Hadiah Terindah untuk Ayah



Ayah, bagiku  lebih dari seorang kepala keluarga. Ia juga Ibu yang pertama membuatku terbangun menyambut hari ketika melaksanakan rutinitas menjadi seorang pelajar, dulu.

Karena suatu kondisi yang menyebabkan ayah harus menjadi orang tua tunggal untuk kami. Tuhan menakdirkan kami untuk tidak lama memiliki ibu  karena takdir yang bernama kematian. Lalu ayah mengambil peran itu dan menjadi peran ganda sebagai ayah sekaligus ibu untuk kami.

Setiap minggu, dua atau 4 hari sekali ia menjenguk cucu-cucunya. Oleh karena kesibukanku yang tidak sempat menjenguknya. Ahh, jauh di lubuk hati ku yang paling dalam, sungguh betapa teganya aku membiarkannya nya menyendiri di hari tua. Hiks, namun mau bagaimana lagi aku memiliki keluarga yang juga harus di urus, sementara ia tak akan mau jika bersamaku. 

Setiap kali ia mengunjungi cucu-cucunya, ia selalu membawa jaket lusuhnya. Iya jaket lusuh favorit yang selalu menemaninya menyusuri jalanan sepanjang ruas jalan Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu itu sebetulnya adalah jaket seragam kantorku. Karena tidak terlalu dibutuhkan jaket itu aku berikan ke ayah. 

Warna jaket itu sebenarnya hijau kekuningan, terang dan cerah. Namun saat dipakai ayah, warnanya sudah berubah menjadi coklat (hehe). Warna coklat itu sebenarnya bukan tanpa alasan, ayah bukanlah seorang yang telaten dalam merawat pakaian. Yah harap maklum karena ketiadaan pendamping ia kadang tak pernah memikirkan apa yang ada pada dirinya. 

Baju-baju yang sering dibelikan ketika lebaran sebenarnya banyak di dalam lemari, namun karakter Ayah yang tidak memperdulikan penampilan ini membuat baju-baju tersebut kadang tak pernah tersentuh. Sering aku menemukan baju yang telah dibeli tahun lalu masih rapi terbungkus plastik sementara baju yang dipakainya itu lagi-itu lagi, lusuh, jarang dicuci dan sekedarnya. 

Sebenarnya terpikir olehku untuk menawarkan pendamping bagi Ayah agar ada yang merawatnya. Namun ada juga rasa kehilangan apabila kelak ia ditakdirkan memiliki jodoh lagi. Sungguh jauh dilubuk hatiku aku tidak siap jika ayah harus punya pendamping (hehe). 

Ibu baru keluarga baru di usia senja Ayah bukanlah hal yang mudah rasanya, barangkali perlu waktu untuk penyesuaian nantinya. Ya menyesuaikan dengan karakter, hadirnya wajah baru di kehidupan kami belum lagi setumpuk permasaahan yang bisa saja muncul kelak, sungguh aku tak mau membayangkannya. 

Untuk itu kuingin memberikan hadiah spesial untuk ayah : 

Jaket baru

Jaket itu yang akan menggantikan jaket lama yang telah lusuh. Agar ia nyaman mengenakannya ketika mau mengunjungi cucu-cucunya. Jaket yang pas untuknya adalah yang tebal, dapat melindungi badannya yang telah ringkih dari angin jahat ketika ia motoran namun juga tidak panas saat dikenakan. 

Magic com

Sebenarnya dulu pernah ada magic com, namun karena rusak dan ayah tidak telaten merawatnya sehingga magic com tersebut tidak lagi bisa digunakan. Untuk itu aku ingin sekali menghadiahkan magic com untuk ayah.  Magic com untuk membantunya memasak nasi paling tidak kalau ada nasi yang bersisa tidak cepat basi. Agar ia tak perlu menunggu kompor untuk menanak nasi. Kadang karena kesibukannya untuk menanak nasi tak sengaja hangus dan terbuang percuma. Ya itu tadi, ia kan memasak nasi hanya sedikit, terus kalau ditinggal sebentar ternyata hangus haha. sering banget deh seperti itu. 

