Sobatku, Sahabat Menabung tanpa Ribet - Yurmawita's Blog Sobatku, Sahabat Menabung tanpa Ribet | Yurmawita's Blog
Thursday, September 28, 2017

Sobatku, Sahabat Menabung tanpa Ribet

[financial]



Dua buku seukuran saku celana setiap saat menjadi teman bermain kurcil-kurcil di rumah. Mereka sering sekali bermain layaknya petugas di bank. Si Kakak menjadi tellernya, sedangkan Adik dan Abang bergantian menjadi nasabah. Sebuah catatan kecil mirip catatan perbukuan warung kalau aku menyebutnya menjadi tempat si Kakak mendata semua transaksi yang mereka lakukan. Permainan yang sangat mengasyikkan bagi ketiga kurcilku, ada uang kertas, uang mainan yang dibeli seharga 2 ribuan menjadi pelengkap transaksi yang mereka lakukan.

Yah, mereka bermain bank-bank mini lebih mirip dengan transaksi mini yang mereka ciptakan dari imajinasi mereka sendiri.

Buku hijau itu adalah tempat mereka menabung dan mengumpulkan semua uang-uang yang terkumpul lalu di rekap. Aku geli sendiri melihat mereka bertiga selalu asyik dengan permainan yang mereka ciptakan. Kadang si Abang berperan sebagai tukang ojek yang mengantarkan penumpang, lalu menerima uang dan uangnya di tabung di bank mini mereka. Lalu adik yang berpura-pura sebagai tukang cuci sepeda akan menerima upahnya lalu uangnya juga ditabung. 

Dalam imajinasinya, semua yang dilakukan selalu ada balas jasanya berupa uang. Dan uang itu akan dikumpulkan di bank mini serta dicatat dalam sebuah buku kecil yang bernama buku tabungan. Kesenangan yang mereka dapatkan adalah melihat angka-angka yang semakin bertambah di dalam rekapan buku tabungan tersebut. 

Sangat banyak pelajaran berharga yang mereka dapatkan dari permainan itu. Konsep kehidupan yang didalamnya ada penjual dan pembeli, kebutuhan barang dan jasa, konsep hemat dan konsep tentang ekonomi. 

Secara tidak langsung pelajaran seperti itu membuat mereka cukup mengerti tentang seluk beluk kehidupan, bahwa ada kerja keras yang akan menghasilkan imbalan, ada proses hemat yang akan menghasikan kebahagaian. 

Inilah pelajaran menabung yang tidak pernah aku ajarkan secara langsung. 

Tentang Sobatku

Sobatku adalah 'simpanan online sahabatku' merupakan rekening simpanan berbasis aplikasi yang memungkinkan membuka tabungan dari nomor handphone. Jadi kita tidak perlu mendatangi bank untuk membuka tabungan kan tabungannya secara online. Selain itu bebas biaya administrasi yang biasanya akan diminta pihak bank pada saat membuka tabungan, nah hal itu tidak berlaku di tabungan online Sobatku. 

Keuntungan yang didapat menabung di Sobatku :


  • mudah download aplikasinya di palystore atau app store
  • Nomor handphone = nomor rekening
  • gratis biaya administrasi dan tanpa saldo minimal
  • gratis biaya beli pulsa
  • gratis tarik tunai di Alfamart/Alfamidi
  • Biaya murah transfer antar bank


Nabung tanpa ribet

Biasanya kalau tabungan biasa kita akan pergi ke bank langsung, lalu menemui teller dan menabung di sana. Namun di Sobatku kita bisa menabung tanpa batasan waktu, bisa dimana saja, tanpa biaya admin. Sehingga bisa lebih berhemat nih. Biasanya yang menjadi kendala menabung khusus untuk aku sih adalah waktu. Sehari-hari bekerja dan terikat jam dinas tentu akan menyulitkan jika harus izin ke bank dan menabung. Apalagi jika tabungan itu adalah tabungan anak-anak, tentu harus mengajak mereka juga ke bank, apabila anak-anak sudah memasuki usia sekolah tentu harus mengorbankan waktu sekolah juga. 

