Selamat Hari Blogger Nasional



Kalau petani nyangkul di sawah, 
terus saat mencangkul ketemu belut  
Ambil belutnya, lanjutkan mencangkulnya
Hari ini adalah Hari Blogger Nasional. Hari dimana para blogger mengenang banyak sekali perubahan-perubahan di dunia blogger dengan segala suka dukanya.

Meski masih malu-malu aku ingin mendapatkan pengakuan di ranah perbloggeran. Yah, setidaknya blog kita tercinta ini www.yurmawita.com adalah sebuah identitas yang menandakan bahwa memang benar aku adalah seorang blogger. Iya gak sih? Iya-in ajalah.

Memang serius nge-blog sih baru setahun belakangan ini dengan bergantinya domain blogspot menjadi dot com. Yah setidaknya setahun yang lalu adalah tanda pengangkatan sumpah jabatan blogger yang ku sandang (ceilee).

Apa untungnya jadi blogger?

Nah, ini adalah pertanyaan yang paling kusukai. Untung jadi blogger itu banyak banget dan tak terhingga. Baiklah yang aku rasakan sendiri ketika terjun di dunia blogger adalah ketika mendapatkan komentar dari orang-orang yang membaca tulisanku. Jadi semacam penghargaan yang diberikan oleh orang lain kepada kita para penulis blog. Mereka senang, mereka terbantukan dengan adanya tulisan yang ada di blog. 

Memiliki komunitas. Blogger tanpa komunitas itu bagaikan makan sayur tanpa ijo-ijonya. Yah, dibilang sayur tapi ada yang meragukan gitu. Jadi sebuah komunitas blog bagiku adalah tempat menimba ilmu, bertanya dan saling memberitahukan kurang ini dan itu dari sebuah tulisan. Apalagi berkomunitas dengan sesama blogger yang akan menjadi nama kita semakin dikenal khalayak. Untung-untungnya bisa menambah follower hehe.

Nah, tergantung kita Mau jadi Blogger Apa?

Recehan yang dirindukan

Wohaa, kalau yang ini mah sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Nge blog itu ibarat kita nyangkul di sawah. Ada yang nyangkul dengan tujuan menanam padi, namun di saat bekerja ternyata ketemu belut, yah ambil deh. Kalau belutnya gak Cuma satu tapi seember trus mau diapakan? Ya dimakan dong kalau merasa lebih di jual. Lah maksudnya?

Jadi gini, nge blog itu tadinya kita bermaksud sharing apa yang kita ketahui, lalu ada yang tertarik dengan tulisan kita dan merasa ingin bekerjasama dengan kita terus beliau meminta kita menulis tentang dia dan mereka memberikan jasanya kepada kita. Nah, inilah keuntungan jadi blogger, artinya apresiasi pembaca blog ternyata jika dikelola dengan baik maka akan menjadi ladang pencaharian yang menjanjikan. 

Dan belum setahun aku ngeblog ternyata ladang itu benar-benar subur telah menampakkan hasil yang memuaskan. Yah kalau menurut aku dibandingkan dengan modal yang cuma kuota internet sudah sangat balik modal hasil dari nge blog yang kurasakan. 

Kalau aku perhatikan sumber penghasilan nge-blog itu bisa dari :

  • Conten writer 
  • Job sponsored
  • Conten placement
  • Affiliasi
  • Adsense
  • Buzzer
  • Jualan (aku pun)


Banyak juga ya kalau dilihat penghasilan nge-blog. Aku merasakan apa yang kulakukan adalah sampingan artinya tidak full power, full time. Lah bagaimana dengan mereka yang full time nge blog tidak ada sampingan pekerjaan lain? Tentu akan lebih menjanjikan deh.

Warisan Abadi

Kalau tema ini sudah pernah aku bahas di blog ini juga dengan tajuk Menulis Warisan Abadi. Yah, nge-blog itu artinya kita mewariskan ilmu yang kita miliki kepada anak cucu kita nanti. Sepanjang masih ada internet. Wow sepanjang zaman dong orang bisa mengakses tulisan kita. Betul banget, dan itu bisa kita wariskan ke anak cucu nanti. Mereka masih bisa melihat tulisan-tulisan kita dan belajar dari apa yang kita tulis.

Maka berkenaan dengan hal ini tulislah yang baik-baik dan menghindarkan tulisan yang tidak bermanfaat untuk orang lain, agar amal jariyah kita tetap mengalir hingga hayat tak lagi di kandung badan. 

