Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak

[lifestyle]


Pukul 4.30 WIB alarm berbunyi membisingkan telinga pertanda aktivitas pagi sudah harus dimulai. Aktivitas diawali dengan solat subuh, memasak sarapan sehat pagi, mencuci hingga membangunkan anak-anak adalah rutinitas wajib tak boleh saling melangkahi. Sarapannya gak yang ribet-ribet lihat aja di aneka resep masakan yang telah kukumpulkan sebelumnya.

Khusus menyiapkan sarapan untuk anak-anak. Biasanya ketika malam hari aku menanyakan kira-kira apa request sarapan besok. Jadi tidak ada alasan bagi mereka untuk menolak sarapan apabila sudah terpenuhi requesnya. Hal ini juga dapat meminimalisir mubazirnya sarapan akibat menu yang tidak disukai.

Suasana pagi persis seperti barak prajurit yang tiap detik sangat berharga. kalau sudah molor salah satu aktivitas berimbas pada aktivitas lainnya. Misalnya anak telat bangun, bangun kesiangan atau lampu mati kebayang deh bagaimana berantakannya.

Tentang sarapan pagi terutama bagi ibu-ibu yang memiliki anak sekolah sangat penting diperhatikan mengingat aktivitas mereka di sekolah sangat padat dan membutuhkan banyak energi untuk gerak maupun untuk otaknya.

Oleh karena itu beberapa manfaat sarapan yang harus diketahui oleh Bunda antara lain:

Sumber energi

Sarapan sangat penting sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. Kebutuhan energi untuk anak berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah 1850 kkal dalam sehari. Untuk memenuhi  kebutuhan energi tersebut maka Bunda harus pandai-pandai menyiasati makanan yang disukai oleh anak.

Sumber energi didapat dari beragam makanan yang mengandung karbohidrat seperti: roti, umbi-umbian, beras.

sarapan yang disukai untuk anak dapat juga terinspirasi dari aneka resep kue yang mudah dibuat serta memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Meningkatkan daya ingat anak

Terpenuhinya sumber protein, energi dan suplai oksigen ke dalam otak akan menyebabkan otak menjadi siap untuk bekerja. Oleh karena itu nutrisi yang didapat dari sarapan sangat penting itulah sebabnya mengapa sarapan dapat meningkatkan daya ingat anak.

Menghindarkan dari penyakit lambung dan pencernaan

Aktivitas fisik membutuhkan asupan energi yang cukup setiap harinya. Terutama anak-anak yang memiliki aktivitas fisik yang cukup banyak. Oleh karena itu jangan biarkan buah hati beraktivitas dalam keadaan perut yang kosong karena akan menyebabkan berbagai penyakit pencernaan menyerang. 

Resep Sarapan sehat tanpa ngantuk

Kali ini saya akan berbagi resep sarapan sehat tanpa ngantuk. Hal ini penting sekali terutama buat anak-anak usia sekolah. Tahukah Bunda jika sarapan yang sehat dapat membuat aktivitas menjadi meningkat, daya ingat akan kuat serta tubuh tidak mudah sakit. Namun Bunda juga harus tau jika tidak semua sarapan dapat meningkatkan daya tangkap anak terhadap pelajaran. 

Ada beberapa menu sarapan yang jusstru membuat anak kehilangan semangat belajar karena ngantuk. Saya sering menemukan siswa di kelas seperti ini. Masih jam pagi tapi mata sudah kedap kedip menahan kantuk. Begitu ditanya apakah mereka sudah  sarapan mereka mengangguk menyiakan. 

Tapi anehnya kok ngantuk? Usut punya usut ternyata menu sarapan yang sering mereka makan itulah penyebabnya. 

Tubuh kita membutuhkan kalori untuk mencerna makanan yang masuk. Lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pencernaan sendiri tergantung  beberapa faktor antara lain jenis makanan, serta jumlahnya. Nah, apabila saat sarapan kita makan makanan yang lama dicerna tentu tubuh akan membutuhkan waktu ekstra untuk menuntaskan pekerjaannya. Akibatnya energi  yang dibutuhkan juga besar pasokan oksigen ke otak juga berkurang terjadilah kantuk.

Untuk menghindarinya, sebaiknya ketika pagi hari sarapanlah dengan makanan yang cepat dicerna serta tidak membutuhkan energi besar untuk proses tersebut. 