Karena alasan inilah menabung menjadi tidak konsisten, anak-anak juga menjadi tidak disiplin menabung nih. Namun di Sobatku semua bisa diatasi dengan  tabungan online

Nabung, Tarik Tunai, Beli dengan mudah

Wah, ini yang sangat memudahkan. Di Sobatku kita bisa menabung, dengan mudah, tarik tunai dengan mudah dan melakukan pembelian juga. 




Cara nabung lewat transfer :

Apabila kita memiliki tabungan di rekening lain atau mau menabung lewat rekening miliki orang lain bisa banget deh kita menabung dengan cara transfer. Caranya cukup mudah :

  • masukkah atm ke mesin atm
  • ketik pin seperti kita akan melakukan transaksi seperti biasa
  • lalu pilih transfer ke tabungan Sobatku

Menabung dari Sisa Belanja

Siapa yang sering banget memiliki sisa belanja? Nah, ketimbang sisa belanja di bawa pulang terus dibelanjakan lagi mending ditabung di Sobatku. Kita bisa menabung sisa belanja dengan cara meminta bantuan kasir untuk memasukkan sisa belanja ke rekening Sobatku




Tarik/Setor Tunai di Alfamart

Suatu ketika kemungkinan kita terdesak membutuhkan uang cash untuk suatu keperluan. Caranya mudah saja. Silahkan mampir di Alfamart terdekat dan lakukan penarikan tunai di sana dengan memberikan nomer handphone silahkan masukkan pin dan tarik tunai dengan sejumlah uang yang kita butuhkan. Begitu juga jika akan melakukan penyetoran tunai dapat dengan mudah kita lakukan di Alfamart terdekat dengan cara memberikan informasi nomor handphone dan lakukan penyetoran sejumlah uang yang akan kita setor. 


Menabung/ Tarik Tunai lewat Teman

Kali ini kalau kita memiliki temanyang juga memiliki tabungan Sobatku bisa banget melakukan setoran maupun tarik tunai dengan teman. Caranya adalah 

  • pilih menu transfer sesama sobatku
  • lakukan transfer, 
  • setelah mendapatkan notifikasi silahkan berikan uang kepada teman apabila kita mau transfer. 




Nabung Uang Nganggur

Pernah enggak apabila belanja di pusat perbelanjaan atau supermarket mendapatkan kembalian uang receh. Nah sekarang tidak perlu lagi bawa uang receh. kita bisa nabung uang nganggur dan mendapatkan kesempatan untuk  memenangkan undian juga. asyik kaan. Atau mendapatkan kembalian biaya tol, parkir, tak perlu pusing deh, silahkan setorkan aja ke tabungan online Sobatku.

Wah sangat memudahkan bukan? tabungan di Sobatku. Nah ayo tunggu apa lagi ayo segera lakukan pembukaan tabungan di Sobatku secepat mungkin. Karena akan ada kejutan yang spesial untuk mu apabila beruntung. Kejutannya adalah kamu bisa memenangkan Undian Miliaran Rupiah dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi Sobatku yang beruntung. Selamat menabung!

Artikel ini diikutsetakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network dan Sobatku

5 comments:

  1. Praktis yaaa sekarang bisa nabung lewat alfamart, cocok buat ngajarin si kecil kebiasaan hemat dan menabung tanpa perlu antri lama2 di teller bank.
    Goodluck mbak

    ReplyDelete
  2. Wah menarik sekali, jadi pengen gabung juga dengan aplikasi sobatku..

    ReplyDelete
  3. Wah bagus nih, bener juga uang nganggu sisa kembalian biasanya habis gak tau kemana buat jajan atau apa, tapi kalau mau dikumpulin terus ditabung ke bank ko males ya, kalau udah udah ada sobatku gini jadi bisa ditabung lewat alfa.. bagus nih

    ReplyDelete
  4. Aku sudah coba dan memang praktis banget bisa nabung di alfamart

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.