Berkenaan dengan hari Blogger Nasional Sebagai Blogger Muslimah maka harapanku terhadap para blogger adalah: 

1. Menulislah dengan ilmu. 

Blogger menulis dengan ilmu tentu ilmu-ilmu yang dapat dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Apalagi yang menyangkut ilmu pasti yang tentu memiliki banyak teori atau kajian-kajian yang mendalam. 

2. Sebarkan manfaat

Blogger mesti menebar manfaat untuk orang banyak. Ketika orang butuh cara menjahit baju maka blog yang menulis artikel tentang cara menjahit baju tersebut tentu mendapatkan pahala karena telah membantu seseorang mengatasi masalah.

Jangan menulis yang justru menimbulkan tindak-tanduk ke arah kejarahatan. Misalnya cara menyontek agar tidak ketahuan, yah sepanjang itu tulisan masih bisa diakses oleh orang-orang yang mau berbuat demikian maka si penulis tetap mendapat dosanya. 

3. Jauhkan perselisihan

Blogger itu bersahabat saling membutuhkan dan berjejaring sosial, maka sangat disayangkan jika ada blogger yang tidak akur atau saling mengedepankan idenya sendiri tanpa mau membuka diri dengan orang lain. Hal-hal demikian tentu akan menyempitkan rezeki menghindarkan dari jalannya peluang kebaikan. Maka jauhilah perselisihan kedepankan kebersamaan dan saling mengingatkan.

4. Menulis untuk mencerahkan

Blogger mesti menulis untuk memberikan pegetahuan dan mencerahkan opini di masyarakat bukan justru menulis untuk memancing di air keruh dan mengeruk keuntungan pribadi. Apalagi yang ikut-ikutan menebar hoax. Enggak banget deh

5. Branding diri dan  selalu belajar

Ilmu itu luas dan terus berubah dari waktu ke waktu. Maka jadilah blogger yang selalu belajar, kita paham sekarang belum tentu akan terus paham hingga nanti karena semakin berkembang zaman maka ilmu akan semakin banyak membutuhkan pembaharuan. Oleh karena itu blogger mesti menempa diri agar tidak tergerus oleh zaman dan ditinggalkan para pengunjungnya. 

7. Bersaing sehat dan fair

Seperti dalam dunia ekonomi yang berlaku hukum sosial yang saling membutuhkan. Pedagang butuh petani, petani butuh penjual pupuk, penjual pupuk butuh peternakan  dan seterusnya, maka blogger juga memiliki keterikatan satu sama lainnya. Saling membutuhkan saling suport dan selalu membantu teman-teman sesama blogger. Oleh karena itu disanalah fungsi dari sebuah komuniats blogger, berbagi dan membantu agar sama-sama merasakan keberhasilan.

Sebagai muslimah, maka menebar manfaat dengan kata-kata bijak nan halus adalah suatu keharusan agar kita mendapatkan pahala, rahmat sekaligus membawa kesejukan bagi siapa saja yang membaca tulisan kita. 

Sekali lagi selamat Hari Blogger Nasional buat teman-teman blogger semua maafkan ya kalau ada salah dan khilaf, teruslah menebar manfaat.

#ODOPOKT26

6 comments

  1. Manfaat ngeblog banyak banget ya mbak. Terus berkarya menebar manfaat. Selamat Hari Blogger yaaa ^^

    ReplyDelete
  2. Selamat hari Blogger kakak.. ... Saya cuma dapat penghasilan dari no 1 - 3, yang lain belum pernah

    ReplyDelete
  3. Selamagt Hari Blogger mbak
    hari ini seneng banget, bangga jadi blogger
    saya sepakat dengan semuanya
    apalagi pada poin selama ada internet, tulisan kita akan abadi
    para peninggal jejek sejarah menuliskan apa yang mereka lakukan di prasasti dan kini kita menuliskannya di blog. sebelum, nama kita ditulis di nisan kuburan
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. Selamat hari blogger, sekalipun aku baru di dunia blogger yang asyik ini tetapi semangatku untuk terus belajar tak pernah surut. Tips-tipsnya patut diikuti,terima kasih ya..

    ReplyDelete
  5. Selamat hari blogger juga mbak. Tetap semangat berbagi informasi melalui blog... Ayeeee....

    ReplyDelete
  6. Betul, Mbak, apa yang kita tulis pertanggungjawabannya dunia akhirat, ya...

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.