Menjaga Kehamilan di Usia Senja

Konten [Tampil]

"Tambah lagi, Mi!"

"Wah, anaknya sudah besar, sepi ya, ayok hamil lagi!"

Gurauan teman-teman yang sering ditemui cukup menggelitik hati ku. Nambah lagi, haha. Sebenarnya kalau ditanya dari hati yang terdalam ada niat mau memiliki bayi lagi, rindu wangi bayi, tangisnya, ompolnya wangi mulutnya hmm semua yang berbau bayi. 


Siapa sih yang tidak merindukan bayi? apalagi jika anak-anak sudah mulai besar, rasa rindu menggendong bayi mulai menyeruak mungkin efek kesepian sih iya, atau barangkali efek terlalu lama tidak direpotkan oleh anak-anak haha.

Kalau sudah dirundung rasa sepi aku sering membayangkan memiliki bayi dan segala kesibukan dengan bayi hehe. Apalagi kalau ingat anak-anak sudah memiliki dunia sendiri yang seringkali tidak mau diganggu oleh orang tua. huhu..praktis deh rasa sepi mulai merayapi hati duh.

Namun untuk segera memiliki bayi lagi tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, mengingat usia sudah mulai menua. Setidaknya rencana memiliki bayi di usia senja harus berdasakan pertimbangan banyak hal antara lain kondisi kesehatan, psikis maupun lingkungan sekitar. 


Kondisi kesehatan

Petama kali yang harus dilakukan ketika memiliki rencana memiliki bayi di usia yang tidak lagi muda adalah cek kesehatan. Sebagai calon ibu hamil harus selalu memiliki riwayat kesehatan yang baik, apalagi masalah kehamilan bukanlah waktu yang singkat. Segera periksa kesehatan antara lain kesehatan rahim, tekanan darah, jantung dan organ vital lainnya sebelum meutuskan untuk hamil di usia yang tidk lagi muda. 

Bertambahnya umur seseorang tentu akan berdampak terhadap menurunnya kesehatan seseorang. Organ-organ penting dalam tubuh membutuhkan perhatian ekstra dan tidak bisa di porsir terlalu berat. 

Kondisi lingkungan keluarga

Memiliki bayi dan kehamilan memerlukan dukungan dari semua pihak terutama orang-orang terdekat si Ibu, karena lingkungan yang baik akan berdampak bagi kejiwaan dan kondisi psikis ibu hamil. Suport orang-orang terdekat itu sangat penting agar calon ibu hamil memiliki penguatan dan bisa menjaga kehamilan dengan baik. 

artikel terkait : 7 Mitos bayi baru lahir

Suami memiliki peran yang amat penting dalam mensuport ibu hamil, apalagi jika kondisi usia si ibu sudah tidak muda lagi. Sebaiknya seluruh anggota keluarga dilibatkan dalam menjaga kondisi ibu agar tetap fit. Bisa saja dengan berbagi peran dalam pekerjaan rumah misalnya. 

Ibu yang sedang hamil akan cepat merasa lelah, apalagi kehamilan di usia lanjut tentu akan semakin berat beban pekerjaan si Ibu. Untuk itu jika memiliki anak-anak yang sudah agak besar baiknya mendelegasikan pekerjaan yang ringan-ringan ke anak yang sudah bisa diberi tanggung jawab. 

Kondisi psikis

Kondisi psikis yang baik tentu akan berdampak bagi kehamilan si ibu, misalnya permasalahan keluarga sebaiknya dihindari jika telah merencanakan kehamilan. Ibu hamil yang nyaman dan tenang tentu akan berpengaruh bagi kondisi kehamilannya.

Jika kondisi-kondisi tersebut sudah baik maka si ibu sudah bisa disiapkan untuk hamil di usia senja. Bila umur telah di angka kritis untuk usia hamil tidak ada salahnya jika ibu mencari-cari cara agar cepat hamil tanpa menunda-nunda lagi. 

Jika Ibu sudah lama menggunakan alat kontrasepsi biasanya membutuhkan waktu untuk penyesuaian agar hormon kembali normal. Namun setiap ibu kondisinya berbeda-beda tentunya, sehingga bisa mempersiapkan diri untuk menyambut kehamilan. Namun jika kondisi tubuh si Ibu belum normal karena efek KB tentu harus bersabar menanti. Bisa juga untuk mengisi kekosongan dilakukan dengan mencari artikel tentang Tips cepat hamil setelah ber-KB yang banyak di beberapa buku maupun artikel online terpercaya.

Jadwal  Chek Up rutin

Apabila Ibu sudah dianugerahkan kehamilan di usia yang tidak muda lagi baiknya menjadwalkan Chek-up rutin  ke dokter kandungan untuk memantau kondisi bayi dan kondisi kesehatan ibunya. Jangan sepelekan jadwal Chek up rutin ini karena jika kehamilan ada masalah dikemudian hari dapat terdeteksi sedini mungkin. 

Nah, bagaimana sudah siap untuk menjalani program hamil di usia senja? Semoga ibu-ibu yang merindukan bayi diberikan kemudahan untuk menjalaninya. Karena setiap anak memiliki hak dan keistimewaan tersendiri sehingga selayaknyalah kita memberikan perhatian dan kasih sayang yang istimewa pula. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.