Kamu Lebih Berharga dari Siapapun

#CollaborationKEB3


Hai Bunda, selamat berbahagia,

Kamu lebih berharga dari siapapun 

Yah kalimat itu memang benar banget deh ya. Misalnya saat sakit coba deh kalau bukan kita yang mengobati sakit yang kita rasakan apakah ada yang peduli? mungkin ada beberapa orang yang ada di dekat kita akan care dengan apa yang kita rasakan namun tindakan tersebut bukankah karena kita yang bercerita dan membagi rasa dengan mereka?
Jadi kalau kita ingin disayang oleh orang lain, maka kita dulu deh yang harus menyayangi diri kita sendiri. Betul apa betul? 

CollaborationKEB3 kali ini akan akan membahas tentang Love Your self  atau Mencintai Diri Sendiri.

Sejak di kandungan kita sudah diajarkan untuk mencintai diri kita sendiri, Ketika sakit maka kita akan menangis memberi kode kepada orang-orang di sekitar kita bahwa kita sedang sakit dan membutuhkan pertolongan. Lalu tangis lama-kelamaan akan reda apabila kita mendapat pelukan dari orang yang peduli dengan kita.

Saat balita, ketika kita terjatuh dan merasakan tidak nyaman kita  menangis hingga seseorang mendiamkan dan peduli dengan kita.

Pun saat beranjak dewasa, ketika mengenal orang-orang di sekitar kita, di tempat kerja, kuliah, tetangga,kita perlu menghargai diri sendiri agar mereka menghargai  dan tidak memandang rendah diri kita.

Menjaga kesehatan diri

Kesehatan diri kita sesungguhnya hanya kita yang mengetahui dan merasakannya. Saat sakit, lelah, letih dan tidak mood kita yang merasakannya. untuk itu menjaganya adalah hal wajib. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara sederhana misalnya
  • Menjaga pola makan secara teratur. 
  • Tidur tidak terlau larut malam, 
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Perbanyak minum air putih
Menjaga kesehatan emosional

Jiwa kita terkait dengan kondisi emosional, perasaan dan hati. Menjaganya juga merupakan kewajiban. Sebuah penelitian mengungkap tentang hubungan kesehatan emosional dengan kesehatan fisik. Kita yang tidak bisa memelihara kesehatan jiwa maupun emosi akan mudah terserang berbagai penyakit seperti liver, gangguan pencernaan, hipertensi, dan kesehatan jantung, sakit kepala.

Untuk menghindari beberapa penyakit akibat terganggunya emosional kita kuncinya adalah menjaga selalu emosi agar tidak mudah terpancing dan meledak-ledak. Menanggapi segala persoalan dengan pikiran jernih, menjauhkan pikiran negatif dan sikap apati adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa.

Stress juga mempengaruhi sistem imun dan memproduksi leukosit lebih banyak. Kalau kita terus menerus dalam kondisi stress maka tubuh akan mudah sekali terserang penyakit yang diakibatkan melemahnya sistem imun.

Misalnya saat kita merasakan demam ketika sebelum ujian 
Demam sebelum ujian adalah salah satu dampak stress yang akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu menghindari stress adalah solusi untuk menghindarinya.

Bersosialisasi secara sehat

Dalam ajaran Islam dan saya pikir juga ajaran agama lainnya selalu mengajarkan bagaimana menjaga hubungan dengan orang lain atau masyarakat. Sangat banyak manfaatnya ketika kita mampu membawa diri dalam masyarakat sekitar, lingkup yang lebih kecil misalnya rukun tetangga, bersosialisasi dengan teman-teman kantor, mapun menjalin hubungan dengan siapa saja yang ditemui. Bersosialisasi tidak hanya menebar manfaat saja, melakukan hal yang mudah saja seperti senyum kepada siapa yang ditemui, selalu mengucapkan salam, sapa, serta santun.

Mau tau cerita tentang Love Your Self lainya, temukan di artikel yang diulas oleh teman-temanku seperti Mencintai Diri Sendiri, Yay or Nay oleh Maria Soraya Azzaharh, Mak KanianingsihMak Nurul  dan Mak Ike Yuliastuti.

#ODOPOKT12

6 comments

  1. Betul Mbak, kalau dipikir, siapa lagi yang akan bilang kamu lebih berharga dari siapun, kalau bukan diri sendiri. Kalimta ini juga yang dapat menyelamatkan apabila diri sedang terpuruk, entah ada masalah atau ada hal yang membuat down

    ReplyDelete
  2. Betul kalsu stres mudah terkena sakit

    ReplyDelete
  3. klo stres sudah melanda, banyak2 minum air putih + dekatkan diri sama yg di atas ya mak + dan klo perlu tsyurhat sama orang yg tepat

    ReplyDelete
  4. love yourself before love anyone else
    respect yourself before respect anyone else

    ReplyDelete
  5. Buatku, mencintai diri sendiri bisa berarti tidak menghiraukan omongan nyinyir di sekitar mbak. Jika semua omongan orang kita dengarkan, nanti stres sendiri mbak... ^^

    ReplyDelete
  6. bener mba, menjaga kesehatan emosional itu sangat perlu ya, apalagi buat orang seperti saya yang masih labil hahaha

    belajar banget ini untuk hal satu ini

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.