Kreasi Santan Sasa untuk Cita Rasa yang Enak

[cooking]

sasa santan



Santan adalah salah satu pelengkap masakan yang bercita rasa gurih. Sebagian besar daerah di Indonesia menggunakan santan sebagai pelengkap berbagai masakan. Pemilihan santan disebabkan karena kekayaan alam Indonesia dengan anugerah pohon kelapa yang berlimpah ruah. Oleh karena itu tidak sulit menemukan masakan khas suatu daerah di tanah air yang menggunakan santan. 

Karena santan sangat populer dan bisa disebut sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, saat ini sudah ada santan yang diperoleh dengan cara yang praktis yakni santan cair instan maupun santan dalam bentuk bubuk. Tentunya tidak mengurangi cita rasa asli santan tersebut.

sasa santan kelapa


Nah, kali ini kita akan berkreasi dengan Santan Sasa Instan yang dapat kamu praktekkan di rumah. 

Kreasi Masak pakai Sasa Santan Kelapa : Bubur Jagung 

Bubur adalah salah satu masakan yang disukai oleh semua usia. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua. Kita akan membuat bubur jagung yang enak dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh:

Bahan : 

Jagung 2 tongkol, sisir halus
Sasa Santan Kelapa Instan : 2 bks
Gula pasir  100 gr
air 1 liter
tepung maizena 2 sdm

Cara membuat :

Rebus air hingga mendidih lalu masukkan jagung beserta gula. Tunggu hingga agak mengental. Bila air tinggal setengahnya masukkan Sasa Santan Kelapa, aduk terus hingga mengental. terakhir larutkan terlebih dahulu tepung maizena dengan air. Masukkan larutan tepng maizena ke dalam bubur, angkat dan siap dihidangkan. 

Kreasi Masak Pakai Sasa Santan Kelapa: Ayam Areh Khas Yogyakarta

Areh merupakan kuah santan seperti bubur dengan cita rasa gurih karena menggunakan bahan dasar kelapa. Areh sendiri biasanya di sajikan sebagai bahan campuran masakan seperti gudeg, bersama telor, tahu, ayam, dan sambal goring krecek. Nah untuk ayam areh sendiri juga merupakan masakan khas Yogyakarta yang dimasak dengan bahan dasar kelapa juga guys. Lalu bagaimana bila kita membuat Areh dengan bahan dasar Sasa Santan Kelapa, bisakah? 

Ya, kali ini kita memang akan membuat Ayam areh dengan bahan dasar arehnya adalah Sasa Santan Kelapa. Sebab menggunakan bahan yang satu ini jauh lebih praktis. Bandingkan saja bila kita harus menggunakan santan yang kita dapat dari memeras sendiri. Berapa banyak waktu yang kita butuhkan, tentu saja itu sangat tidak efektif dan melelahkan. Mulai dari proses memisahkan daging kelapa dengan tempurung, memarutnya, baru bisa mendapatkan santan dengan memeras. 

Beda bila kita menggunakan Sasa Santan Kelapa. Kemasannya sangat praktis dengan teknologi modern dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Jadi tak perlu lagi bilang repot. Soal kualitas tak perlu ragu. Aroma dan rasanya se-segar kelapa yang langsung diperas. Bisa dibuktikan sendiri. Banyak kog yang bilang, kalau Sasa Santan Kelapa ini cocok untuk segala masakan, makanan dan minuman. 

Artikel terkait : Resep Sup Kepiting Enak 

Bahan dan Cara Membuat Ayam Areh Khas Yogyakarta

Seperti yang telah kita ketahui di daerah lain ayam areh biasa di kenal dengan opor ayam. Namun sedikit berbeda dengan di daerah istimewa satu ini, karena kuah areh pada masakan ayam areh hanya di siramkan ketika ayam telah matang dan hendak di sajikan. Wah jadi penasaran dan bikin ngiler kan. Santai saja guys, karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan resep memasak ayam areh khas Yogyakarta yang pastinya enak dan gurih banget guys. Untuk itu kita perlu menyiapkan bahan dan bumbu-bumbunya terlebih dahulu ya.

