Situs/Web Penting yang Wajib di kunjungi Blogger - Yurmawita's Blog Situs/Web Penting yang Wajib di kunjungi Blogger | Yurmawita's Blog
Wednesday, September 13, 2017

Situs/Web Penting yang Wajib di kunjungi Blogger

Situs-situs ini sering sekali saya kunjungi beberapa bulan belakangan, terkait dengan ketertarikan saya  di ranah perblogger-an. Belakangan, alhamdulillah sedikit-sedikit ada tawaran untuk mereview sebuah produk, menulis sponsored post maupun titip link di blog ini yang tentu memiliki imbalan untuk setiap tulisan-tulisan saya itu.





Karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh blog agar mendapatkan kepercayaan dari pihak klien maka saya harus memenuhi syarat tersebut. Beberapa syarat tersebut diantaranya terkait dengan peringkat blog dan performa blog. 

Untuk menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan, tentu banyak yang harus dibenahi, mulai dari blogger harus mengetahui situs web apa saja yang wajib di kunjungi secara berkala untuk mengetahui performa blog, dll. Situs-situs yang harus dikunjungi oleh blogger antara lain: 

Cara mengecek DA/PA

DA/PA sebuah blog penting diketahui oleh seorang blogger agar dapat menjadikan blognya memiliki performa tinggi di mata  Search Einginer. Blog yang memiliki DA/PA tinggi akan dicari oleh para situs penayang iklan yang akan menitipkan link atau review atas sebuah produk. 

Cara mengecek DA PA sebuah blog dapat dilakukan dengan langkah berikut:

1. Buka Situs moz.com di sini 

2. Masukkan alamat Blog Anda misal www.namablog.com

3. Search

Halaman DA PA blog Anda akan tampil pada beranda website tersebut.

Selamat mencoba.

Cara Mengecek Brokenlink

Broken link adalah alamat link atau url yang error. Broken link harus dibersihkan dari blog agar performa blog baik di mata search eigner. Jika banyak broken link pada blog kita maka peringkat blog akan turun akibatnya sumber pengiklan atau advertiser tidak percaya pada blog kita. 

cara mengecek brokenlink adalah:


2. Silahkan masukkan alamat blog Anda

3. Masukkan kode capcta yang diminta

4. Tunggu beberapa saat  akan melacak link broken yang ada di blog Anda

5. Selesai

artikel ini sebenarnya sudah ernah saya terbitkan di blog ini dengan postingan yang berjudul : Tentang Brokenlink di Blog . Silahkan di baca-baca untuk lebih jelasnya. 


Cara Mendaftar artikel di GoogleWebmaster

Dari beribu artikel yang ada di Google tentu harus bersaing dengan banyak sejali artikel yang harus dipilih oleh pembaca. Nah biasanya yang akan dilacak oleh google adalah yang telah terdaftar pada mesin pencari google. Untuk itu perlu trik yang dapat membuat google dapat melacak artikel yang telah kita tulis. Caranya adalah dengan mendaftar di Google Webmaster tool

Cara mendaftar artikel di webmaster tool:

1. Login ke blogger

2. Buka di browsher Google Webmaster Tool 

3. Tuliskan atau copy url blog di kolom yang telah disediakan

4. Tunggu sampai robot google akan merayapi artikel yang Anda tulis.

Mendaftar di Google Adsense

Menjadi blogger dan mencari peruntungan di sini memang harus totalitas. Bila blog dijadikan salah satu pintu rezeki maka baiknya mencoba salah satu jalur ini. Jalur adsense bisa menjadi alternatif buat blogger yang ingin menambah penghasilan. 

Dari pengalaman saya mendaftar google adsense memang sedikit susah untuk bisa di restui oleh google agar menampilkan iklan yang di bayar. Setidaknya aturan/kebijakan google sangat teliti dan kredibel. Sedikit saja ada kecurangan baik disengaja maupun tidak akan ada sanksinya dari google.

Cara untuk mendaftar di google adsense untuk blog personal antara lain: 


  • Pada menu penghasilan yang ada di dashboard blogger harus ditampilkan terlebih dahulu. 

  • Silahkan mendaftar dengan akun pribadi Anda dan ikuti tahapan yang diminta. 

  • tunggu di approve. 

Harus bersabar menunggu ya, sampai tim google akan mereview blog Anda. Biasanya jika blog kita belum memenuhi kriteria di aprove oleh tim google adsense akan dikirim surat penolakan yang isinya mengabarkan tentang kekurangan blog kita. Pengalamanku ketika mendapat surat penolakan dari google adsense setidaknya ada beberapa point yang harus dibenahi antara lain jumlah postingan yang harus asli, tidak copy paste, tidak ada unsur iklan lainnya.  

Yang penting dalam perjalanan pekerjaan di dunia blogger terus belajar dan membenah diri, membaca pengalaman dari orang lain yang telah lebih dahulu berkecimpung di ranah perbloggera agar kita bisa memperbaiki blog kita. 

Inilah daftar situs penting yang wajib dikunjungi blogger agar performa blog meningkat dan dipercaya oleh pengunjung dan mesin pencari. 

Selamat belajar. 


10 comments:

  1. makasih mbak yurma infonya,, berguna banget buat aq yg masih newbie,, sudah nyoba tp masih ada yg gak bisa, yaitu mendaftar di google webmaster & google adsense.. hihihi perlu belajar otak-atik lagi

    ReplyDelete
  2. untuk google adsense uda ditolak 2 kali mba jadi belum berani lagi aku ajuin hahaha *mental ciut

    ReplyDelete
  3. Saya jadi ikutan cek brokenlink habis baca postingan mbak yang sebelumnya. Ternyata di sidebar saya ada link ke situs komunitas yang ternyata tidak diperpanjang domainnya, alhasil jumlah broken linknya setara dengan jumlah halaman yang di crawl : ribuan! saya langsung syok.

    Alhamdulillah setelah ikuti step by stepnya sekarang dah bersih total hehehee. Makasih banyak yaaaa mbak ;)

    ReplyDelete
  4. Belum pernah daftar adsense mbaaa.. makasih yaa sharingnya^^

    ReplyDelete
  5. Lengkap deh! Setelah ditolak, belum mencoba lagi AdSense. Makasih.

    ReplyDelete
  6. waah... ini mah wajib hukumnya buat para blogger

    ReplyDelete
  7. Tiga poin diatas udah aku jalanin, yang google adsense pernah masang tapi ga tau kenapa belum berhasil tayang iklan. Akhirnya aku cuekin (dulu).

    ReplyDelete
  8. Komplit..Makasih infonya Mbak. Berguna nih... sangat..:)

    ReplyDelete
  9. Jadi langsung ikutan ngecek brokenlink. Bahaya juga kalau kebanyakan broken link. Selama ini cuma tahu mos, adsense, dan webmaster.
    Kalau adsense mah sangat bersahabat untuk saya. Hehehehe

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.