
  2. Sudah gak sabar mau nyicipin resepnya nih Mbak, hehe.

    ReplyDelete
  3. Sip nih Mbak, jadi gak sabar mau praktek langsung.

    ReplyDelete
  4. Ai, dak padek ko mbak...maso kami dak dikasi cicip. Pencicipan dulu dong, biar kami yakin kalau ini resep enak hehehehee

    *ngarep

    ReplyDelete
  5. Aduh mbak, fira jadi lapar malam-malam. Terima kasih resepnya

    ReplyDelete
  6. Boleh nih dicoba resepnya mbak. Kami serumah penyuka soto. Tapi biasanya bikin soto ayam aja 😀

    ReplyDelete
  7. Pas lebaran, alih-alih masak opor ayam, ibu biasanya masak soto bening begini, mbak. Biar gak bosen makan makanan yang bersantan katanya. hehe

    ReplyDelete
  8. Wahh,, Soto Padanng. Jadi keinget semasa kuliah dulu mbak, dimana hanya pas awal bulan aja bisa nikmatin masakan ini. Sewaktu itu langganan kami ada di dekat Sawahan kota Padang, kalo mau tambah nasi, biasanya nasinya dikasih kerupuk merah. Onde Mande nikmatnya. :D

    ReplyDelete
  9. Embak, kayake pengen banget cobain weekend ntar, semoga bisa terealisasi, aamiin

    ReplyDelete
  10. Dirumah biasanya pas idul adha nih pesta soto, blh jg nih resepnya mba.

    ReplyDelete
  11. Pengen coba ahh mbak.. mama saya penyuka soto soalnyaa... thanks bangett mbak resepsnya

    ReplyDelete
  12. Cuus nanti di rumah mau eksekusi.

    ReplyDelete
  13. Enak-enak semua nih mbak. Save ah biar bisa dicoba di rumah nanti.

    ReplyDelete
  14. Seperti mudah ditiru. Tapi kapan nih mau masaknya , haha

    ReplyDelete
  15. Anak-anak suka makan soto , apalagi kalo masih hangat

    ReplyDelete
  16. Noted! Persiapan resep hujan hujan

    ReplyDelete
  17. Duh mbak bikin lapar Dingin2 gini.kalo aku suka soto daging yg dagingnya di goreng kriuk mbak kek soto padang

    ReplyDelete
  18. Slurrrrppps, seger kalo lihat makanan soto apalagi ditambah jeruk nipis pasti top

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.