Nah, kalau ayah memasaknya pakai magic com tidak perlu lagi harus menunggu hingga nasi mateng. Cukup dengan memasukkan beras yang telah di cuci bersih, hidupkan magic com selesai deh. Jadi ketika mau makan tinggal membuka magic com tanpa harus khawatir nasi bersisa dan basi. 

Kasur

Kasur adalah benda yang penting banget untuk dihadiahkan kepada Ayah. Tempatnya beristirahat melepas lelah. Kasur yang digunakannya sekarang memang masih ada namun sudah lusuh dan tipis. Seandainya kasur baru mungkin akan lebih empuk dan menghindarkannya dari pegal-pegal akibat permukaan tempat tidur yang keras.

Ayah lebih memilih untuk tidur di kasur tipisnya meski ada kasur peninggalan adik dulu yang telah menikah. Kelihatannya ia lebih nyaman dan menikmati tidur di kasur tipis tersebut. Karena kasur itu bisa dibawa kemana-mana. Ketika mau nonton di depan tv ia bawa kasurnya, kalau Ia mau tidur di kamar, kasur itu juga mudah dibawa ke kamar.



Kursi tamu

Ayah paling suka ngobrol ngalor-ngidul bersama teman-temannya. Kadang malam, siang atau pagi hari ada saja teman-temannya yang bergantian mengunjungi ayah. Mereka membicarakan apa saja yang menarik baginya. Bagi Ayah, kehadiran teman-temannya adalah salah satu penghibur nya saat kesepian. Tak jarang aku lihat teman-teman seusianya datang dari luar kota hanya untuk mengunjunginya meskipun cuma sebentar. Dari teman-temannya itu ada yang teman SD, teman saat masih duduk di bangku Tsanawiyah atau teman-temannya dulu ketika berbisnis saat masih muda.

Tak heran jika teras rumah yang lebih mirip tempat bersantai adalah tempat favorit beliau. Kadang Ia tertidur di sana, duduk dan merenung di teras jika sedang tak ada tamu. Karena paling sering di pergunakan ada kursi tamu yang sudah tak berbentuk lagi yang menjadi tempatnya duduk. Sebenarnya kursi itu sudah tak layak menjadi tempat duduk, namun karena belum dapat ganti masih saja kursi tersebut menjadi perabot penting di rumah.

kursi tempat ayah ngobrol bersama teman-temannya

Sebenarnya aku sudah mulai mencari-cari dimana mendapatkan barang-barang tersebut dengan anggaran yang terbatas. Maklumlah, anak-anak sudah sekolah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit membuat aku harus berpikir keras bagaimana caranya agar bisa menyisihkan uang untuk membeli barang-barang tersebut.

Saat ini untuk mencari barang-barang keperluan rumah tangga tidak terlalu sulit, banyak sekali toko online yang dapat dipercaya mengantarkan barang pesanan hingga ke rumah. Kita tinggal memilih barang-barang yang diinginkan hanya dengan klik saja.

Tentang Shopback

Sebentar lagi Harbolnas tiba dan toko online akan kebanjiran sale besar-besaran. Untuk itu kesempatan berburu barang-barang impian akan segera aku wujudkan. Marketplace yang ku pilih adalah Shopback. Berbelanja lewat Shopback memungkinkan adanya cashback ketika membeli barang-barang impian di toko-toko online partner Shopback.












Shopback adalah salah satu layanan belanja online yang mengakomodir beberapa toko online besar seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Hijabenka, dll dengan banyak keuntungan seperti mendapatkan cashback dalam setiap perbelajaan tertentu.



Salah satu nya adalah e-commerce partner Shopback yang dapat memenuhi keinginanku memperoleh barang impian untuk ayah. Yakni Magic com yang tersedia di Lazada. Magic com merk philips ini pastinya akan menjadi salah satu kado terindah untuk Ayah, kualitas barang yang terjamin akan memberikan keringanan buat Ayah dalam berkativitas sehari-hari. Aku berharap nantinya magic com ini dapat menjadi teman nya dalam menjaga kesehatan Ayah. Agar ia tidak telat makan atau bahkan tidak jadi makan karena nasi hangus.