Kebanyakan sumber makanan yang berasal dari karbohidrat tinggi misalnya zat tepung yang dihasilkan dari beras akan membutuhkan waktu ekstra ketika mencerna.

artikel lainnya : Resep minuman tradisional murah dan sederhana

Untuk menghindarinya, maka memilih menu yang cepat dicerna solusinya. Menu seperti sereal, serat gandum, makanan berserat tinggi  serta sumber protein yang tinggi adalah solusi yang baik ketika sarapan. 

Nah, kali ini saya akan berbagi resep makanan yang dapat disajikan ketika sarapan salah satunya adalah aneka resep kue  yang mudah untuk membuatnya. 

Bahan :

1 buah nanas segar
100 gr tepung terigu
100 gr margarin blue band cake and cookis 
4 kuning telur
4 putih telur
100 gr gula pasir
1 sdt ovalet
½ sdt baking powder
Selai nanas
Keju parut






Cara membuat


  • Kupas nanas, lalu haluskan (kemarin pas praktek saya pake parutan keju untuk menghasilkan nanas parut halus). Margarin dilelehkan di atas kompor.
  • Kocok kuning telur, ovalet dan gula halus sampai mengembang. 
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu masukkan margarin cair, nanas yang telah dihaluskan, aduk hingga menyatu.  Terakhir masukkan putih telur lalu kocok lagi dengan kocokan sedang. 
  • Oleskan margarin ke loyang bundar (mau pakai segi empat juga boleh). Lalu taburkan tepung terigu, ratakan. 
  • Panaskan oven, lalu masukkan loyang ke dalam oven dengan api bawah. Jangan terlalu besar, aku pakai kira-kira 180 derajat. Tunggu hingga adonan matang sekitar 30 menit. Angkat dan dinginkan.
  • keluarkan kue dari loyang, oleskan selai nanas dan  taburkan keju parut. 
  • Siap dihidangkan.

Resep ini bisa untuk 20 porsi. Jadi pas prakteknya malam hari bisa untuk sarapan besoknya. Ternyata anak-anak suka dan minta dibekali saat sekolah. 

artikel lainnya : nugget ayam bayam 

Mudah bukan resepnya. Nah, Bunda bisa menambahkan susu untuk pelengkap sarapan Ananda di pagi hari. Resep ini bisa dikreasikan dengan ditambah cheri atau selai anggur sesuai dengan selera. Dua porsi cake ini dapat melengkapi sarapan sehat Ananda di pagi hari karena di dalamnya sudah lengkap ada, terigu sebagai nutrisi karbohidrat untuk sumber energi, ada telur  dan keju  sebagai sumber protein, vitamin yang banyak terdapat dalam buah buah nanas, selai dan margarin. 

Selamat berkreasi ya. 

#ODOPOKT12

9 comments

  1. Iya, sarapan penting buat semuanya. Tapi aku malah suka males sarapan. Lebih penting sarapan daripada makan siang sebenernya, tapi aku malah digabung.
    Terima kasih sudah mengingatkan ya, Mbak.
    Itu kuenya rasanya aku bisa nyium aroma nanasnya ih. Ngiler...

    ReplyDelete
  2. Sarapan emmang penting banget, Mbak. Dulu pas kecil, aku jarang sarapan. Di sekolah loyo. Pas udah gede, tahu manfaat sarapan. Sekarang, anakku kubiasain buat sarapan sebelum sekolah.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget, Mbak. :D Wah, aku mau coba resep itu juga.

    ReplyDelete
  4. Kalau nggak sarapan, justru tenaga buat aktivitas jadi kurang, ya? :(

    ReplyDelete
  5. Huwaw! Baru tahu nih cake nanas. Simpen dulu ah. Terimakasih sudah berbagi resep :)

    ReplyDelete
  6. Waaah ada resep yang baru aku tahu Mbak, jadi namanya bolu nanas ya? aku pingin coba, bolu kaya karbohidrat dan nanasnya serat ya, coba ah

    ReplyDelete
  7. Jadi inget mama yg dulu selalu maksa saya sarapan sebelum berangkat sekolah. Sekarang baru kerasa manfaatnya.

    Wah bolunya unik. Nyoba juga ah. Nyontek resepnya yaa

    ReplyDelete
  8. Buat orang dewasa pun sarapan ini penting banget. Aku pribadi sih, kalo melewatkan sarapan biasanya jadi uring-uringan seharian mbak, hihi ^^

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.