Tetap Sehat dan Bugar bebas Diare di Musim Hujan



Di saat cuaca sedang tidak bersahabat seperti akhir-akhir ini yang dikhawatirkan adalah masalah kesehatan anak dan anggota keluarga. Apalagi jika memiliki anak usia balita yang tubuh kecilnya memiliki daya tahan tubuh tidak sekuat orang dewasa.

Akibatnya tentu bisa diprediksi anak-anak sangat rentan terkena penyakit baik yang ringan seperti penyakit kulit,  gatal-gatal alergi,  flu maupun diare. 

Sebagai ibu bekerja aku tidak bisa Sepenuhnya Berada di dekat anak-anak 24 jam,  apalagi mereka juga sudah memasuki usia sekolah tentu kebersamaan dengan mereka sangat terbatas.

Salah satu cara untuk untuk tetap menjaga kesehatan mereka adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak.

Misalnya menjaga pola makan

Sebisa mungkin sebelum anak-anak memulai aktivitas sehari-hari ada nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka yang didapat dari menu sarapan. Sarapan sehat tak harus mahal tapi mesti  memenuhi kebutuhan nutrisi mereka diantaranya :

Asupan air

Air adalah komponen penting dalam tubuh seseorang,  untuk itu kita mesti memerhatikan Asupan air yang mereka minum dalam sehari.  Aku menyiasatinya dengan membawakan botol minum saat mereka berangkat sekolah.

Konsumsi air yang mereka minum bisa berasal dari minuman dan makanan yang cair seperti kuah sop,  kuah bakso,  jus. Jika di totalkan kebutuhan cairannya untuk anak usia 7-12 tahun sekitar 1.5-2 liter.


Asupan energi

Energi sangat dibutuhkan  untuk menunjang aktivitas mereka apalagi anak dalam masa pertumbuhan yang sangat aktif bergerak. Untuk memenuhi Asupan energi nya antara lain menyiapkan sarapan seperti roti,  nasi secukupnya,  kentang,  dan makanan pengganti dengan sumber energi tinggi. 

Asupan vitamin

Vitamin penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anak.  Selain itu vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Dalam menu sehari - hari seperti bekal untuk mereka ke sekolah biasanya saya selalu menyiapkan potongan buah dan sayur Serta sereal yang banyak kandungan vitamin nya.

Asupan mineral

Mineral penting sangat dibutuhkan oleh anak apalagi saat masa pertumbuhan, cuaca ekstrem maupun ketika penyembuhan setalah sakit. Kebutuhan mineral anak-anak usia sekolah biasanya didapat dalam menu sehari-hari mereka yakni buah dan sayuran. 

Waspada Diare dan Pencegahannya

Di musim hujan atau cuaca ekstrem adalah masa dimana saya harus ekstra berhati-hati dalam memelihara kesehatan anak-anak. Paling tidak jika mereka sudah mendapatakan asupan nutrisi penting dari dalam, maka tinggal mengusahakan perlindungan dari luar.

Kecenderungan anak-anak yang ingin bermain dan menyentuh benda-benda di sekelilingnya biasanya memicu terkena kuman penyakit seperti diare ke dalam tubuh mereka. Seperti aktivitas bermain di luar, bermain bersama binatang peliharaan, menyentuh mainan yang tidak dibersihkan secara berjangka, bahkan aktivitas di kamar kecil. 

Untuk itu saya sebagai ibunya selalu rewel apabila mereka selesai bermain bersama teman-temannya, atau setelah bermain bersama kucing kesayangannya. 

Cara Sederhana yang saya lakukan untuk melindungi Anak-anak dari Diare antara lain:

  • Mencuci tangan setelah bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Ketika beraktivitas di luar rumah, wajib sekali untuk mencuci tangan agar kuman atau bibit penyakit yang menempel tidak  terbawa serta saat makan. Kuman penyakit ini bisa saja penyebab diare pada anak
  • Membersihkan tangan dan pakaian setelah bermain dengan hewan peliharaan. Di rumah anak-anak menyukai kucing. Aku memberikan waktu khusus untuk bermain dengan hewan kesayangan mereka dan dengan beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar, antara lain : Tidak menggendongnya, tidak memegang bulunya sering-sering, tidak menarik ekornya, atau tidak menyakitinya. 
  • Menggunting kuku tangan dan kaki secara berkala. Kuku tangan dan kaki adalah salah satu sumber penyakit. Di bawah kuku biasanya tempat paling aman bersemayan kuman-kuman. Oleh karena itu membersihkannya seminggu sekali adalah hal wajib yang harus dilakukan. Aku menjadwalkan hari jumat sore adalah waktu utuk menggunting kuku atau hari minggu. 
  • Tidak memakan makanan yang telah terjatuh di lantai atau terbuka daam waktu yang lama. 
  • Tidak memperbolehkan jajan makanan yang terbuka tanpa penutup. 

Jika usaha dari dalam dibarengi dengan usaha pencegahan dari luar telah dilakukan semaksimal mungkin rasanya hati sudah tidak terlalu cemas ketika menghadapi musim hujan, keluarga telah terlindungi dengan baik. 

Semoga kita semua terhindar dari penyakit diare ya Bunda-bunda hebat. Selamat berbahagia. 

4 comments

  1. Di musim hujan memang banyak penyakit bermunculan, apalagi diare ya Mbak. Hmm, makasih tipsnya mbak, semoga tetap sehat selalu ^^

    ReplyDelete
  2. Anak-anak rentan terkena diare pas hujan gini, duh jadi khawatir kan. Apalagi mereka memang suka main-main hujan.

    ReplyDelete
  3. Memang bagusnya gitu ya, harus seimbang antara asupan makanan, buah, dan vitamin ya..
    Semoga kita semua sehat selalu..

    ReplyDelete
  4. Daku saklek untuk urusan cuci tangan nih, anak-anak sampai bete karena tiap hari, setiap dari luar rumah, mereka selalu kuingetin buat cuci tangan dan cuci kaki.
    Tapi memang paling atas ya, cuci tangan itu untuk urusan kesehatan :)

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.