Saat nya berburu kasur

Nah karena kasur sangat penting diprioritaskan. Pilihanku jatuh kepada kasur dari Tokopedia. Kasur busa ini memiliki jaminan mutu high quality karena terbuat dari material busa berkualitas. Aku membayangkan jika ayah tidur di kasur itu nantinya akan menghindari nya dari pegal-pegal karena permukaan yang kasar dan keras. Kasur busa ini termasuk top brand yang di cari.





Pencarian berikutnya adalah berburu jaket untuk ayah. Pilihanku jatuh ke jaket pria dari Tokopedia. Jaket ini memiliki keistimewaan memiliki bahan yang lembut dan nyaman, namun tetap dapat menghindari ayah dari angin ketika mengendari motor. Jaket pria ini lebih nyaman di kenakan ketika berada di luar rumah maupun di dalam ruangan.



Selanjutnya kursi tamu yang ada di Tokopedia sangat pas rasanya untuk ayah. Kursinya tidak terlalu mahal, elegan dan sederhana. Kursi kayu yang bisa menggantikan kursi yang biasa Ayah pergunakan untuk mengobrol dengan teman-temannya.



Cara berbelanja lewat Shopback

Untuk berbelanja lewat Shopback tidak terlalu sulit. Kita hanya membutuhkan akun di Shopback.



1. Silahkan ketik www.shopback.com
2. Masukkan akun shopback beserta pasword
3. klik beli sekarang. Anda akan diarahkan ke tokopedia
4. Lalu klik beli, masukkan alamat, dan jasa pengiriman
5. selanjutnya akan diarahkan ke metode pembayaran.
6. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan seperti atm, indomaret, alfamart, maupun tokocash.
7. Selesai.


Ahh, sangat besar keinginanku membeli semua barang-barang tersebut, mengingat di usia senjanya aku tidak bisa sepenuhnya mendampinginya. Ia masih ingin tinggal di rumahnya sendiri dan masih bersikukuh tak mau merepotkan anak-anaknya. Aku hanya bisa sesekali ketika libur atau ada waktu luang menjenguknya.

Shopback memahami berbagai keperluan untuk ayah dalam beraktivitas. Semoga saja cepat barang-barang untuk ayah dapat segera terwujud. Sehingga ia dapat bermain dengan cucu-cucunya kapan saja ia mau tanpa terhalang apapun. Amin


14 comments

  1. Waaahh... semoga sukses yah lomba nya...

    ReplyDelete
  2. Terharu bacanya mba, jadi inget papa yang udah nggak ada 😭. Thanks juga info shopback nya mba, baru tau nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih mba udah kemari, sukses juga untuk mba inga

      Delete
  3. Saya juga sering belanja lewat shopback, lumayan...belanja jadi lebuh hemat karena dapat cashback :)

    ReplyDelete
  4. sukses untuk lombanya mbak dan semoga hadiah untuk ayahnya bisa terkabulkan

    ReplyDelete
  5. Sama mbaaakk, bapakku tu gk terllau memperhatikan penampilan.
    Eh tapi kalau aku yg beliin baju pasti dipakai gtu mbak, kyk bangga gtu kalau anaknya yg beliin :D
    aamiin moga kado buat ayahnya kesampaian yaaaa :D

    ReplyDelete
  6. Semoga terwujud ya impian hadiah untuk Ayah.
    Duh jadi inget almarhum papa, kangeeeen.

    ReplyDelete
  7. Eh kok jadi teringat bapak saat baca postingan mbak wita ya? Akupun jarang kasih hadiah buat Bapak, hehehe

    ReplyDelete
  8. Mulia sekali tujuan harbolnasnya. Semoga keinginan kita sama-sama terwujud yah, aamiin...

    BTW saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak ke blog Ndeso saya mba.. Salam kenal

    ReplyDelete
  9. Harbolnas.... membuat para emak-emak nguras tabungan..hehe

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.