5 Taman Keren di Jakarta

taman suropati jakarta
Sumber : Tarulh.com

Macet dan ruwetnya lalu lintas Jakarta memang sudah menjadi hal jamak. Namun Anda salah kalau menganggap Jakarta tak punya tempat bagi warganya untuk rehat dan melepas penat.

Nah, untuk menghilangkan penat dan sekedar beristirahat santai sore ada tempat nongrong seru nih, murah meriah dan sehat. Tempat tersebut adalah taman kota. 

Terdapat sejumlah taman yang bisa diakses warga untuk me-refresh pikiran setelah suntuk bekerja. Enaknya, taman-taman ini terletak tak jauh dari pemukiman, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh warga.

Keberadaan taman-taman di Jakarta juga semakin marak belakangan ini. Sejak 2015 lalu, Pemprov DKI memang telah menambah jumlah taman yang ada, dan memperbarui taman-taman yang sudah ada.

Jangan bayangkan taman yang hanya berisi pepohonan atau bunga-bungaan saja. Banyak taman di Jakarta dilengkapi fasilitas menarik untuk melakukan banyak kegiatan oleh berbagai lapisan warga. Membuat wisatawan jadi tak sungkan datang lagi ke Jakarta dengan memanfaatkan harga tiket pesawat promo demi jelajah wisata taman baru di Jakarta.

Fasilitas bermain anak, sarana olahraga macam jogging track atau outdoor gym, hingga danau buatan dan arena skatepark dan bikepark menjadi pelengkap taman-taman yang ada di Jakarta. Penasaran? Simak 5 taman keren di Jakarta berikut ini:

Taman Kalijodo

Taman Kalijodo atau dikenal dengan RPTRA Kalijodo ini sempat menarik perhatian sebab menimbulkan prokontra saat proses penggusuran yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta kala itu. Lokasi yang sebelumnya menjadi area prostitusi terbesar di Jakarta ini, telah menjadi ruang terbuka hijau dengan luas sekitar 1,4 hektar.

Dengan area luas seperti itu, Taman Kalijodo menawarkan berbagai fasilitas menarik yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh warga, mulai anak-anak hingga orangtua.

Arena bermain anak, area bermain sepatu roda, skate board dan BMX, terdapat di lokasi ini. Outdoor gym, lintasan jogging, bahkan perpustakaan pun ada di sini. Keberadaan fasilitas macam mushola, toilet, hingga area bazaar kuliner pun semakin membuat warga betah berlama-lama.


Taman Suropati 

Taman Suropati merupakan salah satu taman tertua di Jakarta. Taman yang terletak di depan rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, di bilangan Menteng, Jakarta Pusat ini, memiliki suasana yang sejuk dan asri, karena ditumbuhi banyak pohon rindang dan besar, serta bunga-bunga cantik. Selain itu juga terdapat banyak burung merpati yang dibiarkan terbang bebas di area taman.

Taman ini banyak dikunjungi oleh warga Jakarta terutama di akhir pekan. Tak cuma pagi atau siang hari taman Suropati juga ramai dikunjungi di malam hari. Pengunjungnya akan membludak pada Sabtu malam. 

Selain menikmati malam yang segar di taman penuh tanaman, suasana semakin menyenangkan karena anak-anak musik Institut Kesenian Jakarta (IKJ) kerap melakukan ‘konser’ di lokasi ini. Tak perlu khawatir perut keroncongan karena banyak pedagang yang mangkal di sekeliling taman. 

Namun untuk menghindari kesemrawutan, para pedagang tak diizinkan berjualan masuk ke area taman. Meski demikian, banyak ‘sales’ pedagang yang menawarkan jualan mereka pada para pengunjung untuk kemudian mengantar barang jualannya ke pengunjung taman.

Taman Menteng

Ketimbang Taman Suropati, taman Menteng memiliki area yang lebih luas. Fasilitas yang dimiliki pun lebih beragam. Taman yang berada di Jl HOS Cokroaminoto, Menteng,Jakarta Pusat ini dilengkapi dengan berbagai sarana mulai dari olahraga seperti lapangan basket dan futsal, sarana bermain anak, jogging track, serta air mancur. 

Selain itu, Taman Menteng juga memiliki area parkir yang luas layaknya parkir mall untuk mobil dan motor. Taman ini juga dilengkapi rumah kaca untuk pameran lukisan atau acara kesenian lainnya.
Taman Mangrove

Taman ini terletak di pantai indah Utara, Penjaringan, jakarta Utara. Berbeda dengan taman-taman lainnya, taman Mangrove ini memiliki area perairan yang luas.Sesuai namanya, taman ini dipenuhi banyak mangrove alias pohon bakau. 

Terdapat berbagai satwa menarik yang ada di tempat ini. Burung merpati bangau, kepiting dan beberapa jenis ikan dapat ditemui di sini.Taman Mangrove juga memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa menemukan sejumlah spot foto yang instagramable.

Disini para pengunjung dapat menyewa perahu untuk menikmati pemandangan di sekitar hutan mangrove. Selain itu, bermain sepeda air juga menjadi pilihan lain yang bisa dinikmati di taman ini. Hanya saja, untuk masuk taman ini, pengunjung harus membayar tiket masuk. Namun jangan khawatir, biaya yang perlu di keluarkan hanya Rp 25 ribu saja. Terjangkau bukan?

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang juga masih berada di wilayah Menteng Jakarta Pusat. Letaknya berada tak jauh dari Taman Suropati.

Taman ini berbentuk melingkar dengan danau buatan di tengahnya. Pada Oktober 2017 lalu Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menebar puluhan ribu ikan di danau tersebut. Tak heran banyak warga yang sering memancing di danau tersebut.


Selain itu tersedia jogging track yang kerap digunakan warga untuk berolahraga. Ada juga fasilitas permainan anak yang dapat digunakan di taman ini. Para orang tua juga dapat menemani anak-anaknya berfoto selfie di patung-patung yang terdapat di taman ini.

Jakarta memang makin memiliki pesona wisata baru setelah direvitalisasi. Banyak wisatawan yang melakukan booking kamar hotel online demi merasakan suasana baru dan modernitas Jakarta.

Nah, bagi kamu warga Jakarta atau bukan yuk nikmati taman keren Jakarta yang dapat membuat tubuh fresh dan sehat. 

4 comments

  1. Penasaran semua akan taman yang ditulis diatas. Coba dikasih gambar tamannya dong, Teh. Biar aku tahu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mampir ke jakarta
      saya ajak maen k taman2 itu mas andi

      Delete
  2. Taman tuh, tempat favorit buat jalan-jalan dan olahraga. :D

    ReplyDelete
  3. Saya kadang main k taman kalijodo untuk joging
    tpi gak sering2 juga si

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.