Ikan Kembung Saus Tempoyak Resep Favorit Keluarga




Setiap  musim buah ada satu buah yang bisa dinikmati sepanjang tahun.  Buah ini memang tidak berbuah selalu namun karena keunikannya dan kemampuan nenek moyang terdahulu menemukan cara mengawetkan buah ini sehingga masih bisa dinikmati meskipun telah usai musimnya.

Inilah buah durian atau duren.  Buah musiman nan mengunggah selera bagi siapa saja yang mencium aromanya.




Di daerahku,  duren bisa dijadikan saus yang dikenal dengan tempoyak.  Jadi meskipun tidak dalam musim buah kami asih bisa menikmati buah duren dalam bentuk yang lain.


Tempoyak

Tempoyak terbuat dari daging buah durian yang difermentasi hingga mengeluarkan rasa asam. Rasa asam yang terasa dalam daging tempoyak ini sangat favorit bagi kami warga Bengkulu. Biasanya tempoyak akan dimasak bersama ikan dan bumbu dapur yang mengunggah selera.

Tempoyak adalah salah satu cara alternatif untuk mengawetkan durian, sehingga dapat bertahan lama. Tempoyak yang disimpan di dalam toples bisa tahan hingga 1 bulan lamanya, apalagi jika disimpan di dalam lemari pendingin akan lebih lama lagi. 

Resep Ikan Kembung Saus Tempoyak

Bahan-bahan

Ikan segar/ikan kembung
Cabe 
lengkuas
jahe
kunyit
bawang merah 4 butir
sereh
daun salam
santan kelapa 250 ml (1,5 gelas)

Cara membuat

ikan saus tempoyak

cara I

Untuk membuat Ikan Kembung Saus Tempoyak Resep Favorit Keluargaku pertama-tama haluskan cabe, jahe, kunyit, bawang merah. memarkan lengkuas dan sereh. Tumis bumbu halus ke dalam minyak panas sampai harum. Tambahkan santan kelapa lalu aduk aduk hingga mengental. Setelah mendidih masukkan ikan sambil sesekali diaduk. 

Cara II

Cara lain untuk membuat saus tempoyak yaitu dengan mengaduk ikan bersama-sama tempoyak sebelum di masukkan santan. Fungsinya agar bumbu ikan lebih meresap. Setelah didiamkan hidupkan kompor, tambahkan santan dan aduk-aduk hingga ikan matang. 

Ikan kembung Saus Tempoyak siap dihidangkan. Wangi yang berasal dari aroma tempoyak biasanya sangat khas menggugah selera. Dapat dimakan bersama nasi panas. 

artikel lainnya : Lauk khas Bengkulu

Jika sedang musim buah, tempoyak sangat banyak di kotaku. Di berbagai sudut-sudut kota tedapat tumpukan durian yang siap di buat tempoyak. Jadi kalau kalian berkunjung ke Bengkulu jangan lupa mencicipi tempoyak yaa. 

Inilah resep Ikan Kembung Saus Tempoyak Resep Favorit keluargaku


#ODOPOKT20

7 comments

  1. Enakkah? Ga kebayang loh rasanya... hahahahha *cemen*

    ReplyDelete
  2. Wong Sumsel kayak saya juga suka banget tempoyak. Dimasak tambah sedap, tapi kadang kalau males cukup disajikan di piring kecil dgn irisan cabe rawit+sedikit garam. Duh, jadi kebayang2 nih #yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempyak mentah itu kesukaan ibu mertua aku, katanya enak tapi aku ga berani mencoba asem.

      Delete
  3. nyimak referensi kuliner kayanya uenak

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.