Bahan-bahan

Bahan yang perlu kita siapkan antara lain


  • 1 bungkus Sasa Santan Kelapa
  • 1 sendok makan gula merah
  • 4 helai jeruk purut
  • 2 helai daun salam
  • 2 batang sereh kemudian memarkan
  • ½ kg ayam yang telah di potong-potong


Untuk bumbunya, kita juga perlu menyiapkan


  • 10 buah kemiri
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 1 ibu jari lengkuas yang telah di memarkan


Cara memasak

Nah setelah semua bahan dan bumbu tersedia, sekarang tiba saatnya kita mulai memasak ayam areh khas Yogyakarta. Yuks intip cara memasaknya

Artikel terkait : Resep Tahu Kuch Kucai 


  • Langkah pertama masukkan Sasa Santan Kelapa ke dalam panci bersama dengan gula merah, daun jeruk, sereh, beserta bumbu halus lainnya.
  • Selanjutnya masukkan potongan ayam tadi ya, Bunda. masak dengan api kecil, aduk dan tunggu hingga mendidih
  • Bila santan mulai mengental dan daging ayam sudah matang, angkat daging ayam dan dinginkan. Gampang banget kan Bunda.
  • Nah untuk penyajiannya, tuangkan kuah areh ke atas ayam jika ketika hendak di santap. Atau untuk menambah cita rasanya kita juga dapat memanaskan kuah areh sesuai dengan selera.

Gimana masih ragu untuk memasak menu satu ini. Tentunya tidak kan. Karena ini merupakan makanan yang enak dan akan membuat si kecil ketagihan. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali. Jangan bosan-bosan, semoga bermanfaat dan see you.

Nah, mudah bukan berkreasi dengan Sasa Santan Kelapa, Selamat mencoba!

21 comments

  1. paling gampang masak bubur jagung hihihi...

    ReplyDelete
  2. Aku juga pake Sasa Santan mbak, supaya masaknya lebih cepet, Sasa Santan juga sama kayak santan asli

    ReplyDelete
  3. Wah resepnya bisa dicoba dirumah ini. Dan santan selalu jadi andalan yaa mbaa

    ReplyDelete
  4. Mau masak enak gak perlu parut2 kelapa lg skarang

    ReplyDelete
  5. Waah..keluargaku niy paling demen makan pake santan.Aku pake juga Mbaa, biar praktis dan simple.

    Ahh,,resepnya menggoda, ntar aku coba aah..

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah coba bikin masakan santan nih hehehe. masih belum berani, takut takut gagal hehehe. Tapi kayaknya mau coba, apalagi sekarang udah ada santan praktis.

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah nyoba santan sasa. Lihat hasil eksperimen mbak Yurmavita, jadi pungin nyoba pake santan sasa. Praktis buat aku yang nggak suka ribet saat masak hehe

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya Sasa Santan ini memasak jauh lebih mudah dan cepat, tak perlu ada acara parut memarut

    ReplyDelete
  9. Wahh menggiurkan banget ni masakan kalo pake sasa santan yaa...

    ReplyDelete
  10. Boleh juga nih dicoba resepnya buat keluarga, pasti pada suka

    ReplyDelete
  11. Aku juga lebih suka pakai sasa instan gitu. Soalnya praktis. Hehhee. Mau nyoba ah resepnya. Pas banget abis beli ayam :p

    ReplyDelete
  12. Mbak. kok gak ada foto hasilnya? Padahal pengen lihat 😆

    ReplyDelete
  13. Masakan bersantan yang disukai anak-anak biasanya kare ayam. Kalo aku, suka semua masakan bersantan karena rasanya gurih, enak.

    ReplyDelete
  14. praktis ya pk sasa santan kelapa.. cocok untuk musim dingin kayak gini ya

    ReplyDelete
  15. waktu anakku masih bayi sering bikin bubur jagung, sedap karena pake santan, btw blom pernah nyobain santan sasa nih

    ReplyDelete
  16. Santan kemasan seperti ini memang jauh lebih praktis ya mbak..

    ReplyDelete
  17. Pgn nyobain resep bubur jagungnya

    ReplyDelete
  18. Baru tahu ada masakan namanya Ayam Areh. Fotonya ditunggu ya mbak hehe
    Oenasaran nyobain santan Sasa juga. Saya jg lebih suka pakai santan kemasan ketimbang marutin di tukang sayur, soalnya udah yakin bersih kalau santan kemasan. TFS

    ReplyDelete
  19. Seandainya dulu pas masih ngekos udah kenal sama yang namanya sasa santan.. Pasti ga perlu jajan di luar terus.. >.<

    ReplyDelete
  20. bisa dicatat nih. mayan kalo lagi suntuk sama makanan itu2 doang di rumah

    ReplyDelete
  21. Wah makasih resepnya mbak. Aku juga baru nyetok Sasa santan kelapa nih.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.