Cara membuat rekaman layar laptop/PC

Konten [Tampil]
Rekaman layar laptop/PC digunakan untuk membuat video tutorial ketika akan menyampaikan suatu materi yang terkait tentang apa yang ada di layar. Biasanya video tangkapan layar ini digunakan oleh instruktur/guru/tutor yang akan mengajarkan langkah-langkah yang berkaitan dengan apa yang ada di dalam layar laptop.

Cara membuat rekaman layar laptop ini biasanya digunakan oleh para youtuber yang mengajarkan tutorial software atau aplikasi di laptop. Pembaca atau penonton akan lebih bisa belajar jika ada video tutorial secara langsung.

Berikut ini contoh video tangkapan layar yang telah diupload di youtube.




contoh video tangkapan layar


Untuk membuat rekaman layar laptop/pc kita membutuhkan software khusus untuk merekam tangkapan layar yang dinamakan SOM atau Screencast-O-matic. Fungsi dari software SOM adalah untuk merekam tangkapan layar sehingga apa yang dilakukan di dalam layar dapat di putar ulang.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan saat akan merekam layar pada SOM adalah

1. Menyiapkan materi yang akan di rekam.

    Materi ini berkaitan dengan apa yang ingin kita rekam. Ya tentunya berhubungan dengan apa yang     akan kita lakukan di dalam laptop. Iya dong masa kita mau buat tutorial membuat bunga dengan          video SOM (hehe)

2. Buka software Screencast-O-Matic (SOM). 

    Jika belum ada bisa di download SOM

tampilan softaware saat pertama di buka


3. Klik Use Free version untuk membuka softwarenya.

artikel terkait : Situs/web penting yang wajib dikunjungi blogger 

4.  Mulai merekam.

Pada saat klik mulai merekam maka seluruh aktivitas pada layar akan terekam secara otomatis, Jadi apabila kita hendak merekam secara jernih dan bersih bebas dari suara-suara yang tidak diinginkan silahkan bersihkan ruangan dari kondisi yang mengganggu saat proses merekam terjadi.

5. Menyimpan video

Setelah direkam video akan tersimpan, ada beberapa pilihan simpan yaitu Publish di Screencast-O-matic yang artinya video akan secara langsung terpublis di SOM, lalu Publish to Youtube artinya video yang terekam akan langsung terpublis di youtube, serta Publish to video file artinya video akan terpublish dalam bentuk video.

artikel lainnya : Guru harus tau software ini jika tidak mau ketinggalan

6. Selesai

Apabila langkah-langkah diatas telah dilakukan denganbenar maka seluruh proses perekaman telah selesai. Dan tangkapan layar telah berhasil di lakukan. Tinggal beberapa pilihan apakah mau di upload di youtube, disimpan dalam bentuk mp4 silahkan pilih pada menu SOM yang ada.

Bagaimana mudah bukan? Video SOM ini sangat bermanfaat bagi para guru/tutor/youtuber karena bisa mengajarkan tutorial yang ada dalam layar laptop/pc dengan mudah.

Selamat mencoba.

#ODOPKT07

9 comments

  1. Udah lama gak buat rekaman gini, baca ini jadi teringat lagi..hehe
    Semoga membantu bagi yang mau belajar dan bikin rekaman :)

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya mbak. Kayak gini biasanya dipakai untuk tutorial gitu yaa.. Biar lebih enak ngajarin step by stepnya.

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama enggak pernah presentasi lagi. Terakhir masih suka presentasi ya belum secanggih sekarang rasanya.

    ReplyDelete
  4. Thanks mba tutorialnya, jd bisa dipake pas bikin tutorial

    ReplyDelete
  5. Saya pernah ikutan training online yang pake video perekam di layar laptop/pc dan sempet bingung gimana caranya. Baru tau ternyata caranya seperti ini to. Teknologi sekarang emang canggih ya

    ReplyDelete
  6. Kalau gak live, masih memungkinkan adanya proses editing yaa...
    Asiik deeh kalo kemampuan kita bisa bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  7. wah aku dari dulu penasaran gimana cara merekamnya ternyata pakai SOM. Apa sekalian bisa merekam suara? atau harus pakai microphone?

    ReplyDelete
  8. oh pakai software ya, sama dong dengan smartphone yang harus pakai aplikasi juga ya. Maksih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat banget nih mbak ilmunya... ^^

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.